TIK adalah singkatan dari Teknologi Informasi dan Komunikasi yang merujuk pada penggunaan berbagai teknologi untuk mengumpulkan, menyimpan, mengolah, dan menyebarkan informasi. Ini melibatkan perangkat keras seperti komputer/Laptop dan perangkat lunak seperti aplikasi yang digunakan untuk mengelola data.
Hai…
Disini saya akan menuliskan beberapa hal yang telah dipelajari pada pertemuan pembelajaran 1 dalam mata kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi. Dalam mata kuliah ini saya dibimbing oleh dosen PGSD yaitu Ibu Dr.Juliana Margareta Sumilat, S.Pd, M.Pd.
Dalam pembelajaran TIK ada teknik menggunakan keyboard secara tepat dan efisien, teknik ini dinamakan teknik “mengetik 10 jari”. Teknik mengetik 10 jari ini akan memaksimalkan dan mengefisiensikan dari penggunaan keyboard itu sendiri.
Adapun tips mengetik 10 jari yaitu :
Pertama, Tempatkan posisi jari dengan benar
Konsep dasar cara mengetik cepat adalah menempatkan jari-jari tangan pada tombol keyboard. Jari-jari kiri kita ditempatkan pada tombol berhuruf A, S, D dan F.
Lalu Jari-jari kanan berada di tombol berhuruf J, K, L dan ?. Kemudian kedua jempol berada di tombol spasi.
Kedua, Memberanikan Diri Tidak Melihat Keyboard
Membiasakan diri kita untuk tidak melihat keyboard juga menjadi kunci untuk lancar mengetik 10 jari. Kita bisa memfokuskan pandangan ke layar ketika sedang mengetik. Jangan takut untuk salah atau typo.
Seiring berjalannya waktu, Kita akan mulai terbiasa. Secara tidak sengaja jari-jarimu akan membiasakan diri atau otomatis memposisikan pada tombol yang benar.
Hal lain yang harus diperhatikan ialah posisi duduk. Dengan posisi tegak dan atur posisi kepala.
Proses pembelajaran mengetik dengan 10 jari ini, Tidak hanya dapat menjadi kita lebih produktif, mengetik 10 jari juga dapat membuat mengetik menjadi lebih cepat dan bisa meningkatkan kinerja otak kita.
Dalam Pembelajaran TIK juga kita mempelajari Tombol-tombol Shortcut Key yang ada di Microsoft Word
Pada windows, ada tombol-tombol tertentu yang dapat dikombinasikan agar menjadi jalan pintas dalam melakukan aktivitas apapun pada keyboard.
Fitur Shortcut yang disediakan oleh komputer ini untuk memberikan kemudahan dan kecepatan kepada kita para penggunanya. Dengan adanya shortcut ini, kita sebagai pengguna dapat membuat jalan pintas dalam mengakses file, folder, komputer, atau lainnya. Jadi kita sebagai pengguna harus bisa mengingat shortcut key microsoft word ini untuk memudahkan dalam menggunakan microsoft word nantinya.
Ada beberapa shortcut key microsoft word yang dipelajari dan fungsinya antar lain:
Ctrl + A = Memilih/memblok seluruh teks
Ctrl + B = Menebalkan pilihan yang disorot (bold)
Ctrl + C = Menyalin teks yang dipilih (copy)
Ctrl + D = Memilih format huruf (font)
Ctrl + E = Membuat teks rata tengah (center)
Ctrl + F = Membuka kotak pencarian (find)
Ctrl + G = Masuk pada halaman tertentu (go)
Ctrl + H = Mengganti teks, item khusus atau format spesifik (replace)
Ctrl + I = Membuat huruf miring pada pilihan yang disorot (italic)
Ctrl + J = Membuat teks rata kiri kanan (justify)
Ctrl + K = Memasukkan tautan (insert hyperlink)
Ctrl + L = Membuat teks rata kiri (left)
Ctrl + M = Meratakan paragraf ke kanan
Ctrl + N = Membuat dokumen baru (new)
Ctrl + O = Membuka dokumen atau file (open)
Ctrl + P = Melakukan pencetakan dokumen (print)
Ctrl + Q = Menghapus pengaturan yang telah dibuat
Ctrl + R = Membuat teks rata kanan (right)
Ctrl + S = Menyimpan dokumen (save)
Ctrl + T = Menggeser tabulasi bagian bawah ke atas
Ctrl + U = Membuat garis bawah (underline)
Ctrl + V = Menempelkan teks atau objek (paste)
Ctrl + W = Menutup atau keluar
Ctrl + X = Memotong teks atau objek (Cut)
Ctrl + Y = Menjalankan aksi terakhir (redo)
Ctrl + Z = Membatalkan aksi sebelumnya (undo)
Setelah itu Mahasiswa diarahkan untuk mencoba beberapa shortcut key pada Microsoft Word di Komputer/Laptop masing-masing, Dengan mencoba mengetik beberapa kalimat Setelah itu menerapkan beberapa Shortcut Key.
Ini merupakan contoh menggunakan tombol-tombol kombinasi atau Shortcut Key pada Microsoft Word :
Menggunakan Ctrl + A = Memilih/memblok seluruh teks
Ctrl + B = Menebalkan pilihan yang disorot (bold)
Ctrl + I = Membuat huruf miring pada pilihan yang disorot (italic)
Ctrl + U = Membuat garis bawah (underline)
Demikianlah hasil rerfleksi saya pada pelajaran 1 mata kuliah Teknologi informasi dan komunikasi yang dapat saya bagikan kepada pembaca. Semoga pembaca dapat mendapatkan manfaat dari tulisan refleksi ini dan dapat mempraktekkan langsung dalam pembelajaran mengetik dengan 10 jari dan penggunaan Shortcut Key microsoft word dalam Pekerjaan maupun Pembelajaran disekolah atau dikampus.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H