Mohon tunggu...
sasmithaa
sasmithaa Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

life is goes on

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Psikologi Perkembangan pada Anak

12 Desember 2022   17:33 Diperbarui: 2 Januari 2023   23:09 308
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

PSIKOLOGI PERKEMBANGAN PADA ANAK

Sasmitha Nazaria Karim¹, Novianty Djafri²

Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo

ABSTRAK

Psikologi perkembangan adalah fase yang selalu beriringan dengan pertumbungan manusiia dari waktu ke waktu. Ditandai dengan perubahan perilaku, pola pikir dan cara seseorang menanggapi atau menghadapi suatu masalah. Dimulai dari tahap awal mula dilahirkan, hingga menjelang kematian.

Kata Kunci: Psikologi, Perkembangan, anak.

PENDAHULUAN

Pada mulanya psikologi perkembangan berfokus pada masalah usia dan tahapan-tahapan. Para penyelidik termotivasi untuk mencari tau usia yang khas tertentu yang mengalami berbagai tahapan perkembangan. Pada dasarnya perkembangan berarti serangkaian proses perubahan yang terjadi sebagai dampak dari proses kematangan dan pengalaman hidup. Ini artinya perkembangan itu bukan Cuma sekedar penambahan beberapa ukuran tinggi atau berat badan seseorang atau peningkatan kemampuan seseorang, tetapi merupakan suatu proses integrasi dari banyak struktur dan fungsi kompleks yang ada pada diri sendiri.

LATAR BELAKANG

Psikologi perkembangan terjadi pada semua rentang usia, mulai dari usia bayi hingga beranjak dewasa. Pada perkembangan memiliki karakteristik dalam perkembangannya, karakter ini menjadi gejala dalam pertumbuhan dan perkembangan manusia.

METODE

Dalam penulisan artikel ini penulis menggunakan metode Telaah Pustaka (Search Library) sebagai upaya dalam mencari informasi dan mendalami materi. Metode ini menggunakan sumber-sumber seperti buku, artikel atau jurnal sebagai referensi untuk mencari tau informasi terkait materi secara lebih luas dan dapat menilai dari berbagai sudut pandang.

HASIL PEMBAHASAN

  1. Definisi Perkembangan

Tahap perkembangan berlangsung dari keadaan universal dan kurang sampai pada keadaan diferensiasi, artikulasi, dan integrasi yang mengalami kemajuan dalam beberapa waktu. Proses diferensiasi itu bersifat keseluruhan pada diri anak; bahwa bagian-bagian penghayatan keseluruhan ini sedikit demi sedikit semakin nyata dan bertambah jelas dalam kerangka keseluruhan (Werner, 1957)

Diawali ketika bayi baru dilahirkan, ia telah mempunyai ilustrasi lengkap tentang dunia maupun kehidupan. Tetapi, gambaran tersebut masih kabur dan kurang detail. Terbawa oleh perkembangannya, penggambaran totalitas yang samar-samar tadi berangsur-angsur mulai jelas dan bagian-bagiannya semakin bertambah nyata, konkret dan strukturnya semakin lengkap.

Kemudian timbul kompleksitas dari variasi tersebut, seperti unsur gerak, jarak, bentuk, struktur, warna, dan lain-lain. tapi, secara keseluruhan merupakan bagian dari satu totalitas dan mengandung sifat totalitas tersebut. Dalam hubungannya dengan dasar perkembangan orthogenetic yang dikemukakan oleh Werner, perubahan-perubahan ini mengarah pada pengontrolan.

  1. Tujuan Psikologi Perkembangan

Menurut Mussen, dkk, dewasa ini psikologi perkembangan berfokus pada upaya mengetahui alasan yang melandasi terjadinya pertumbuhan dan perkembangan pada manusia sehingga dapat menghasilkan perubahan. Maka dari itu, psikologi perkembangan meliputi hal-hal berikut ini.

  • Memberikan, mengukur, dan menerangkan perbedaan dalam berperilaku serta kemampuan yang sedang berkembang sesuai dengan usia dan mempunyai ciri-ciri secara keseluruhan. Dalam arti yang berlaku terhadap individu di mana saja dan dalam lingkungan sosial mana saja.
  • Mempelajari perbedaan yang bersifat personal pada proses atau masa perkembangan tertentu.
  • Mempelajari cara berperilaku anak dalam lingkungan tertentu yang menimbulkan respon yang berbeda.
  • Mempelajari penyimpangan dari karakter diri yang dialami seseorang, semisal kenakalan, kelainan, dalam fungsionalitas.

Sementara itu Elizabeth B. Hurlock berpendapat bahwa psikologi perkembangan memiliki tujuan, yaitu:

  • Mendapatkan perubahan yang biasanya terjadi pada usia yang umum dan khas dalam penampilan, perilaku, minat, dan tujuan dari tiap periode perkembangan.
  • Menemukan kapan waktunya perubahan-perubahan mulai muncul.
  • Menemukan alasan mengapa perubahan terjadi.
  • Menemukan bagaimana perubahan tersebut berpengaruh pada perilaku.
  • Menemukan apakah perubahan itu dapat diramalkan.
  • Menemukan apakah perubahan bersifat global atau tidak.
  1. Dalam Perkembangan Punya Perilaku Karakteristik

Setiap proses perkembangan memiliki pola sikap yang karakteristik. Pola tersebut ditandai dengan masa equilibrium. Apabila seseorang dengan mudah menyesuaikan dirinya terhadap suatu tuntutan lingkungan dan akhirnya dia berhasil mengadakan penyesuaian pribadi dan penyesuaian sosial yang baik. 

Tidak ada proses dimana perilaku yang punya karakteristik ini tidak dianggap sebagai "perilaku yang susah" dilihat pada standar kedewasaan. Hanya saja jika perilaku individu sejenis dengan rentang umur tertentu dan dapat menghambat penyesuaian diri hingga menjadi semakin buruk, maka hal tersebut barulah dikategorikan sebagai perilaku yang sulit.

  1. Prinsip-prinsip Dalam Perkembangan

Dalam Perkembangan terdapat prinsip yang tidak bisa dilepaskan dari suatu proses perkembangan individu, yaitu:

  • Perkembangan Itu Tahap Yang Tidak Berhenti

Manusia secara terus-menerus berkembang atau mengalami yang namanya siklus perubahan yang dipengaruhi oleh pengalaman yang pernah didapatkan atau belajar sepanjang hayat Perkembangan, baik fisik maupun kejiwaan berlangsung secara terus-menerus sejak masa konsepsi hingga berada pada fase kematangan atau masa tua.

  • Semua Fase Dalam Perkembangan Saling Berkaitan

Dalam perkembangan individu, baik fisik, intelektual, pengendalian emosi, cara bersosial, atau pun moral-spiritual, satu dengan yang lainnya saling mempengaruhi dan punya kontribusi. Pada umumnya terdapat kaitan atau korelasi yang positif antara aspek ersebut. 

Apabila dalam tahap usia anak-anak mengalami kendala (sering sakit-sakitan), maka dia akan mendapatkan sedikit kesulitan dalam perkembangan aspek untuk tumbuh dan berkembang, seperti: kecerdasan dan emosinya. Lalu, apabila perkembangan nilai spiritual dalam konteks keagamaan anak kurang baik, maka anak akan berkembang menjadi seorang yang berkarakter kurang baik, karena kurangnya pemahaman serta kesadaran.

DAFTAR REFERENSI

Fahyuni. (2019). Psikologi Perkembangan. (1th Ed). UMSIDA press.

Suhada. (2016). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. (1th Ed). PT Remaja Rosdakarya.

Desmita. (2011). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. (3th Ed). PT Remaja Rosdakarya
R.D Wiresti, Na'imah. (2020). Aspek Perkembangan Anak : Urgensitas Ditinjau Dalam Paradigma Psikologi Perkembangan Anak. Directory of Open Access Journals (DOAJ), 03(1). 36-44. 10.31004/aulad.v3i1.53

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun