Mohon tunggu...
SIRA WISATA
SIRA WISATA Mohon Tunggu... Bankir - staf

dance

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Menggali Potensi Bisnis melalui Jasa Interior Digital

15 Juni 2023   20:36 Diperbarui: 15 Juni 2023   20:45 174
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Nama: 

Sira Wisata                                  B2041221033

Nabiel Andraha Putra             B2041221006

UAS Pemasaran Jasa

Revolusi Pemasaran: Menggali Potensi Bisnis Melalui Jasa Desain Interior Digital

 

     Dalam era digital yang terus berkembang, dunia bisnis menghadapi tantangan baru dan perubahan paradigma yang signifikan. Salah satu sektor yang terkena dampak besar adalah industri desain interior. Munculnya jasa desain interior digital telah membawa perubahan revolusioner dalam cara kita memandang dan mengaplikasikan desain interior dalam bisnis. Revolusi pemasaran yang terjadi melalui jasa desain interior digital adalah langkah maju yang mengubah cara kita mempromosikan dan memaksimalkan potensi bisnis. Tradisional nya, desain interior tergantung pada presentasi fisik dengan contoh-contoh nyata. Namun, dengan kemajuan teknologi digital, para pelaku bisnis dapat memanfaatkan desain interior digital untuk mengeksplorasi potensi bisnis mereka secara lebih efektif. 

 

     Menurut Kotler (2003: 55) desain adalah suatu ide besar, yang meliputi desain produk, desain jasa, desain grafis, dan desain lingkungan. Desain merupakan sekumpulan alat dan konsep untuk membantu persiapan produk - produk dan jasa - jasa yang berhasil. Tetapi desain mengandung ide yang lebih luas daripada hanya sekedar bentuk produk. Desain Grafis adalah dekorasi visual pada permukaan kemasan. Menurut Nillson & Amstrom (Cahyorini dan Rusfian, 2011) desain grafis terdiri dari empat sub dimensi, yaitu: nama merek, warna, tipografi, dan gambar. Menurut Kosasih (2009:67) jasa merupakan serangkaian aktivitas yang terikat dan terbentuk oleh produsen, konsumen dan fasilitasnya. Norman dalam Schroeder (2000: 138) menyatakan bahwa jasa terdiri dari tindakan dan interaksi yang merupakan kontak sosial. Jasa lebih dari sekedar hasil sesuatu yang tak terlihat, jasa merupakan interaksi sosial antara produsen dan konsumen.

 

     Salah satu keuntungan utama dari jasa desain interior digital adalah kemampuannya untuk menciptakan visualisasi yang akurat dan realistis dari desain ruang. Dengan bantuan perangkat lunak desain 3D canggih, pelanggan dapat melihat dengan jelas bagaimana desain interior akan terlihat dan berfungsi sebelum proses pembangunan atau renovasi dimulai. Ini memberi mereka kepercayaan diri untuk mengambil keputusan dan memahami nilai tambah yang ditawarkan oleh desain interior tersebut. Selain itu, jasa desain interior digital juga memungkinkan pelaku bisnis untuk menjangkau target audiens yang lebih luas melalui media sosial dan platform digital lainnya. Dengan presentasi visual yang menarik dan interaktif, bisnis dapat memperkenalkan desain interior mereka kepada masyarakat luas, menarik minat dan membangun keinginan untuk menggunakan jasa mereka. Potensi viralitas dan berbagi informasi tentang desain interior digital sangat tinggi, sehingga memperluas jangkauan pemasaran bisnis.

 

Persentase media sosial yang digunakan oleh para desainer interior (Unity Marketing)

 

 

Berdasarkan hasil riset di atas, Facebook mungkin media sosial yang paling sering digunakan namun tidak seefektif Instagram di mata para desainer interior. Selain kedua media sosial tersebut, platform media lain dianggap lebih banyak membuang waktu dan uang bagi para desainer.

 

     Tidak hanya itu saja, jasa desain interior digital juga memungkinkan kolaborasi yang lebih efisien antara desainer, klien, dan pihak terkait lainnya. Dengan menggunakan alat dan platform kolaborasi online, pelaku bisnis dapat berkomunikasi secara real-time dengan desainer, memberikan masukan dan umpan balik secara langsung. Hal ini mempercepat proses desain, mengurangi biaya, dan meningkatkan efisiensi proyek secara keseluruhan. Meskipun revolusi pemasaran melalui jasa desain interior digital menawarkan banyak keuntungan, tidak bisa diabaikan bahwa perubahan ini juga membutuhkan adaptasi dan penyesuaian dari para pelaku bisnis. Investasi dalam perangkat lunak dan teknologi terkait, serta pemahaman yang baik tentang cara memanfaatkannya, adalah hal yang penting untuk meraih kesuksesan dalam memanfaatkan potensi bisnis melalui jasa desain interior digital. Secara keseluruhan, revolusi pemasaran melalui jasa desain interior digital adalah langkah maju yang penting dalam menggali potensi bisnis dengan visualisasi yang akurat.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun