Memang apa yang terjadi jika murid belajar dengan caranya dia sendiri tanpa adanya pengawasan/bantuan guru disetiap aktivitas yang dilakukannya ?...
Untuk menjawab pertanyaan ini penulis memberikan sebuah cerita tentang "Perjalanan Kapal Yang Salah Arah"
Sebuah perjalanan kapal kargo yang lagi berlayar menuju ke tempat yang dituju dengan di-isi sebuah ABK dan Nakhoda kapal, disuatu ketika didalam perjalanan seorang kapten sedang mengendalikan perjalanan kapal dan kapalpun melewati/mengikuti jalur yang telah ditetapkan, ditengah-tengah perjalanan kapten tersebut tidak memperhatikan jalur lintasan yang harus ditempuh diakibatkan kelengahannya akibatnya jalur kapal salah arah dan akibat jalur kapal salah arah kapalpun dihadang dengan Ombak besar, dan angin yang kencang serta pergerakan kapalpun mengikuti arus laut sehingga membuat ABK dan Kapten kapal Panik dan bersusah payah untuk mengatasi agar kapal melewati jalur yang ditetapkan.
Dari cerita diatas apa poin penting yang dapat kita ambil, poin penting yang dapat kita ambil adalah Bahwa Pengawasan disebuah aktivitas yang sedang berlangsung sangat vital/penting dalam mencapai tujuan, ketika kita lengah/lalai dalam menjalankan sebuah aktivitas maka hasil akhir-nya tidak sesuai dengan yang diharapkan/melenceng dari target yang telah ditentukan dan untuk membangunnya kembali butuh usaha dan kerja keras yang harus dilakukan.
Dari cerita diatas berkaitan dengan Judul/Topik pembahasan kita sehingga mempermudah kita dalam menjawab topik diatas yaitu Apa yang Terjadi Jika Guru tidak Mengawasi Cara Belajar Siswanya ?
Salah satu yang terjadi adalah siswa tidak mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan dikarenakan masih belum mampu-nya siswa dalam          memahami pembelajaran serta mengaplikasikannya.
Hasil belajar siswa menurun terhadap materi yang disajikan guru dikarenakan kurangnya Kontrol guru pada tiap-tiap murid.
Siswa bingung cara mana yang harus dilakukan/diselesaikan disetiap tugas yang diberikan guru dikarenakan tidak adanya pengawasan dan             bantuan yang diberikan guru kepada siswa.
Dan tentunya jika murid tidak diawasi dalam pembelajaran nya maka arah dan jalur yang dikerjakan murid tidak sesuai dengan arah/panduan          yang dilakukan guru, dan hal ini sama ceritanya dengan "kapal yang salah arah/jalur  diatas".
Menurut Stevi Citra.S 2011,Pengawasan itu penting sekali dalam mendidik siswa. Tanpa pengawasan berarti membiarkan siswa berbuat sekehendaknya, siswa tidak akan dapat membedakan yang baik dan yang buruk, tidak mengetahui mana yang seharusnya dihindari atau tidak senonoh, dan mana yang boleh dan harus dilaksanakan, mana yang membahayakan dan mana yang tidak.
Lagi menurut Stevi Citra.S 2011, Pengawasan terhadap siswa bertujuan untuk mengatur berbagai kegiatan agar kegiatan disekolah dapat berjalan lancar, tertib dan teratur, serta mencapai tujuan pendidikan sekolah dengan yang diharapkan.
Pengawasan merupakan salah satu bagian dari fungsi manajemen guru didalam kelas/pembelajaran yang dimana fungsi management guru terdiri dari 4 komponen diantaranya: (1) perencanaan, (2) pengorganisasian,(3) pergerakan/kepemimpinan,(4) Pengawasan, jika salah satu komponen tersebut tidak dijalankan guru maka tujuan pembelajaran akan sulit berjalan dengan efektif, efisien dan bermakna bagi murid.
Memang belajar dengan mandiri/sendiri memiliki dampak yang positif yaitu siswa dapat memunculkan daya imajinasinya sendiri didalam memecahkan soal, mandiri dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah dan membentuk rasa percaya diri di-dalam belajar tetapi jika siswa belajar dengan sendiri tanpa adanya bantuan orang dewasa, tutor dan guru maka arah/jalur yang dicapai pastinya sulit, jadi pentingnya Guru sebagai Pengawas didalam pembelajaran dengan memastikan tidak ada satupun murid yang terabaikan atau sulit didalam memahami pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat berjalan dengan efektif, efisien dan bermakna bagi murid.
REFERENSI
- Https://www-idntimes-com.cdn.ampproject.org 5 Alasan Logis Kenapa Belajar Sendiri Lebih Efektif Daripada Berkelompok.
- Stevi Citra.S. 2011. Pengawasan Guru Terhadap Kedisiplinan Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tambang Kabupaten Kampar, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan: Pekanbaru.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H