Mohon tunggu...
Silvia Widiyana
Silvia Widiyana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Bina Nusantara

Saya mahasiswa semester 6 jurusan Business Management di Universitas Bina Nusantara yang dapat berkomitmen, bertanggung jawab, dan antusias untuk mengeksplorasi hal-hal baru. Saya seorang pembelajar yang fleksibel dan cepat yang dapat beradaptasi dengan lingkungan kerja baru.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

4 Tips Copywriting Instagram yang Efektif dan Contohnya!

17 Januari 2023   12:09 Diperbarui: 14 Februari 2023   17:46 541
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tips Copywriting di Instagram @Pinterest

Tips copywriting di Instagram yang efektif -- Dalam menjalankan bisnis, Anda tentu membutuhkan strategi marketing yang tepat untuk hasil yang maksimal. Dan salah satu strategi marketing tersebut adalah copywriting.

Copywriting sendiri sekarang menjadi salah satu strategi marketing yang banyak digunakan pelaku bisnis untuk menghasilkan penjualan dengan baik.

Selain meningkatkan penjualan, copywriting juga dapat digunakan untuk membangun branding karena dengan tulisan yang menarik konsumen dapat mengetahui produk yang Anda pasarkan secara detail.

Copywriting yang mengandung unsur persuasif mampu membuat pembaca tertarik dengan produk yang sedang dipasarkan.

Copywriting menjadi salah satu metode marketing yang membantu calon pelanggan untuk memahami isi penawaran dengan lebih cepat.

Apa Itu Copywriting?

Sering dikatakan sebagai "bahasa iklan", copywriting adalah suatu tulisan persuasi yang digunakan pihak pengiklan untuk memengaruhi alam bawah sadar pembaca iklan.

Hal ini agar pihak pengiklan atau perusahaan dari yang menerbitkan iklan dapat memperoleh penjualan melalui sebuah copywriting.

Saat ini, melakukan promosi di media sosial menjadi cara efektif untuk meningkatkan penjualan.

Copywriting yang dapat meningkatkan penjualan adalah copywriting yang berisi ajakan untuk membeli produk, layanan, atau mencari tahu lebih banyak tentang produk.

4 Tips Copywriting di Instagram yang Efektif Beserta Contohnya

1. Tuliskan informasi detail tentang produk Anda

Sudah pasti calon pembeli Anda tidak bisa melihat produk Anda secara langsung ataupun merasakan manfaatnya secara langsung.

Karena calon pembeli tidak bisa melihat produk yang Anda jual secara langsung.  Maka itu, Anda harus menjelaskan secara detail mengenai spesifikasi produk Anda.

Untuk menjelaskan produk yang dijual secara detail, Anda perlu menggunakan data dan angka agar pembeli percaya pada produk Anda. Contohnya seperti pada caption berikut ini :

Instagram @Varesseofficial
Instagram @Varesseofficial

Caption tersebut menggunakan angka seperti "...secara rutin 3x seminggu!" agar orang-orang lebih percaya dan tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan.

2. Tujukkan manfaat dari produk yang ditawarkan

Tips copywriting di Instagram berikutnya adalah dengan menuliskan manfaat dari membeli produk yang ditawarkan, dalam gaya bahasa iklan.

Namun, bukan berarti caption boleh over claim, bahkan sampai bertolak belakang dengan fakta yang sebenarnya.

Karena jika tidak sesuai dengan kenyataan, akan menjadi bumerang sendiri bagi bisnis Anda. Cukup tuliskan manfaat produk sesuai dengan fakta produk secara realistis.

Contoh yang bagus ada sebagai berikut :

Instagram @Varesseofficial
Instagram @Varesseofficial

Caption tersebut menjelaskan hal yang mengakibatkan rambut rontok, setelah itu ditambahkan penjelasan manfaat produk yang dijual seperti "Varesse Hair Tonic Concentrate yang akan membantuk mengurangi rambut rontok, mempercepat pertumbuhan rambut, dan menutrisi serta merawat akar rambut."

3. Menerapkan Strategi AIDA

Strategi AIDA copywriting merupakan singkatan dari attention, interest, desire, dan action.

AIDA merupakan teknik menulis dalam copywriting dengan tujuan untuk meningkatkan efektifitas promosi produk melalui sebuah tulisan.

Berikut arti dari keempat unsur tersebut :

Attention = tangkap perhatian audiens

Interest = buat audiens penasaran terkait produk

Desire = buat user menginginkan manfaat yang Anda tawarkan

Action = ajak pengguna untuk mendapatkan manfaat itu

Contoh penulisan untuk tips copywriting Instagram ini sebagai beirkut :

Instagram @flimtyfiber
Instagram @flimtyfiber

Caption tersebut menggunakan kalimat "langsung beli 2 box bisa dapet shaker gratis, lho~".

Tujuan dari caption tersebut yaitu mampu mengajak target audiensnya untuk bertindak melakukan pembelian 2 produk sekaligus.

4. Meminimalisir Pengguanan Hashtag

Banyak orang meyakini bahwa jumlah penggunaan hashtag yang ideal sebanyak 15-3- hashtag. Tetapi profesionalitas user interface membantah pernyataan tersebut.

Banyak professional yang melakukan kesalahan dalam penggunaan hashtag.

Postingan yang memiliki jumlah hashtag terlalu banyak justru terlihat tidak professional dan tidak mencerminkan bisnis yang baik.

Sebelum menggunakan hashtag, pastikan Anda telah melakukan riset terlebih dahulu.

Dalam satu postingan idealnya gunakan sebanyak 5-10 hashtag yang relevan, dan carilah hashtag dengan postingan dibawah 50.000 postingan.


Contohnya sebagai berikut :

Instagram @flimtyfiber
Instagram @flimtyfiber

Nah, itulah beberapa tips copywriting di Instagram yang efektif dan contoh copywriting. Semoga dengan artikel ini dapat membantu Anda untuk lebih memahami cara menulis caption Instagram untuk bisnis Anda dan menghasilkan penjualan. Terima kasih semoga bermanfaat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun