Oleh: Silvi Kholisoh Ar-Rasyid Mahasiswi Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Semester 5-E
Dalam manajemen pendidikan abad ke-21, yang diwarnai oleh perkembangan teknologi dan globalisasi, SIT berusaha untuk mempersiapkan siswa menghadapi tantangan dunia modern. Kurikulum SIT sering kali mencakup mata pelajaran teknologi informasi, keterampilan berpikir kritis, dan kemampuan komunikasi yang efektif, yang semuanya esensial dalam era digital saat ini.
Sekolah Islam Terpadu (SIT) telah menunjukkan banyak keunggulan dalam mempersiapkan generasi muda untuk tantangan abad ke-21, tetapi masih ada beberapa masalah yang perlu diselesaikan agar SIT tetap relevan dan efektif dalam menangani tiga kesenjangan pendikan: akses, keterampilan, dan kualitas. Sulit bagi mereka untuk memahami bagaimana teori manajemen pendidikan modern diterapkan dalam pendidikan Islam yang terpadu jika tidak ada kelas yang dirancang khusus untuk itu.
Mata kuliah Sekolah Islam Terpadu (SIT) memiliki tujuan dan peran penting dalam pengembangan manajemen pendidikan abad ke-21. Mata kuliah ini dapat memberikan:
Pertama: Wawasan Mendalam Tentang Bagaimana Sekolah Islam Terpadu (SIT) Beroperasi
Mata kuliah SIT memberikan pemahaman tentang integrasi nilai-nilai Islam dalam sistem pendidikan modern. Ini membantu calon pendidik dan manajer pendidikan memahami bagaimana SIT beroprasi pada nilai-nilai spiritual dan moral dapat diinternalisasi dalam kurikulum dan praktik pengajaran sehari-hari, menciptakan lingkungan belajar yang kondusif untuk pengembangan karakter siswa.
Kedua: Membantu mahasiswa mengenali tantangan dan peluang dalam mengelola sekolah berbasis agama dalam konteks yang terus berubah
Mata kuliah SIT memberikan pemahaman tentang integrasi nilai-nilai Islam dalam sistem pendidikan modern. Ini membantu calon pendidik dan manajer pendidikan memahami bagaimana nilai-nilai spiritual dan moral dapat diinternalisasi dalam kurikulum dan praktik pengajaran sehari-hari, menciptakan lingkungan belajar yang kondusif untuk pengembangan karakter siswa.
Ketiga:Â Membekali mahasiswa dengan pengetahuan tentang manajemen sumber daya Pendidikan Islam
Pengetahuan ini mencakup bagaimana merekrut dan mengembangkan guru berkualitas, mengelola dana dan sumber daya dengan efisien, serta membangun jaringan kerjasama dengan berbagai pemangku kepentingan untuk mendukung operasional dan pengembangan sekolah.
Keempat: Memberikan pemahaman tentang integrasi nilai-nilai Islam dalam sistem pendidikan modern