Mohon tunggu...
Silvia Jamila Ratna Ayu
Silvia Jamila Ratna Ayu Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

My self

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Analisis Strategi Manajemen Bisnis Pemasaran Marketplace Zalora untuk Bertahan dalam Persaingan E-Commerce di Indonesia

31 Agustus 2022   15:40 Diperbarui: 31 Agustus 2022   15:57 3891
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Abstrak

Seiring dengan perkembangan zaman yang ada, mulai bermunculan berbagai marketplace di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan berbelanja secara daring atau online. Salah satu dari banyaknya marketplace adalah Zalora yang mana sudah berdiri sejak 2011. Zalora sendiri merupakan bagian dari Global Fashion Group yang mana merupakan grup fashion yang terkenal di dunia. Keberadaan Zalora ini dimaksudkan untuk menciptakan suatu perusahaan fashion online yang ada di negara berkembang. Berdasarkan hal tersebut, ingin diteliti tentang bagaimana strategi manajemen bisnis pemasaran yang dilakukan sehingga Zalora tetap bisa eksis lebih dari 10 tahun di Indonesia. Dalam melakukan analisis ini digunakan studi pustaka sebagai teknik mengambil datanya. Hasilnya adalah bahwa Zalora menerapkan strategi pemasaran berupa segmentasi, targeting, dan positioning. Segmentasi pasar dari Zalora sendiri adalah perempuan sebanyak 70% dan sisanya pria. Target dari bisnis ini adalah perempuan perkotaan menengan ke atas yang menyukai barang branded dan positioning Zalora dalam hal ini adalah menyediakan kebutuhan berbagai barang mewah untuk gaya hidup masyarakat.

Kata kunci: Zalora, pemasaran, manajemen bisnis

Abstract

Along with the times, various markets in Indonesia began to emerge to meet the needs of shopping boldly or online. One of the many marketplaces is Zalora, which has been around since 2011. Zalora itself is part of the Global Fashion Group, which is a world-famous fashion group. Zalora's existence has created an online fashion company in developing countries. Based on this, we want to study how the marketing business management strategy is carried out so that Zalora can still exist for more than 10 years in Indonesia. In conducting this analysis, literature study was used as a technique for collecting data. The result is that Zalora implements a marketing strategy in the form of segmentation, targeting, and positioning. Zalora's own market segmentation is women as much as 70% and the rest are men. The target of this business is middle-class urban women who like branded goods and Zalora's positioning in this case is to provide various needs for luxury goods for people's lifestyles.

Keywords: Zalora, marketing, business management

Pendahuluan

Seiring dengan perkembangan zaman yang ada, mulai bermunculan berbagai marketplace di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan berbelanja secara daring atau online. Di Indonesia sendiri, sudah ada beberapa marketplace yang berdiri antara lain adalah Shoppee, Tokopedia, Olx, Zalora. Zalora, adalah salah satu marketplace yang menjadi pilihan bagi masyarakat Indonesia untuk berbelanja online. Berdasarkan apa yang ditulis dalam situsnya yakni zalora.co.id bahwa Zalora sendiri merupakan bagian dari Global Fashion Group yang mana merupakan grup fashion yang terkenal di dunia. Keberadaan Zalora ini dimaksudkan untuk menciptakan suatu perusahaan fashion online yang ada di negara berkembang. Hingga sekarang, Zalora berada di 27 negara lainnya yang dalam hal ini termasuk dengan Indonesia.

Zalora dalam hal ini menetapkan batasan usia yakni 18 tahun sebagai batasan umur untuk seorang customer dapat berbelanja. Apabila customer berada di luar usia tersebut, maka tidak diperkenankan untuk berbelanja kecuali dengan pendampingan wali. Segmentasi pasar dari Zalora sendiri adalah untuk kalangan menengah atas dimana jumlah wanita yang berada di perkotaan dan merupakan kelompok menengah keatas ada sebanyak 35 juta yang mana dapat dikatakan sangat potensial bagi pasar Zalora (Puspitasari & Briliana, 2017).

Zalora dalam hal ini menempati urutan ke sepuluh dengan pengunjung situs di Indonesia dengan jumlah sebanyak 3.366.700 penunjung dan belum bisa menyaingi dua e-commerce terbesar di Indonesia yakni Tokopedia dan juga Shoppee.

Sumber: Bestari (2021). Diolah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun