Hallo guys, disini kita akan sedikit membahas tentang tujuan dan fungsi dari penilaian pembelajaran.
Sebagian dari kita yang mengambil jurusan keguruan tentunya harus mengerti apa itu PENILAIAN PEMBELAJARAN,Â
Yukkk sama-sama belajarÂ
menurut Iryanti (2004) mengemukakan bahwa penilai-anyang dilakukan terhadap siswa mempunyai tujuan antara lain :
1.Mengetahui tingkat pencapaian siswa.
2.Mengukur pertumbuhan dan perkembangan kemajuan siswa.
3.Mendiagnosis kesulitan belajar siswa.
4.Mengetahui hasil pembelajaran.
5.Mengetahui pencapaian kurikulum.
6.Mendorong siswa untuk belajar.
7.Umpan balik untuk guru supaya dapat mengajar lebih baik lagi.
Fungsi Penilaian dalam Pembelajaran
  Arifin menjelaskan bahwa fungsi evaluasi hasil belajar secara menyeluruh yaitu :
1.Secara psikologis, dapat membantu peserta didik untuk menentukansikap dan tingkah lakunya. Dengan mengetahui prestasi belajarnya,maka peserta didik akan mendapatkan kepuasan dan ketenangan.
2.Secara sosiologis, untuk mengetahui apakah peserta didik sudah cukupmampu terjun ke masyarakat. Implikasinya adalah bahwa kurikulumdan pembelajaran harus sesuai dengan kebutuhan.
3.Secara didaktis-metodis, untuk membantu guru dalam menempatkan peserta didik pada kelompok tertentu sesuai dengan kemampuan dankecakapannya masing – masing.
4.Secara administratif, untuk memberikan laporan tentang kemajuan peserta didik kepada orang tua, pemerintah, sekolah, dan peserta didik itu sendiri.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H