Mohon tunggu...
Silvi KholisohArrasyid
Silvi KholisohArrasyid Mohon Tunggu... Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung

saya merupakan mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung Jurusan Manajemen Pendidikan Islam

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pentingnya Mata Kuliah SIT dalam Pengembangan Manajemen Pendidikan Abad 21

6 November 2024   09:24 Diperbarui: 8 November 2024   19:32 62
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Oleh: Silvi Kholisoh Ar-Rasyid Mahasiswi Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Semester 5-E

Dalam manajemen pendidikan abad ke-21, yang diwarnai oleh perkembangan teknologi dan globalisasi, SIT berusaha untuk mempersiapkan siswa menghadapi tantangan dunia modern. Kurikulum SIT sering kali mencakup mata pelajaran teknologi informasi, keterampilan berpikir kritis, dan kemampuan komunikasi yang efektif, yang semuanya esensial dalam era digital saat ini.

Sekolah Islam Terpadu (SIT) telah menunjukkan banyak keunggulan dalam mempersiapkan generasi muda untuk tantangan abad ke-21, tetapi masih ada beberapa masalah yang perlu diselesaikan agar SIT tetap relevan dan efektif dalam menangani tiga kesenjangan pendikan: akses, keterampilan, dan kualitas. Sulit bagi mereka untuk memahami bagaimana teori manajemen pendidikan modern diterapkan dalam pendidikan Islam yang terpadu jika tidak ada kelas yang dirancang khusus untuk itu.

Mata kuliah Sekolah Islam Terpadu (SIT) memiliki tujuan dan peran penting dalam pengembangan manajemen pendidikan abad ke-21. Mata kuliah ini dapat memberikan:

Pertama: Wawasan Mendalam Tentang Bagaimana Sekolah Islam Terpadu (SIT) Beroperasi

Mata kuliah SIT memberikan pemahaman tentang integrasi nilai-nilai Islam dalam sistem pendidikan modern. Ini membantu calon pendidik dan manajer pendidikan memahami bagaimana SIT beroprasi pada nilai-nilai spiritual dan moral dapat diinternalisasi dalam kurikulum dan praktik pengajaran sehari-hari, menciptakan lingkungan belajar yang kondusif untuk pengembangan karakter siswa.

Kedua: Membantu mahasiswa mengenali tantangan dan peluang dalam mengelola sekolah berbasis agama dalam konteks yang terus berubah

Mata kuliah SIT memberikan pemahaman tentang integrasi nilai-nilai Islam dalam sistem pendidikan modern. Ini membantu calon pendidik dan manajer pendidikan memahami bagaimana nilai-nilai spiritual dan moral dapat diinternalisasi dalam kurikulum dan praktik pengajaran sehari-hari, menciptakan lingkungan belajar yang kondusif untuk pengembangan karakter siswa.

Ketiga: Membekali mahasiswa dengan pengetahuan tentang manajemen sumber daya Pendidikan Islam

Pengetahuan ini mencakup bagaimana merekrut dan mengembangkan guru berkualitas, mengelola dana dan sumber daya dengan efisien, serta membangun jaringan kerjasama dengan berbagai pemangku kepentingan untuk mendukung operasional dan pengembangan sekolah.

Keempat: Memberikan pemahaman tentang integrasi nilai-nilai Islam dalam sistem pendidikan modern

Ini membantu calon pendidik dan manajer pendidikan memahami bagaimana nilai-nilai spiritual dan moral dapat diinternalisasi dalam kurikulum dan praktik pengajaran sehari-hari, menciptakan lingkungan belajar yang kondusif untuk pengembangan karakter siswa.

Dalam beberapa dekade terakhir fenomena ada fenomena yang menunjukan urgensi pembelajaran SIT dimana lulusan yang bekerja di SIT perlu bekal pengetahuan manajemen yang lebih kontekstual, yang menghubungkan antara teori dan praktik sesuai lingkungan SIT. Maka dari itu pentingnya mata kuliah manajemen Sekolah Islam Terpadu bukan sekadar pelengkap dalam program pendidikan tinggi. Ini adalah landasan untuk mempersiapkan lulusan yang mampu mengelola lembaga SIT secara profesional, efisien, dan sesuai dengan tuntutan zaman. Dengan adanya kurikulum yang terintegrasi, calon pendidik dan manajer SIT akan lebih siap mengembangkan sekolah yang bukan hanya unggul dalam nilai akademik, tetapi juga kuat dalam karakter dan spiritualitas.

*Tulisan ini disajikan dari Mata Kuliah Sekolah Islam Terpadu Modul Bahan Ajar Part 1 

Dosen Pengampu: Prof. Dr. H. Ahmad Rusdiana, Drs., MM 

Silvi Kholisoh Arrasyid. Lahir di sumedang, tanggal 15 januari 2004, merupakan anak pertama pasangan Bapak Harun Arrosyid, dengan Ibu Sri Sugiartin. Alamat Tempat Tinggal Kp. Kostarea 1 Rt01 Rw09 Desa. Mekarluyu Kec. Sukawening Kab. Garut Jawa Barat, Indonesia. HP: 082115941083, E-Mail :  silvikholisoh5@gmail.com

Pendidikan: Sekolah Dasar/SDN Mekarluyu v lulus tahun 2016, Madrasah Tsanawiyah/MTS Al-Qur`an Kudang lulus tahun 2019, Madrasah Aliyah/MA Al-qur`an kudang tahun 2022 dan sekarang kuliah di Universitas Islam Negri Sunann Gunung Djati BJurusan MPI, Lulus Tes Masuk UIN melalui Jalur Mandiri. 

Motto: Syukuri hari ini ikhlaskan hari kemarin lebih baik untuk hari besok. 

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun