Mohon tunggu...
Silvie Mariana
Silvie Mariana Mohon Tunggu... Guru - Guru SD

Penulis buku 30 Suplemen Menulis untuk Guru Penulis

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Ingin Terbebas dari Ketagihan Gula dan Garam, Ingat Tiga Hal Ini!

11 Agustus 2024   21:54 Diperbarui: 11 Agustus 2024   21:56 56
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi garam dan gula (sumber:Kompas.com)

"Mba, ada es teh tinggal satu. Buat Mba aja ya, Bu Dewi ngga usah dikasih. Soalnya Dia kan ga suka minum es teh!"

Bunyi sebuah pesan WA dari seorang rekan kerja masuk ke ponsel saya.  Saya pun iseng menunjukannya ke Mbak Dewi yang kebetulan berada di samping saya.

Mba Dewi langsung tergelak membacanya. "Teman-teman udah segitu hapalnya ya?" katanya sambil tertawa.

Saya mengangguk. Memang teman saya ini kegigihannya dalam menghadapi godaan minuman manis patut diacungi jempol.

 Tidak hanya es teh yang menggoda, ia juga menghindari minuman kemasan seperti jus atau sejenisnya.

Bahkan mie ayam, gorengan, dan bakso pun sudah lama ia tinggalkan. Tidak seperti saya, yang masih tak kuasa menolak kala disodori bakwan, hehehe.

Saya kenal beberapa teman yang mulai mengurangi konsumsi gula dan garam. Baik itu makanan dan minuman kemasan maupun siap saji.

 Setelah saya amati, ada tiga hal yang membuat mereka teringat untuk terlepas dari ketagihan gula dan garam. Apa saja itu? Lanjut baca, ya!

Ingat Pengalaman Buruk

Ada teman bercertia tentang  penyakit yang diidap salah saru anggota keluarganya selama bertahun-tahun. Itu membuatnya berhati-hati menjaga konsumsi makanan.

Untuk saya pribadi, ada satu peristiwa yang membekas, belasan tahun lalu. Saya pernah tergiur minum minuman sachet rasa stroberi di kantin sekolah. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun