Transformasi Bisnis Digital : Manajemen Strategis dalam era E-commerce
Dalam penyusunan strategi bisnis terdapat ilmu yang disebut dengan “manajemen strategis”. Manajemen strategis adalah seni dan ilmu penyusunan, penerapan, dan pengevaluasian keputusan-keputusan lintas fungsional yang dapat memungkinkan suatu perusahaan mencapai sasarannya (Wikipedia, 2013).
Ada beberapa tahapan dalam manajemen strategis, yaitu perumusan strategi, pelaksanaan strategi, dan evaluasi strategi. Dalam perumusan strategi terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain :
Melakukan analisis situasi, evaluasi diri dan analisis pesaing: baik internal maupun eksternal; baik lingkungan mikro maupun makro. Bersamaan dengan penaksiran tersebut, tujuan dirumuskan.
Tujuan ini harus bersifat paralel dalam rentang jangka pendek dan juga jangka panjang. Maka di sini juga termasuk di dalamnya penyusunan pernyataan visi (cara pandang jauh ke depan dari masa depan yang dimungkinkan), pernyataan misi (bagaimana peran organisasi terhadap lingkungan publik), tujuan perusahaan secara umum (baik finansial maupun strategis), tujuan unit bisnis strategis (baik finansial maupun strategis), dan tujuan taktis.
Dalam pelaksanaan strategi, perusahaan melakukan apa yang sudah direncanakan. Setelah hal yang telah direncanakan telah usai dilaksanakan, tidak semerta – merta kegiatan itu ditinggalkan begitu saja. Ada tahap yang disebut dengan evaluasi.
Di tahap ini kita melakukan tinjauan terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan apakah sudah sesuai rencana dan mencapai tujuan atau malah sebaliknya. Hal ini diperlukan untuk melakukan perbaikan – perbaikan terhadap kualitas kerja yang nantinya berguna apabila rencana tersebut akan dipakai lagi atau malah diperbaharui untuk mencapai tujuan yang lebih besar.
Sementara itu Manajemen strategis pada perusahaan e-commerce melibatkan berbagai aspek penting untuk menjaga keberhasilan dan pertumbuhan bisnis. Industri e-commerce telah menjadi kekuatan utama dalam perekonomian global, mengubah cara bisnis beroperasi dan konsumen berbelanja.
Dalam konteks ini, manajemen strategis menjadi kunci untuk menghadapi dinamika pasar yang cepat berubah. Tulisan ini akan menjelajahi berbagai aspek manajemen strategis dalam industri e-commerce, mulai dari pengembangan strategi hingga implementasi dan evaluasi.
Industri e-commerce berubah dengan cepat, dan perusahaan harus memiliki kemampuan untuk beradaptasi. Bagaimana perusahaan dapat membangun fleksibilitas ke dalam struktur organisasi dan strategi mereka untuk mengatasi perubahan pasar dan teknologi?
Berikut beberapa poin yang dapat kami sajikan untuk pembaca sekalian: