Dalam era digital ini, sudah banyak masyarakat yang menggunakan media online atau memanfaatkan teknologi yang baru yang sudak semakin terjangkau dan mudah digunakan. Pada jaman sekarang, masyarakat lebih banyak membaca berita melalui website berita online yang dapat diakses internet kapanpun dan dimanapun melalui handphone atau gadget.
1. Digital PR
Menurut Bob. J. Onggo (2004:1) pengertian PR yang menggunakan media internet sebagai sarana publikasinya, dikenal dengan istilah Cyber Public Relations atau electronic Public Relations (e-PR) yang memiliki ciri:
a. E adalah Electronic
Elektronik di e-PR sama seperti halnya huruf “e” sebelum kata mail atau commerce yang mengacu pada media elektronik internet.
b. P adalah Public
Publik mengacu bukan sekedar public secara umum, namun pasar konsumen.
c. R adalah Relations
Relasi merupakan hubungan yang harus dipupuk antara pasar dan bisnis.
2. Arti Penting Digital Public Relations (DPR)
Public Relations Digital adalah strategi pemasaran online yang digunakan untuk meningkatkan keberadaan bisnis secara online. Jaringan agensi public relations adalah dengan jurnalis, influencer, dan blogger serta mengirim siaran pers online untuk mendapatkan baclink berkualitas tinggi, penyebutan via media social dan peningkatan melalui Search Engine Optimization (SEO).