Mohon tunggu...
Sinta Perila
Sinta Perila Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Analisis Unsur Intrinsik Cerpen

4 Maret 2017   09:46 Diperbarui: 4 Maret 2017   10:20 2893
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Unsur intrinsik cerpen   

Guru Bahasa Indonesia : Pak Aria                                            

Judul Cerpen   : persahabatan

Penulis         :  Ilham Afie Fadhillah

Sumber          :  http://www.lokerseni.web.id/2013/07/bolos-sekolah-cerpen-persahabatan.html

Tema     :     Cerpen tersebut bertemakan Bolos Sekolah walaupun dalam cerpen tidak mengatakan tentang Bolos Sekolah namun di dalam cerpen membuktikan suatu kalimat seperti berikut “ ….memang mengapa Rio tidak masuk sekolah hari ini?” Tanya Doni kepada Bibi “ lho bukannya hari ini Rio datang ke sekolah?” jawab bibi dengan kaget. “Tidak bi seharian ini Rio tidak datang kesekolah?”Jawab Fikri. “ Tadi pagi sudah izin kepada bibi sambal mengenakan seragam sekolah.” Jawab Bibi …..Tapi kami tidak melihat Rio”kata Fikri.

Disini telah terjadi konflik antara Fikri dan Bibi yang mengatakan bahwa Rio tidak masuk sekolah tetapi Bibi Rio megatakan bahwa Rio telah pergi ke sekolah, dari hal tersebut kita tahu bahwa Rio bolos sekolah

Latar Tempat: a) Sekolah (…tetapi Rio belum datang kesekolah)

 b) Lapangan (tiba dilapangan ternyata teman-teman Fikri sudah menunggunya sejak tadi.)                                                                                                                                                                       c) depan rumah Fikri (sesampai tiba di depan rumah Fikri)

 d) kantin sekolah ( semua siswa keluar kelas untuk menuju ke kantin)

e) ruang makan (bergegas menuju ruang makan)

f) rumah Rio (..saat tiba di rumah Rio..)

Latar Waktu :                                                                                                                                                                                                                                                                                                            

 a) Adzan Maghrib(Adjan Maghrib pun berkumandang)

b) Keesokan harinya (..Keesokan harinya, fikri dan teman temannya berjanji..)

c) malam (menuju keruang makan dan menyantap makanan itu)

d) keesokan harinya (keesokan harinya saat Fikri tiba di sekolah)

e) esok paginya (esok paginya.Bibi Rio yang menghadap Pak widi..)

Latar suaana :

 a)lesu (tapi tidak dengan Rio dia hanya tertunduk lesu)

 b) asik ( tadi itu aku sedang keasikan mengirim pesan sama teman lama aku)

 c) murung (tampak dari muka Rio yang murung karena memikirkan masalah)

Latar sosial :    merasa takut karena melakukan suatu kesalahan yang membuat dia merasa tertekan

Alur ; cerpen tersebut mempunyai alur Maju. Contohnya :

Maghrip pun berkumandang….keesokan harinya….setelah tiba di lapangan…..sesampai tiba di depan rumah Fikri…..fikri pun masuk rumah sambal menahan rasa sakit..keesokan harinya saat Fikri tiba di sekolah…bel istirahat pun berbunyi..bel pulang pun berbunyi..esok paginya….

cerpen tersebut menceritakan sebuah cerpen yang dimulai dari awal sampai akhir cerpen tersebut.

Tokoh dan penokohan

  • a)RIO ( mempunyai sifat yang tidak jujur dan tidak mau mendengarkan perkataan temannya )                                                                                                                                                     
  • b) Bibi Rio ( pemaaf dan sabar walaupun Rio melakukan kesalahan Bibi tidak marah kepada Rio)                                                                                                                                               c)Fikri ( mempunyai sikap peduli kepada teman terutama Rio)                                                                                                                                                                                                           
  • d) Ibu Fikri ( baik, karena dia tidak pernah marah kepada anaknya)

             e)Badu (teman Fikri)

            f) Doni (teman Fikri)

            g) pak Widi (seorang guru)

sudut pandang :

sudut pandang yang terdapat dalam cerpen tersebut adalah sudut pandang orang ketiga serba tahu karena dia tidak memerankan sebuah tokoh dan tidak terlibat dalam cerpen tersebut, namun dia mengetahui semua yang terjadi di dalam cerpen tersebut

Gaya Bahasa :

Mudah dipahami oleh pembaca karena bahasa yang digunakan mudah dipahami dan menggunakan Bahasa yang efektif

Amanat: pikirkanlah dahulu sebelum melakukan sesuatu, karena baik buruknya perbuatan yang kamu lakukan akan berdampak pada akhirnya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun