Semarang (07/08/ 2020) -- Pandemi Covid-19 yang sampai saat ini masih terjadi membawa dampak yang sangat signifikan dalam kehidupan manusia. Banyak sektor yang telah mengalami dampak dari adanya pandemi terutama pada sektor kesehatan dan perekonomian.
Era globalisasi yang disertai dengan perkembangan teknologi yang pesat sudah seharusnya dapat menjawab persoalan perekonomian ditengah semakin kompleksnya kebutuhan masyarakat.
Transformasi digital merupakan solusi bagi UMKM untuk mengembalikan perekonomian dengan mengoptimalkan pemasaran online dan digital branding sebagai sarana komunikasi dengan target konsumennya.
Kebijakan berbagai pembatasan kegiatan ini telah membawa dampak terutama pada sektor perekonomian dibidang UMKM yang mendapatkan pendapatan harian, pasalnya para pelaku usaha kecil ini menjadi kehilangan pendapatan karena sepi pembeli.
Berdasarkan kondisi lapangan, mahasiswa KKN masih menemukan banyak dari pelaku usaha kecil masih menjajakan dagangannya secara offline dan belum memiliki brand usaha seningga usaha mereka belum banyak dikenal kebanyakan orang.
Program kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN UNDIP yaitu dengan sosialisasi bisnis digital dengan mengedepankan media sosial dan pelatihan pembuatan konten serta pengenalan branding usaha. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan jangkauan usaha guna mengembalikan perekonomian masyarakat.
Sosialisasi bisnis digital serta pengenalan branding dilakukan pada hari Rabu (5/8), kepada pelaku usaha UMKM Telur Asin di Sendangguwo Gang Rejeki Kelurahan Gemah, Ibu Rini (45 Tahun). Program ini dilakukan dengan membagikan modul tentang Bisnis Digital dalam beradaptasi merespon dampak Covid-19.
Modul bisnis digital ini berisi tentang kiat-kiat berbisnis digital ditengah pandemi, penggunaan media sosial dan cara pembuatan konten dimedia sosial. Program ini juga didukung dengan pelatihan pembuatan telur asin kepada mahasiswa hingga proses pembuatan branding oleh mahasiswa KKN (Silvia Calista).
Selain itu, mahasiswa KKN juga mengajarkan pada pelaku usaha untuk memasarkan usaha secara online dengan melakukan pelatihan pembuatan konten foto produk di instagram atau WhatsApp. Pemasaran usaha secara online menjadi alternatif agar usaha dapat tetap bertahan selama pandemi.
Mahasiswa KKN juga mensosialisasikan pentingnya brand didalam usaha agar usaha semakin dikenal oleh banyak orang. Dalam kegiatannya, pembuatan stampel pada telur asin (cap) dilakukan dengan pembuatan design yang menarik
Program ini diharapkan mampu meningkatkan pendapatan UMKM karena pemasaran produk tidak hanya dilakukan secara offline, tetapi juga secara online. Dengan adanya branding usaha telur asin ini akan menunjang jangkauan untuk lebih dikenal oleh masyarakat.
Oleh : Silvia Calista (Administrasi Publik FISIP UNDIP)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H