Tips copywriting di Instagram yang efektif -- Dalam menjalankan bisnis, Anda tentu membutuhkan strategi marketing yang tepat untuk hasil yang maksimal. Dan salah satu strategi marketing tersebut adalah copywriting.
Copywriting sendiri sekarang menjadi salah satu strategi marketing yang banyak digunakan pelaku bisnis untuk menghasilkan penjualan dengan baik.
Selain meningkatkan penjualan, copywriting juga dapat digunakan untuk membangun branding karena dengan tulisan yang menarik konsumen dapat mengetahui produk yang Anda pasarkan secara detail.
Copywriting yang mengandung unsur persuasif mampu membuat pembaca tertarik dengan produk yang sedang dipasarkan.
Copywriting menjadi salah satu metode marketing yang membantu calon pelanggan untuk memahami isi penawaran dengan lebih cepat.
Apa Itu Copywriting?
Sering dikatakan sebagai "bahasa iklan", copywriting adalah suatu tulisan persuasi yang digunakan pihak pengiklan untuk memengaruhi alam bawah sadar pembaca iklan.
Hal ini agar pihak pengiklan atau perusahaan dari yang menerbitkan iklan dapat memperoleh penjualan melalui sebuah copywriting.
Saat ini, melakukan promosi di media sosial menjadi cara efektif untuk meningkatkan penjualan.
Copywriting yang dapat meningkatkan penjualan adalah copywriting yang berisi ajakan untuk membeli produk, layanan, atau mencari tahu lebih banyak tentang produk.
4 Tips Copywriting di Instagram yang Efektif Beserta Contohnya
1. Tuliskan informasi detail tentang produk Anda
Sudah pasti calon pembeli Anda tidak bisa melihat produk Anda secara langsung ataupun merasakan manfaatnya secara langsung.
Karena calon pembeli tidak bisa melihat produk yang Anda jual secara langsung. Â Maka itu, Anda harus menjelaskan secara detail mengenai spesifikasi produk Anda.
Untuk menjelaskan produk yang dijual secara detail, Anda perlu menggunakan data dan angka agar pembeli percaya pada produk Anda. Contohnya seperti pada caption berikut ini :
Caption tersebut menggunakan angka seperti "...secara rutin 3x seminggu!" agar orang-orang lebih percaya dan tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan.
2. Tujukkan manfaat dari produk yang ditawarkan
Tips copywriting di Instagram berikutnya adalah dengan menuliskan manfaat dari membeli produk yang ditawarkan, dalam gaya bahasa iklan.
Namun, bukan berarti caption boleh over claim, bahkan sampai bertolak belakang dengan fakta yang sebenarnya.
Karena jika tidak sesuai dengan kenyataan, akan menjadi bumerang sendiri bagi bisnis Anda. Cukup tuliskan manfaat produk sesuai dengan fakta produk secara realistis.
Contoh yang bagus ada sebagai berikut :
Caption tersebut menjelaskan hal yang mengakibatkan rambut rontok, setelah itu ditambahkan penjelasan manfaat produk yang dijual seperti "Varesse Hair Tonic Concentrate yang akan membantuk mengurangi rambut rontok, mempercepat pertumbuhan rambut, dan menutrisi serta merawat akar rambut."
3. Menerapkan Strategi AIDA
Strategi AIDA copywriting merupakan singkatan dari attention, interest, desire, dan action.
AIDA merupakan teknik menulis dalam copywriting dengan tujuan untuk meningkatkan efektifitas promosi produk melalui sebuah tulisan.
Berikut arti dari keempat unsur tersebut :
Attention = tangkap perhatian audiens
Interest = buat audiens penasaran terkait produk
Desire = buat user menginginkan manfaat yang Anda tawarkan
Action = ajak pengguna untuk mendapatkan manfaat itu
Contoh penulisan untuk tips copywriting Instagram ini sebagai beirkut :
Caption tersebut menggunakan kalimat "langsung beli 2 box bisa dapet shaker gratis, lho~".
Tujuan dari caption tersebut yaitu mampu mengajak target audiensnya untuk bertindak melakukan pembelian 2 produk sekaligus.
4. Meminimalisir Pengguanan Hashtag
Banyak orang meyakini bahwa jumlah penggunaan hashtag yang ideal sebanyak 15-3- hashtag. Tetapi profesionalitas user interface membantah pernyataan tersebut.
Banyak professional yang melakukan kesalahan dalam penggunaan hashtag.
Postingan yang memiliki jumlah hashtag terlalu banyak justru terlihat tidak professional dan tidak mencerminkan bisnis yang baik.
Sebelum menggunakan hashtag, pastikan Anda telah melakukan riset terlebih dahulu.
Dalam satu postingan idealnya gunakan sebanyak 5-10 hashtag yang relevan, dan carilah hashtag dengan postingan dibawah 50.000 postingan.
Contohnya sebagai berikut :
Nah, itulah beberapa tips copywriting di Instagram yang efektif dan contoh copywriting. Semoga dengan artikel ini dapat membantu Anda untuk lebih memahami cara menulis caption Instagram untuk bisnis Anda dan menghasilkan penjualan. Terima kasih semoga bermanfaat.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H