KEUTAMAAN MEDIA PEMBELAJARAN
Pendidikan merupakan upaya untuk mempersiapkan generasi muda dalam menyambut dang menghadapi perkembangan zaman di era global. Maka pendidikan harrus dilaksanakan sebaik mungkin sehingga menghasilkan pendidikan yang berkaulitas dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Perkembangan teknologi berdampak pada bidang pendidikan. Proses belajar tidak terlepas dari media, metode, dan hasil belajar. Media dapat digunakan sebagai sarana dalam memberikan materi pendidikan yang yang disampaikan oleh guru kepada siswa. Sedangkan metode belajar mengatur bahan ajar dan strategi penyampainanya. Selanjutnya hasilbelajar diukur dengan efektif dan efisien untuk mengetahui kemampuan dan minat siswa terhadap mata pelajaran.
Permasalahan yang sering dihadapi dunia pendidikan adalah lemahnya proses pembelajaran. Dalam proses kegiatan belajar mengajar, siswa lebih banyak belajar secara teori. Pembelajaran di kelas lebih diarahkan pada kemampuan anak untuk memahami materi pelajaran. Sedangkan teori yang pelajari siswa kurang adanya penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini menyebabkan siswa kurang mengerti lebih dalam dari materi suatu pelajaran, dalam kegiatan belajar mengajar kehadiran guru diharapkan dengan mengembangkan potensi dan kreativitas siswa, sehingga siswa dapat mempunyai pengetahuan tidak hanya teori, namun bisa mempraktekannya guna untuk masa yang akan datang dalam perkembangan zaman.
Media pembelajaran adalah alat yang dapat membantu proses belajar sehingga pesan dan makna yang disampaikan akan lebih jelas dan pembelajaran dapat tercapai dengan efektif. Hasil belajar adalah hasil yang diberikan kepada siswa berupa penilaian setelah siswa mengikuti proses pembelajaran dengan meniliai pengetahuan siswa, kemudian sikap, keteremapilan siswa, dengan adanya perubahan pada tingkah laku. Media pembelajarana sangat berfungsi sebagai salah satu sumber belajar siswa untuk memperoleh pesan dan informasi yang diberikan oleh guru serta materi pembelajaran dapat lebih meningkat membentuk pengetahuan siswa.
Keutamaan media pembelajaran pertama, memberikan pedoman bagi siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran sehingga dapat menjelaskan materi pembelajaran, membantu dalam penyajian materi yang menarik dan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, kedua dapat meningkatkan minat belajar siswa sehingga siswa dapat berpikir dan menganalisis  materi pelajaran yang diberikan oleh guru, dengan situasi yang menyenangkan dan siswa dapat memahami meteri pembelajaran dengan mudah. Untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan adanya media pembelajaran, proses belajar mengajar menjadi mudah dan menarik sehingga dapat dimengerti dan dipahami pelajaran dengan mudah, efisiensi belajar dapat meningkat karena sesuai dengan tujuan pembelajaran, membantu konsentrasi belajar sesuai dengan tujuan kebutuhan siswa, meningkatkan motivasi belajar  karena perhatian siswa terhadap pelelajaran dapat meningkat, memberikan pengalaman menyeluruh dalam belajar sehingga  dapat memahami secara nyata dari materi yang diberikan, lebih mengerti materi secara keseluruhan, terlibat dalam proses pembelajaran sehingga siswa aktif mengikuti  dalam proses pembelajran, memiliki kesempatan melakukan kreativitas, mengembangkan potensi yang dimiliki.
Selain itu juga media pembelajaran mempunyai unsur yang penting dalam proses pembelajaran dan media pembelajaran juga merupakan sumber belajar yang dapat membantu guru dalam memperkaya wawasan siswa, dengan berbagai jenis media pembelajaran oleh guru dapat menjadi  bahan dalam memberikan ilmu pengetahuan kepada siswa. Pemakaian media pembelajaran dapat menumbuhkan minat siswa untuk belajar hal baru dalam materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru sehingga dapat  mudah dipahami. Media pembelajaran dapat digunakan sebagai alat bantu dalam kegiatan belajar mengajar, sebagai guru harus dapat memilih media pembelajaran yang sesuai dan cocok untuk digunakan sehingga tercapai tujuan pengajaran yang telah ditetapkan oleh sekolah.
Ada beberapa jenis media pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar. Guru harus dapat memilih jenis media pembelajaran yang tepat untuk digunakan dalam mengajar sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. Kutamaan media pembelajaran:
1.Media Auditif, media yang hanya mengandalkan kemampuan dengar saja, seperti radio, kaset.
2.Media Visual, media yang hanya menggunakan indra penglihatan saja.
3.Media Audio visual, media gabungan dari media audio dan visual. Dimana media ini disebut audio visual yang mempunyai unsur suara dan gambar.
4.Media pembelajaran berbasis komputer, suatu media pembelajaran yang menyajikan materi dan soal ujian kompetensi dapat digunakan oleh guru sebagai alat bantu mengajar.