Dari iseng penasaran tentang urusan minyak, dapatlah sumber resmi tentang urusan minyak. Link dibawah ini bisa di coba untuk melihat ke data kementrian ESDM, dan coba dihitung hasil hitungan saya. Kalau masih sama sama bingung, berarti saya masih waras :)
Tahun
Produksi
ekspor
impor
Selisih prod. Ekspor
selisih ekspor-impor
2009
301,663,000
133,282,000
120,119,377
168,381,000
13,162,623
2010
300,872,000
121,000,000
101,093,030
179,872,000
19,906,970
2011
289,445,000
100,744,000
91,485,762
188,701,000
9,258,238
Jadi minyak mentah yang diubah menjadi BBM di dalam negri hanya 56-65 %. Â Sedang sisanya di ekspor.
Benarkah kita NET IMPORT ?
Alasan pembenar tentang penyesuaian harga BBM adalah karena Indonesia sudah net import. Coba kita lihat data ESDM diatas, selisih ekspor dan impor masih positif. Kesimpulan awam saya, artinya Indonesia masih eksportir minyak. KECUALI (1) saya salah baca (2) datanya salah
---------------------------kutipan dari web site Kementrian ESDM-------------------------
Catatan :
Produksi minyak mentah Indonesia terutama ditujukan untuk memenuhi kebutuhan domestik, namun sebagian diekspor karena spesifikasinya tidak sesuai dengan kebutuhan kilang dalam negeri.
Oleh karena itu untuk memenuhi  kekurangan pasokan dalam neger, dilakukan  impor minyak yang sesuai spesifikasi kilang minyak di Indonesia.
Kilang minyak Indonesia dibangun pada saat produksi minyak Indonesia masih sekitar 1,5 juta BOPD atau di atas kapasitas kilang (1,057 juta BOPD) dan masih dapat memenuhi konsumsi dalam negeri. Perkembangan selanjutnya menunjukkan bahwa produksi minyak semakin menurun dan dibawah kapasitas kilang dalam negeri.
Sementara konsumsi meningkat namun peningkatan kapasitas kilang sangat terbatas.
Sumber : Ditjen MIGAS
http://prokum.esdm.go.id/Publikasi/Statistik/Statistik%20Minyak%20Bumi.pdf
-------------------------------------akhir kutipan---------------------------------------
Bagaimana dengan BBM ?
Produksi (kilo liter)
IMPOR (kilo liter)
2009
2010
2009
2010
2011
RON 88 - premium
8,745,867
9,029,358
10,263,000
12,437,000
13,712,000
RON 95
90,558
181,116
32,000
-
-
RON 91
331,344
616,122
120,000
214,000
1,411,000
Minyak mentah yang di bor dan disedot dari bumi Indonesia, di ubah menjadi BBM (dan produk lain tentunya). Â Pertanyaannya adalah mengapa impornya lebih besar dari produksi dalam negri ? apa yang terjadi ? Dan kalaupun konsumsi "digeser" ke produk yang lebih tinggi [RON 92] , Â data tahun 2011 menunjukkan bahwa tetap saja impornya lebih besar dari produksi dalam negri.
Pertanyaan berikutnya adalah, mengapa ini (impor lebih besar dari produksi sendiri) dibiarkan ? Kalau hal ini baru diketahui setahun terakhir, mungkin langkah penyelamatan dengan mengatur ulang harga BBM sangat bisa dimengerti. Tetapi gejala ini sudah berlangsung lama tetapi tidak ada hal nyata yang telah dilakukan.
Mengikuti penjelasan di website tersebut, dimana dikatakan spesifikasi minyak mentah produksi Indoensia tidak sesuai dengan kilang yang ada di Indonesia.  Pertanyaan yangmuncul adalah " Apakah minyak mentah yang di produksi saat ini benar benar dari sumur yang berbeda dari sumur yang ada saat pembangunan kilang,  sehingga  spesifikasinya berubah total dan tidak bisa diolah lagi di kilang yang ada ? "
Dari sekian lama problem ini dikenali, apakah yang sudah dilakukan pemerintah untuk menyesuaikan kilang yang ada dengan spesifikasi minyak mentah Indonesia ?
Rasanya jawaban persoalan BBM Â hanya adalah tentang seberapa cepat bertindak dan memutuskan....!!!!!!
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI