Mohon tunggu...
Silvie Mariana
Silvie Mariana Mohon Tunggu... Guru - Guru SD

Penulis buku 30 Suplemen Menulis untuk Guru Penulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Guru Nge-blog, Siswa Eksplorasi

29 Juni 2023   18:39 Diperbarui: 29 Juni 2023   18:51 213
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Flyer PErtemuan ke-5  KBMN PGRI Gelombang ke-29

"Jika kita menggabungkan teknologi pendidikan dengan konteks yang memperkaya dan berkualitas, itu adalah lingkaran kemenangan." Levar Burton

Perkembangan teknologi menjadi tantangan bagi kita, sebagai guru yang termasuk dalam Generasi X  dan Y saat berhadapan dengan siswa generasi Z dan Alpha.  Kecenderungan Gen Z dan Alpha adalah mereka melek teknologi.  Sehingga guru membutuhkan sikap belajar, belajar, dan belajar dalam menghadapi karakter kedua generasi ini.

Blog merupakan salah satu media yang dapat digunakan guru dalam mengeksplorasi kemampuan siswa. 

Apa itu blog?  Bagaimana penggunaan blog dalam media pembelajaran? 

Tepat di malam Idul Adha 1444 H, dipandu Ibu Helwiyah, S.Pd., M.M., materi ke-5 KBMN PGRI Gelombang 29  diisi oleh narasumber Pak Dail Ma'ruf, M.Pd.  Beliau menyampaikan materi berjudul "Blog sebagai Media Pembelajaran."

Selayang Pandang tentang Blog

Blog merupakan singkatan dari "weblog" yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger  tahun 1998. Blog berasal dari kata weblog.  Nama ini dikhususkan untuk website yang bersifat pribadi dan sering diperbarui.

Dalam perkembangannya, blog berkembang jenisnya.  Ada blog pendidikan, sastra, pribadi, kesehatan, politik, dan perjalanan.

Blog dalam dunia Pendidikan

Sebagai guru, tentu tak luput dari perkembangan media yag satu ini.  Kini banyak guru memanfaatkan blog.  Berikut manfaat blog yang disampaikan dalam materi Pak Dali Ma'ruf.

  • Blog dapat menjadi rumah belajar dan berbagi guru
  • Blog dapat meringankan tugas dan beban guru dalam mengajar
  • Blog dapat meningkatkan minat belajar siswa
  • Blog dapat diakses di mana pun dan kapan pun
  • Blog dapat menjadi media silaturahim

Blog sebagai Media Pembelajaran

Dalam perannya sebagai media pembelajaran, blog memberikan akses yang mudah dan luas bagi siswa untuk masuk ke berbagai informasi.  Siswa dapat mengaksesnya di mana saja dan kapan saja. 

Blog juga dapat menjadi pelengkap berharga bagi guru untuk mengoptimalkan pembelajarannya. Guru dapat memanfaatkan blog sebagai alat untuk membagikan bahan ajar, menugaskan tugas, atau memfasilitasi diskusi di antara siswa.

Efektivitas Blog sebagai Media Pembelajaran

Efektifkah blog dalam pembelajaran?  Berikut hal yang dapat diperhatikan agar sebuah blog dapat efektif.

  • Konten yang relevan.  konten dengan materi pembelajaran yang disampaikan guru. Konten harus sesuai, disusun dengan baik, dan mudah dipahami oleh siswa.
  • Interaksi dan partisipasi.  Blog dapat memfasilitasi interaksi antara guru dan siswa, serta antara siswa dengan sesama siswa. Fitur komentar dapat digunakan untuk bertanya, berdiskusi, dan memberikan umpan balik sehingga tercipta efektivitas pembelajaran.
  • Kemudahan akses. Pastikan blog dapat diakses melalui berbagai perangkat, seperti komputer, tablet, atau smartphone.  Blog juga harus memperhatikan kemampuan teknologi siswa.  Untuk siswa TK dan SD misalnya, perlu pendampingan orang tua dalam menggunakan blog.
  • Dukungan multimedia. Blog dapat memanfaatkan berbagai jenis media, seperti gambar dan video.  Guru dapat menyertakan tautan video untuk membantu memvisualisasikan konsep dan menciptakan pembelajaran yang menarik.
  • Evaluasi.  Guru dapat menggunakan blog sebagai evaluasi melaui tugas atau kuis dengan menggunakan kolom komentar atau google form. Seorang guru juga harus terus menganalisis dan mengevaluasi apakah kontennya menarik atau relevan dengan murid. Tingkatkan kemampuan blog melalui berbagai sumber, seperti youtube.

Dengan memperhatikan kelima hal tersebut, tentu penggunaan blog dalam media pembelajaran bisa efektif.

Guru Nge-blog, Siswa Eksplorasi

Disadari atau tidak, dengan guru bereksplorasi dalam blog media pembelajaran, membuat siswa pun turut berekplorasi dalam belajarnya.

Dengan ngeblog, guru membagikan materi pembelajaran, tugas, dan penjelasan. Hal ini memungkinkan siswa untuk berinteraksi dengan konten tersebut melalui komentar dan diskusi online yang melibatkan partisipasi siswa.

Blog juga turut meningkatkan keterampilan komunikasi tulisan siswa.  Membuat gagasan dan menyampaikannya lewat tulisan membantu siswa mengembangkan keterampilan menulisnya.

Blog juga bisa menjadi sarana siswa dalam mengekspresikan dirinya melalui blognya masing-masing.

Melalui ngeblog, guru dapat memanfaatkan media pembelajaran yang menarik dan relevan dengan siswa generasi Y dan Alpha. Dengan demikian, nge-blog dalam pembelajaran bisa mendukung eksplorasi siswa di era digital.

***

Bisa dikatakan, guru yang aktif nge-blog dalam media pembelajaran bisa meningkatkan eksplorasi siswa generasi Y dan Alpha.

Jadi, guru nge-blog ternyata bukan hanya bermanfaat bagi dirinya, tetapi juga bagi siswa generasi Y dan Alpha dalam menghadapi tantangan dunia modern.  Karena itu, mari, optimalkan blog sebagai media pembelajaran untuk mengeksplorasi keberhasilan dan kemandirian siswa di dunia yang dinamis ini.

*Sumber: KBMN PGRI Gelombang ke-29, Rabu, 28 Juni 2023 Materi "Blog sebagai Media Pembelajaran" oleh Dail Ma'ruf, M.Pd. dengan perubahan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun