Mohon tunggu...
Silviana Febriyanti
Silviana Febriyanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya adalah seorang mahasiswa aktif semester 7 dari Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Saya memiliki hobi menggambar, bagi saya menggambar dapat meredakan stres. Saya juga tertarik di bidang keuangan atau ekonomi.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Marketing Public Relation

15 Oktober 2023   17:06 Diperbarui: 15 Oktober 2023   17:09 63
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Marketing Public Relation (MPR) merupakan perpaduan pelaksanaan program dan aktivitas pemasaran (marketing strategy implementation) dengan aktivitas program kerja public relation. (work program of public relation), maksudnya adalah suatu perusahaan menjual produk dengan mendekatkan diri kepada konsumen atau masyarakat bukan iklan berupa baliho, papan iklan bahkan iklan di TV sehingga citra suatu perusahaan dapat dikenal oleh banyak orang dan kemudian banyak yang membeli produk tersebutDi dalam MPR terdapat dua peran yaitu segi pemasaran dan segi komunikasi. MPR dapat dilakukan dengan beberapa bentuk yaitu publikasi, sponsorship, berita, kegiatan layanan publik dan berpidato.

1. Terdapat 3 Strategi Marketing Public Relations:

a. Pull Strategy, Public Relation memiliki dan harus mengembangkan kekuatan untuk menarik perhatian publik.

b. Push Strategy, Public Relation memiliki kekuatan untuk mendorong berhasilnya pemasaran.

c. Pass Strategy, Public Relation memiliki kekuatan untuk mempengaruhi dan menciptakan opini publik yang menguntungkan.

2. Peranan Marketing Public Relation dari Segi Pemasaran

a. Mengadakan riset pasar.

b. Menciptakan produk yang sesuai dari hasil riset pasar tersebut

c. Menentukan harga produk yang rasional dan kompetitif

d. Menentukan dan memilih target konsumen (target audience).

e. Merencanakan dan melaksanakan kampanye promosi produk.

f. Komitmen terhadap pelayanan purna jual dan kepuasan pelanggan.

3. Peranan Marketing Public Relation dari Segi Komunikasi

a. Citra Perusahaan (Corporate Image)

b. Hubungan Karyawan (Employee Relations).

4. Bentuk-bentuk Marketing Public Relation

a. Publikasi, perusahaan mempercayakan perluasan produk berdasarkan dari publikasi materi untuk mempengaruhi dan menarik pembeli yang dituju. Yang termasuk di dalamnya membuat laporan tahunan, brosur, artikel, koran perusahaan, majalah dan materi audiovisual.

b. Sponsorship, perusahaan bisa memasarkan barang mereka dengan mensponsori acara olah raga atau acara kebudayaan yang bermanfaat bagi kelangsungan perusahaannya.

c. Berita, salah satu dari tugas utamanya Public Relations adalah untuk membuat ataupun menemukan acara yang sesuai dengan perusahaan, produknya, orang-orangnya atau pegawainya, dan membuat media tertarik untuk membuat press release dan hadir dalam press conference.

d. Kegiatan Layanan Publik, perusahaan bisa membangun image yang positif dengan cara menyumbang uang atau waktu dalam hal-hal yang positif.

e. Pidato, semakin tinggi kebutuhan perusahaan untuk dapat menjawab setiap keperluan masyarakat dengan menjawab pertanyaan dari media atau memberikan pengarahan di asosiasi penjualan dan di meeting yang bertujuan untuk membicarakan soal penjualan dapat membangun citra perusahaan.

5. Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Marketing dan Public Relation

            Penggunaan marketing akan menghasilkan omset langsung melejit, tidak lama kemudian penjualan akan datar bahkan mengalami kerugian. Marketer berpikiran bahwa yang penting produknya laku, namun tidak sadar bahwa pembelian hanya terjadi diawal dan tidak repeat order karena hanya tertipu oleh iklan-iklan yang menarik. Pendekatan PR lebih halus dalam melakukan pemasaran, namun hasilnya tidak dapat segera menaikan omset, untuk dalam jangka panjang akan berdampak baik dan masyarakat tidak merasa ditipuKarena perusahaan memberikan kepada konsumen untuk merasakan produk apa yang kita berikan dengan tidak memanipulasi data sehingga konsumen percaya dengan perusahaan.

6. Tujuan Marketing Public Relation

a. Membangun kesadaran. Marketing public relation menempatkan cerita di media untuk memperoleh perhatian terhadap produk, pelayanan, personel, perusahaan, atau ideanya.

b. Membangun kredibilitas. Marketing public relation dapat meningkatkan kredibilitas dengan mengkomunikasikan pesannya dalam teks editor ial.

c. Mendorong wiraniaga dan penyalur. Marketing public relation dapat menolong semangat wiraniaga dan penyalur. Cerita tentang produk baru sebelum diluncurkan dapat membantu tenaga penyalur untuk memasarkannya.

d. Mengurangi biaya promosi. Biaya yang dikeluarkan untuk marketing public relation lebih sedikit dibandingkan dengan biaya pos dan iklan. Semakin kecil anggaran perusahaan, semakin kuat alasan menggunakan marketing public relation untuk memperoleh perhatian.

7. Fungsi Marketing Public Relation

a. Memberikan edukasi kepada konsumen; edukasi penggunaan produk yang sudah diluncurkan, edukasi produk yang akan diluncurkan, edukasi manfaat produk.

b. Meluncurkan merek dan atau produk; meluncurkan kembali merek-merek lama, meluncurkan produk baru sebelum iklan komersial, meluncurkan produk saat tidak ada anggaran untuk iklan, meluncurkan ulang produk-produk yang sudah ada, mengenalkan produk baru pada kalangan media (press launching).

c. Membangun event merek.

d. Mengembangkan pelayanan publik kepada konsumen; mengembangkan akses informasi konsumen ke perusahaan, menindaklanjuti keluhan baik langsung maupun dari surat pembaca.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun