Konsumen atau pembeli mempunyai ciri khas yang unik dalam membeli barang ada yang membeli karna memuaskan keinginannya, kebutuhan dan ada yang hanya menginginkan karna mengikuti trendnya.
Penasaran apa saja itu ciri-ciri konsumen?
Sebelum membahas mengenai ciri-ciri konsumen disini saya akan membahas mengenai teori terlebih dahulu.
Teori Perilaku Konsumen terbagi dari tiga kata yakni
pertama, Teori merupakan sebuah landasan berfikir atau kerangka konseptual yang mendasari seseorang memahami sebuah fenomena atau realita. Yang kedua, Perilaku merupakan sebab proses bertindak yang nyata yang ditunjukkan dan terwujud dapat dilihat dan dapat dipahami.Dan yang ketiga, Konsumen, merupakan individu atau kelompok yang melakukan kegiatan konsumsi yang melakukan kegiatan mengurangi nilai guna barang atau jasa.
Nah. Dari teori tersebut kita lanjut membahas mengenai ciri-ciri konsumen yang terbagi menjadi dua yaitu Rasional dan Irasional.
Ciri-ciri para Konsumen.
Konsumen yang bertindak Rasional memiliki empat ciri utama:
Pertama, Mereka mengkonsumsi hanya berdasarkan kebutuhan mereka selalu bertanya apakah saya membutuhkan barang tersebut atau tidak sebelum melakukan tindakan. Kedua, Selalu berupaya melakukan optimalisasi value artinya tindakan konsumsi hanya dilakukan untuk mendapatkan manfaat terbaik mereka tidak mau melakukan tindakan konsumsi yang sia-sia terkait dengan harga. Ketiga, Selalu melakukan perbandingan harga untuk mendapatkan harga terbaik. Dan yang terakhir yang keempat, Ingin mendapatkan barang dengan kualitas terbaik dan harga terbaik.
Konsumen yang bertindak secara Irasional memiliki tiga ciri yang sangat menonjol :
1)Kelompok konsumen ini cenderung melakukan konsumsi dikarenakan oleh pengaruh orang lain setiap tindakannya karena ingin meniru dan mengikuti apa yang dilakukan oleh orang lain.
2)Mereka mengkonsumsi sesuatu berdasarkan keinginan mereka dan gengsi, tidak peduli apakah mereka membutuhkan barang tersebut atau tidak. Apakah barang tersebut bermanfaat ataupun tidak intinya gengsi nomor satu.
3)Promosi menjadi hal penentu kegiatan promote konsumsi mereka terkadang mereka tidak butuh tapi karena promosinya menarik mereka akan membelinya.
Tidak hanya sekedar teori dan ciri-ciri disini juga ada faktor-faktor yang membuat para konsumen bertindak dan berprilaku:Â
- Faktor sosial. Terkait dengan keberadaan lingkungan sosial orang-orang terdekat yang berada dilingkungan konsumen mereka inilah yang mempengaruhi perilaku konsumsi seseorang.
- Faktor kultural. Adat-istiadat budaya yang ada di sekitar mereka punya pengaruh besar terhadap perilaku konsumsi seseorang itu.
- Faktor personal. Terkait dengan aspek internal yang ada pada diri seseorang misalnya terkait dengan jenis kelamin usia tingkat pendidikan pekerjaan dan lain sebagainya.
- Faktor psycho grafis. Yakni terkait dengan aspek psikologi seseorang suka tidak suka selera dan pola hidup yang lainnya.
Begitulah terkait perilaku konsumen. Dari semua ini manakah sikap kalian ketika menjadi konsumen? Pastinya kalian bisa menilainya sendiri. Semoga bermanfaat
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H