Mohon tunggu...
Silpiah
Silpiah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Sarjana Akuntansi - NIM 43223110028 - Fakultas Ekonomi dan Bisnis - Universitas Mercu Buana - Mata Kuliah Pendidikan Anti Korupsi dan Etik UMB - Dosen Pengampu : Prof. Dr, Apollo, M.Si.Ak

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

TB 2 - Kebatinan Ki Ageng Suryomentaram pada Upaya Pencegahan Korupsi dan Transformasi Memimpin Diri Sendiri

19 November 2024   23:50 Diperbarui: 19 November 2024   23:50 624
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ppt : Silpiah
ppt : Silpiah
ppt : Silpiah
ppt : Silpiah
ppt : Silpiah
ppt : Silpiah
ppt : Silpiah
ppt : Silpiah
ppt : Silpiah
ppt : Silpiah
ppt : Silpiah
ppt : Silpiah
ppt : Silpiah
ppt : Silpiah
ppt : Silpiah
ppt : Silpiah
ppt : Silpiah
ppt : Silpiah
ppt : Silpiah
ppt : Silpiah
ppt : Silpiah
ppt : Silpiah
modul : Prof Apollo
modul : Prof Apollo
modul : Prof Apollo
modul : Prof Apollo
modul : Prof Apollo
modul : Prof Apollo
modul : Prof Apollo
modul : Prof Apollo
modul : Prof Apollo
modul : Prof Apollo
modul : Prof Apollo
modul : Prof Apollo
modul : Prof Apollo
modul : Prof Apollo
modul : Prof Apollo
modul : Prof Apollo
modul : Prof Apollo
modul : Prof Apollo

Ki Ageng Suryomentaram adalah seorang tokoh kebatinan Jawa yang sangat dihormati, terutama karena ajaran-ajarannya yang mendalam mengenai pengendalian diri, kesederhanaan hidup, dan pencarian kebahagiaan sejati. 

Sebagai seorang guru spiritual, Ki Ageng mengajarkan pentingnya mendalami batin dan mencapai keseimbangan hidup melalui pengendalian nafsu dan kesadaran diri. Ajaran kebatinannya memberikan dasar moral yang kuat yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam bidang kepemimpinan dan pencegahan korupsi.

Korupsi merupakan masalah serius yang menghancurkan tatanan sosial dan ekonomi suatu negara. Korupsi bukan hanya masalah struktural, tetapi juga masalah moral yang muncul akibat ketidakmampuan individu untuk mengendalikan hawa nafsu dan hasrat berlebihan. 

Pengendalian diri menjadi kunci utama dalam mencegah tindakan korupsi. Tanpa pengendalian diri yang baik, seseorang akan tergoda untuk memanfaatkan jabatan atau posisi untuk keuntungan pribadi, yang pada gilirannya merugikan masyarakat.

Ajaran kebatinan Ki Ageng Suryomentaram sangat relevan dalam konteks kepemimpinan modern, khususnya dalam upaya pencegahan korupsi. Kepemimpinan yang baik dimulai dari pengendalian diri, dan ajaran-ajaran seperti "Enam SA" yang mengajarkan kesederhanaan, kecukupan, dan kejujuran, sangat penting untuk diterapkan oleh para pemimpin masa kini. Dengan menginternalisasi ajaran kebatinan ini, para pemimpin dapat menghindari godaan untuk terjerumus dalam praktik korupsi, sekaligus menumbuhkan budaya transparansi dan akuntabilitas dalam pemerintahan dan organisasi.

WHAT

PENJELASAN KI AGENG SURYOMENTARAM

Ki Ageng Suryomentaram adalah seorang tokoh spiritual yang berasal dari Jawa Tengah. Lahir pada abad ke-16, beliau dikenal sebagai salah satu guru kebatinan yang berpengaruh pada masyarakat Jawa. Ki Ageng mengajarkan ajaran yang lebih mengarah pada pembersihan batin dan pencarian kedamaian diri melalui introspeksi, bukan hanya ritual atau ibadah. Ia memiliki pemahaman yang mendalam tentang pentingnya membangun hubungan yang baik antara manusia dan Tuhan, serta manusia dengan sesama.

Ki Ageng Suryomentaram, yang juga dikenal dengan nama Ki Ageng Suryomentaram atau Suryomentaram, lahir pada sekitar abad ke-16. Beliau berasal dari keluarga bangsawan Jawa, namun kehidupannya lebih banyak difokuskan pada pencarian spiritual dan pembersihan batin. Ki Ageng Suryomentaram dikenal sebagai seorang guru spiritual, yang mengajarkan pentingnya kesederhanaan, pengendalian diri, serta hidup dalam kedamaian batin. 

Ajarannya tidak hanya ditujukan kepada masyarakat Jawa pada masanya, tetapi juga menjadi panduan hidup bagi banyak orang yang ingin mencapai keseimbangan dalam hidup dan menghindari godaan duniawi.

Ki Ageng Suryomentaram tidak hanya dikenal karena ajarannya yang dalam, tetapi juga karena sikapnya yang bijaksana dalam melihat kehidupan dan menerapkan kebijaksanaan tersebut dalam berbagai aspek kehidupan, baik sosial, spiritual, maupun pribadi. Ajarannya memfokuskan pada keseimbangan batin, pengendalian nafsu, dan penerapan nilai-nilai moral yang tinggi dalam kehidupan sehari-hari.

PENJELASAN 6 SA

Ajaran "Enam SA" adalah enam prinsip yang diajarkan oleh Ki Ageng Suryomentaram untuk mencapai keseimbangan batin. Setiap prinsip ini bertujuan untuk membimbing individu dalam menjalani kehidupan dengan lebih bijaksana dan menghindari godaan yang bisa menjerumuskan mereka pada perilaku yang merugikan diri sendiri maupun orang lain.

1. Sa-butuhne (Sebutuhnya): Kata sebutuhne berasal dari bahasa Jawa yang mengandung makna segala sesuatu yang diperlukan dalam hidup. Dalam ajaran ini, sabutuhne mengajarkan pentingnya hidup sesuai dengna kebutuhan menghindari berlebihan segala hal. Ini bukna berarti hidup dalam kekurangan, tetapi lebih kepada hidup dengan kecukupan dan tidak berambisi untuk memperoleh lebih dari yang diperlukan. 

Prinsip ini mengajarkan bahwa setiap kebutuhan harus dipenuhi sesuai dengan kebutuhan yang sebenarnya, tanpa berlebihan. Kelebihan dalam kebutuhan materi bisa memicu ketamakan, yang berujung pada korupsi.

2. Sa-perlune (Seperlunya): Saperlune juga berhubungan dengna prinsip kesederhanaan. Dalam ajaran ini kita diajarkan untuk tidak berlebihan dalam segala hal, baik dalam harta, kehormatan, maupun kesenangan. Sapurlune berarti kita hanya mengambil dan menikmati apa yang memang diperlukan dan seharusnya. Dalam konsep ini kesederhanaan adalah kunci utama. Hidup harus dijalani dengan kesederhanaan. 

Setiap tindakan harus dilandasi oleh kebutuhan yang wajar dan sesuai dengan keadaan. Prinsip ini mengingatkan kita untuk tidak menuruti nafsu yang berlebihan. Sebagai contoh dalam kehisupan bermasyarakat, seseorang yang menerapkan seperlunya akan menajga keharmonisan hubungan tanpa terlalu mencari perhatian atau pengakuan. Mereka akan hidup secara wajar, tanpa berlebihan dalam segala hal.

3. Sa-cukupe (Secukupnya): Sacukupe adalah ajaran untuk menerima kehidupan dengan apa adanya dan merasa cukup dengan apa yang sudah diberikan oleh Tuhan. Dalam konsep ini, hidup yang penuh rasa syukur dan kepuasan batin dianggap sebagai kebahagiaan sejati. Ajaran ini mengajarkan bahwa dengan memiliki rasa cukup dalam diri, seseorang tidak akan merasa kekurangan meskipun dunia sekitar terus berubah dan menuntut lebih. 

Dengan kata lain, kita tidak akan terjebak dalam perasaan tidak puas yang terus-menerus mencari lebih banyak, melainkan belajar untuk merasa cukup dengan apa yang ada.Mengajarkan pentingnya merasa cukup dengan apa yang dimiliki, tanpa harus mengejar lebih banyak lagi. Keserakahan sering kali menjadi pemicu utama korupsi, dan prinsip ini mengajarkan untuk tidak terjebak pada ambisi yang merugikan.

4. Sa-benere (Sebenernya): Sabenere atau "sebagaimana mestinya." Kata ini mengandung makna yang dalam dan merujuk pada prinsip hidup yang sesuai dengan kenyataan atau keadaan yang sebenarnya, tanpa menyembunyikan atau memanipulasi apa pun. Dalam konteks ajaran spiritual dan moralitas Jawa, sabenere mengajarkan agar seseorang hidup dengan kejujuran, kesadaran diri, dan penerimaan terhadap kenyataan hidup.

Berikut adalah penjelasan lebih rinci mengenai konsep sabenere:

  • Hidup dengan Kejujuran dan Keterbukaan

Sabenere mengajarkan untuk hidup secara jujur, baik terhadap diri sendiri maupun terhadap orang lain. Seseorang yang menerapkan sabenere tidak berusaha menutupi atau menambah-nambahkan kenyataan, tetapi lebih memilih untuk melihat dan menerima hidup sesuai dengan keadaan yang ada. Hal ini mencakup ketulusan dalam tindakan, perkataan, serta sikap dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

  • Menerima Kenyataan

Konsep sabenere juga berarti menerima segala hal dalam kehidupan dengan lapang dada. Apakah itu kesulitan atau keberhasilan, seseorang yang mengikuti prinsip sabenere akan menerima semua itu sebagai bagian dari perjalanan hidup. Mereka tidak akan menyesali atau menuntut lebih, tetapi lebih fokus pada penerimaan dan penghargaan terhadap apa yang sudah terjadi dan apa yang sudah dimiliki.

  • Bertindak Sesuai dengan Kenyataan

Prinsip sabenere juga mengajarkan untuk bertindak berdasarkan kenyataan atau keadaan yang ada. Ini berarti seseorang harus memiliki kemampuan untuk melihat dunia dengan mata yang jernih, tanpa ditutupi oleh keinginan atau harapan yang tidak realistis. Ketika kita bertindak sesuai dengan kenyataan, kita bisa menghindari kesalahan yang terjadi akibat harapan yang tidak masuk akal atau pengambilan keputusan yang dipengaruhi oleh emosi.

  • Kehidupan yang Seimbang dan Nyata

Ajaran sabenere mendorong seseorang untuk hidup dengan keseimbangan, tidak berlebihan atau kekurangan. Hidup yang "sebenarnya" adalah hidup yang berjalan dengan normal dan wajar, tanpa terlalu berambisi atau terlalu merendah. Kehidupan yang sesuai dengan sabenere juga berarti menghindari kehidupan yang penuh dengan ilusi atau pemikiran yang jauh dari kenyataan.

  • Pengembangan Diri yang Otentik

Prinsip sabenere juga mengarah pada pengembangan diri yang otentik dan tidak berpura-pura. Dalam konteks ini, seseorang didorong untuk menjadi dirinya sendiri, tanpa berusaha mengikuti standar atau harapan yang tidak sesuai dengan dirinya. Ini mengajarkan tentang keberanian untuk menjadi apa adanya dan hidup dengan integritas.

  • Tidak Terlalu Memaksakan Diri

Dalam ajaran ini, seseorang tidak akan memaksakan kehendaknya jika keadaan tidak memungkinkan. Sabenere berarti tahu kapan harus berusaha dan kapan harus berhenti, serta memahami batasan-batasan yang ada dalam kehidupan. Ini mengajarkan sikap rendah hati dan bijaksana dalam menghadapi realitas hidup.

Penerapan dalam Kehidupan Sehari-hari:

Kejujuran dalam Perilaku: Menerapkan sikap jujur dalam setiap aspek kehidupan, baik dalam hubungan pribadi, pekerjaan, atau kehidupan sosial.

Penerimaan terhadap Kenyataan: Belajar menerima segala keadaan dengan penuh rasa syukur dan lapang dada, baik dalam kesulitan maupun keberhasilan.

Tindakan yang Realistis: Mengambil keputusan dan bertindak berdasarkan fakta dan kenyataan yang ada, bukan berdasarkan impian atau harapan yang tidak realistis.

Menghindari Hidup Pura-pura: Menjadi diri sendiri dan menghindari sikap berpura-pura atau berusaha menjadi sesuatu yang bukan diri kita.

Keseimbangan dalam Hidup: Menjalani hidup yang tidak berlebihan atau kekurangan, melainkan seimbang dan wajar sesuai dengan kondisi yang ada.

5. Sa-mesthine (Semestinya): Sa mesthine mengajarkan tentang pentingnya keseimbangan dalam hidup. Segala sesuatu harus dilakukan dengan proporsi yang tepat. Hidup yang seimbang antara pekerjaan, keluarga, agama, dan kegiatan sosial sangat penting untuk mencapai kebahagiaan dan kedamaian batin. 

Ajaran ini menekankan bahwa segala hal dalam hidup harus dilakukan dengan harmoni, sehingga tidak ada yang berlebihan atau kurang. 

Misalnya, seseorang yang menjalani kehidupan dengan prinsip samastine akan tahu kapan waktunya bekerja keras, kapan harus beristirahat, dan kapan harus beribadah atau bersosialisasi. Dengan hidup yang seimbang, seseorang bisa menghindari stres dan ketidakseimbangan yang merugikan.Prinsip ini menekankan pentingnya melakukan sesuatu sesuai dengan tuntutan keadaan atau kewajiban. Tidak ada tindakan yang tidak wajar dalam upaya mencapai tujuan.

6. Sak-penake (Seenaknya): "Sak-panake" adalah ungkapan dalam bahasa Jawa yang artinya "seenaknya" atau "sesuka hati". Ungkapan ini sering digunakan untuk menggambarkan seseorang yang bertindak tanpa memperhatikan aturan, tata krama, atau perasaan orang lain. Tindakan "sak-panake" cenderung menunjukkan ketidakpedulian atau ketidakdisiplinan, di mana seseorang bertindak sesuka hati tanpa mempertimbangkan dampaknya terhadap orang lain atau situasi.

Sebagai contoh, jika seseorang datang terlambat ke pertemuan tanpa permisi atau alasan yang jelas, tindakan itu bisa dikatakan "sak-panake". Ini menggambarkan bahwa orang tersebut bertindak seenaknya, tanpa menghormati waktu atau kepentingan orang lain. Prinsip ini mengingatkan kita untuk bertindak dengan cara yang tidak merugikan orang lain, tetapi tetap menjaga kebebasan dalam menjalani hidup tanpa melanggar hak-hak orang lain.                   

KEPEMIMPINAN DIRI SENDIRI

Kepemimpinan Diri Sendiri (Self-Leadership)

Kepemimpinan diri adalah kemampuan untuk mengatur dan mengelola diri sendiri dalam mencapai tujuan hidup. Ini melibatkan kesadaran diri, disiplin, dan pengendalian diri, yang semuanya tercermin dalam ajaran kebatinan Ki Ageng Suryomentaram. Self-leadership menjadi kunci dalam menghindari tindakan koruptif, karena seorang pemimpin yang baik harus mampu memimpin dirinya sendiri terlebih dahulu.

Elemen kunci dari kepemimpinan diri sendiri meliputi:

1. Kesadaran Diri (Self-awareness): Kemampuan untuk memahami kekuatan, kelemahan, emosi, dan nilai-nilai pribadi. Orang yang memiliki kesadaran diri tinggi dapat mengevaluasi dirinya secara objektif dan membuat keputusan yang lebih baik.

2. Pengaturan Diri (Self-regulation): Kemampuan untuk mengontrol emosi dan perilaku dalam berbagai situasi. Ini berarti mampu tetap tenang di bawah tekanan, tidak bertindak impulsif, serta memiliki disiplin diri yang kuat.

3. Motivasi Diri (Self-motivation): Kemampuan untuk memotivasi diri sendiri tanpa bergantung pada dorongan dari luar. Orang dengan motivasi diri tinggi cenderung memiliki semangat untuk mencapai tujuan pribadi, meskipun menghadapi tantangan atau kegagalan.

4. Penetapan Tujuan (Goal-setting): Kemampuan untuk menetapkan tujuan yang jelas, realistis, dan terukur. Kepemimpinan diri melibatkan kemampuan untuk merencanakan langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut.

5. Tanggung Jawab Pribadi (Personal Accountability): Mengambil tanggung jawab penuh atas keputusan, tindakan, dan hasil hidup. Orang dengan kepemimpinan diri yang baik tidak menyalahkan orang lain atas kegagalan atau kesulitan yang dihadapi, melainkan mencari solusi dan belajar dari kesalahan.

Kepemimpinan diri sangat penting untuk kesuksesan pribadi maupun profesional, karena dengan memimpin diri sendiri, seseorang bisa lebih produktif, lebih percaya diri, dan mampu mengatasi tantangan dengan lebih efektif.

KORUPSI SEBAGAI PERMASALAHAN MORAL

Korupsi merupakan permasalahan moral yang melibatkan penyalahgunaan kekuasaan atau wewenang untuk keuntungan pribadi atau kelompok tertentu, sering kali dengan melanggar hukum dan etika. Secara moral, korupsi dianggap salah karena merusak nilai-nilai dasar kejujuran, keadilan, dan tanggung jawab sosial. Tindakan korupsi tidak hanya mencederai integritas individu yang terlibat, tetapi juga berdampak negatif terhadap masyarakat secara luas.

Korupsi sering kali muncul karena lemahnya pengendalian diri individu. Ketika seseorang tidak dapat mengendalikan hawa nafsu, mereka cenderung untuk melakukan tindakan yang merugikan masyarakat demi keuntungan pribadi. Kebatinan Ki Ageng Suryomentaram memberikan cara untuk membangun moralitas yang kuat, yang pada gilirannya dapat mencegah tindakan koruptif.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa korupsi dipandang sebagai masalah moral:

1. Pelanggaran Etika dan Kepercayaan: Korupsi melanggar prinsip kepercayaan yang diberikan kepada individu yang memiliki kekuasaan atau tanggung jawab. Seorang pejabat publik, misalnya, dipercayakan untuk melayani kepentingan umum, namun ketika ia korup, ia memprioritaskan keuntungan pribadi di atas kepentingan rakyat. Ini adalah bentuk pengkhianatan terhadap tanggung jawab moral.

2. Ketidakadilan Sosial: Korupsi menciptakan ketidakadilan dengan memperkaya sebagian kecil orang yang korup dan merugikan masyarakat yang lebih luas, terutama kelompok rentan. Sumber daya yang seharusnya digunakan untuk kepentingan publik dialihkan untuk keuntungan pribadi, sehingga menghambat pembangunan dan memperdalam kesenjangan sosial.

3. Merusak Tatanan Sosial dan Norma Moral: Korupsi secara perlahan merusak norma-norma moral dalam masyarakat. Ketika korupsi menjadi hal yang umum dan diterima, standar moral masyarakat menurun, dan tindakan yang tidak etis menjadi normal. Ini mengakibatkan hilangnya rasa keadilan dan integritas di berbagai lapisan masyarakat.

4. Menghambat Kesejahteraan Bersama: Korupsi menghambat distribusi sumber daya yang adil dan efisien, yang seharusnya digunakan untuk kesejahteraan bersama, seperti kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur. Karena dana dialihkan ke tangan yang tidak bertanggung jawab, masyarakat luas menderita akibat kurangnya layanan publik yang berkualitas.

5. Memupuk Budaya Toleransi terhadap Perilaku Tidak Etis: Ketika korupsi tidak diberantas, ia menciptakan budaya di mana perilaku tidak etis dianggap hal biasa dan diterima. Ini bisa berdampak panjang pada generasi berikutnya, yang tumbuh dengan pemahaman bahwa praktik korupsi adalah bagian dari sistem yang tidak dapat diubah.

Sebagai permasalahan moral, korupsi menuntut respons yang tidak hanya berupa penegakan hukum, tetapi juga upaya perbaikan moral dan pendidikan etika di masyarakat. Penting untuk membangun budaya yang menempatkan integritas, kejujuran, dan akuntabilitas sebagai nilai-nilai dasar yang dianut oleh semua individu dan institusi.

WHY

KONSEP DASAR KEBATINAN YANG DIAJARKAN KI AGENG SURYOMENTARAM

  • Pangawikan Kawruh Jiwa

Ki Ageng Suryomentaram mencetuskan istilah pangawikan kawruh jiwa, yang berarti pengetahuan tentang jiwa atau kejiwaan. Dalam ajarannya, setiap manusia perlu memahami dirinya sendiri secara mendalam, baik dari sisi pikiran, emosi, maupun nafsu. Pengetahuan tentang jiwa ini dianggap penting agar seseorang bisa mengenali sumber kegelisahan atau penderitaan dalam hidup, serta menemukan cara untuk mengatasi hal-hal tersebut.

  • Pawongan, Panunggalan, dan Sambungan

Ki Ageng Suryomentaram mengenalkan tiga konsep pokok, yaitu pawongan, panunggalan, dan sambungan:

Pawongan merujuk pada manusia sebagai makhluk individu yang memiliki identitas dan kepribadian unik.

Panunggalan adalah konsep tentang kesatuan atau harmoni dengan diri sendiri, orang lain, dan alam semesta. Dengan mencapai panunggalan, seseorang diharapkan bisa hidup dalam keadaan damai dan selaras dengan lingkungannya.

Sambungan menggambarkan hubungan yang saling terkait antara manusia dengan lingkungannya. Ini mengajarkan pentingnya menjaga hubungan yang baik dan harmonis dengan sesama manusia, serta makhluk lain di alam semesta.

  • Konsep Kawruh Jiwa Tentrem

Kebahagiaan atau ketenteraman batin adalah salah satu tujuan utama dari ajaran Ki Ageng Suryomentaram. Kawruh Jiwa Tentrem berarti pengetahuan tentang bagaimana mencapai ketenteraman batin. 

Menurutnya, kebahagiaan sejati tidak bergantung pada hal-hal material atau keadaan luar, melainkan datang dari dalam diri ketika seseorang mampu melepaskan diri dari keinginan berlebihan, rasa iri, kebencian, dan emosi negatif lainnya. Dengan demikian, ketenteraman batin dapat dicapai melalui pengendalian diri, introspeksi, dan pemahaman mendalam tentang kebutuhan jiwa.

  • Mekanisme Rasa

Ki Ageng Suryomentaram juga mengajarkan tentang pentingnya memahami rasa atau perasaan dalam kehidupan sehari-hari. Menurutnya, rasa merupakan alat utama bagi manusia untuk mengevaluasi kondisi batin dan emosionalnya. Dengan memahami perasaan atau emosi yang muncul, seseorang bisa mengenali akar dari permasalahan yang dihadapinya, serta belajar untuk melepaskan emosi negatif dan berusaha mencapai kedamaian batin.

  • Prinsip Kecukupan (Nrimo)

Dalam kebatinan Ki Ageng Suryomentaram, prinsip nrimo atau menerima merupakan salah satu kunci utama kebahagiaan. Nrimo di sini bukan berarti pasrah secara pasif, tetapi lebih kepada sikap menerima kenyataan hidup tanpa keinginan yang berlebihan atau rasa tidak puas. Seseorang yang mampu hidup dengan sikap nrimo akan lebih mudah menemukan kedamaian dan kebahagiaan, karena ia tidak terjebak dalam nafsu yang tiada habisnya.

  • Nafsu Angkara dan Kedamaian Jiwa

Ki Ageng Suryomentaram juga menekankan perlunya mengendalikan nafsu angkara murka yang bisa membawa seseorang pada konflik dan penderitaan. Dengan mengenali dan mengendalikan dorongan-dorongan egois yang ada dalam diri, seseorang dapat mencapai kedamaian batin. Ajarannya ini mengajarkan manusia untuk tidak diperbudak oleh ambisi atau keinginan duniawi yang berlebihan.

Secara keseluruhan, ajaran kebatinan Ki Ageng Suryomentaram berfokus pada pencarian kebahagiaan melalui introspeksi, pengendalian diri, dan pemahaman yang mendalam tentang kehidupan batin manusia. Melalui keseimbangan antara kebutuhan materi dan spiritual, ia mengajarkan bagaimana manusia bisa hidup damai, bebas dari penderitaan, serta mencapai kebahagiaan sejati yang bersumber dari dalam diri.

KORELASI ANTARA AJARAN KI AGENG DENGAN TRANSAPARANSI DAN AKUNTABILITAS

Ajaran Ki Ageng yang mengutamakan kesederhanaan, kejujuran, dan pengendalian diri sangat relevan dalam membangun budaya transparansi dan akuntabilitas dalam pemerintahan maupun organisasi. Dengan menanamkan prinsip-prinsip kebatinan dalam kehidupan sehari-hari, individu akan lebih mampu menghindari godaan untuk menyalahgunakan kekuasaan atau sumber daya yang dimilikinya. 

Korupsi sering terjadi karena adanya penyalahgunaan wewenang dan ketidakmampuan untuk mempertanggungjawabkan tindakan. Ajaran Ki Ageng Suryomentaram yang menekankan pada kejujuran dan kesederhanaan menjadi landasan penting dalam menciptakan kepemimpinan yang bersih dan bertanggung jawab.

Berikut adalah korelasi antara ajaran Ki Ageng Suryomentaram dengan transparansi dan akuntabilitas:

  • Pengendalian Diri dan Transparansi

Ajaran Ki Ageng Suryomentaram tentang pengendalian diri mengajarkan bahwa individu harus mampu mengendalikan nafsu, ego, dan dorongan yang bisa menyebabkan perilaku yang tidak etis, seperti keinginan untuk mengambil keuntungan pribadi atau menyalahgunakan kekuasaan. Dalam konteks transparansi, ajaran ini relevan karena seseorang yang memiliki pengendalian diri yang baik cenderung lebih jujur dan terbuka dalam tindakannya. 

Transparansi mengharuskan seseorang atau institusi untuk bersikap jujur dan terbuka dalam setiap keputusan dan tindakan, termasuk dalam hal pengelolaan sumber daya dan informasi. Pengendalian diri yang baik membantu individu atau pemimpin menghindari perilaku yang merusak kepercayaan publik, seperti korupsi atau manipulasi informasi, yang sangat bertentangan dengan prinsip transparansi.

  • Kesadaran Diri dan Akuntabilitas

Ki Ageng Suryomentaram menekankan pentingnya kesadaran diri atau introspeksi dalam mengenali pikiran, perasaan, dan tindakan seseorang. Dalam ajarannya, seseorang diharapkan bisa menyadari dampak dari tindakannya terhadap dirinya sendiri maupun orang lain, serta bertanggung jawab atas konsekuensi dari tindakan tersebut.

Ini sangat relevan dengan akuntabilitas, yaitu prinsip bahwa seseorang harus bertanggung jawab atas keputusan dan tindakannya, terutama jika menyangkut kepentingan publik. Seorang pemimpin atau pengelola yang memiliki kesadaran diri tinggi akan lebih mampu bertindak secara etis, karena ia memahami tanggung jawab moral yang melekat pada posisinya. Ia tidak akan mencari alasan atau menyalahkan orang lain ketika terjadi kesalahan, melainkan berani menghadapi konsekuensi dan memperbaiki tindakan.

  • Nrimo dan Pengelolaan yang Adil

Prinsip nrimo dalam ajaran Ki Ageng Suryomentaram mengajarkan sikap menerima kenyataan dengan ikhlas dan tidak berambisi berlebihan untuk hal-hal materi. Dalam konteks transparansi dan akuntabilitas, prinsip ini menciptakan kesadaran bahwa seseorang harus bersikap adil dan bertanggung jawab dalam mengelola sumber daya, serta tidak menggunakan posisi atau wewenangnya untuk kepentingan pribadi yang serakah.

Pemimpin yang mengamalkan prinsip nrimo akan lebih cenderung transparan dalam pengelolaan sumber daya dan menghindari penyalahgunaan kekuasaan. Mereka juga akan lebih bertanggung jawab dalam memastikan bahwa semua pihak mendapatkan hak yang adil, karena mereka memahami pentingnya keadilan dan ketenteraman dalam pengelolaan publik.

  • Pawongan dan Tanggung Jawab Sosial

Konsep pawongan dari Ki Ageng Suryomentaram menekankan pentingnya hubungan yang harmonis antara individu dan komunitas. Ini terkait erat dengan transparansi dan akuntabilitas dalam konteks sosial. Setiap individu yang memegang kekuasaan atau tanggung jawab publik harus menyadari bahwa tindakan mereka mempengaruhi orang lain dan komunitasnya secara keseluruhan. Prinsip pawongan menekankan pentingnya menjaga kepercayaan dan hubungan baik dengan orang lain melalui sikap terbuka (transparan) dan bertanggung jawab (akuntabel).

Dalam konteks ini, transparansi dan akuntabilitas berperan penting untuk membangun kepercayaan dalam masyarakat. Seorang pemimpin atau pejabat yang transparan dalam keputusannya dan akuntabel atas tindakannya akan menjaga hubungan baik dengan masyarakat dan menciptakan rasa keadilan, yang pada akhirnya memperkuat keharmonisan sosial.

  • Mengatasi Nafsu Angkara dan Perilaku Etis

Ki Ageng Suryomentaram mengajarkan tentang pentingnya mengendalikan nafsu angkara murka yang dapat merusak moral dan etika seseorang. Dalam konteks transparansi dan akuntabilitas, pengendalian nafsu ini sangat penting untuk mencegah tindakan yang tidak etis, seperti korupsi, manipulasi, atau penyalahgunaan kekuasaan. 

Orang yang berhasil mengatasi nafsu angkara murka cenderung lebih jujur dan terbuka, serta bertanggung jawab dalam setiap tindakannya, yang sejalan dengan prinsip transparansi dan akuntabilitas.

HOW

Filosofi "Mencari Manusia" dan "Mencari Kebahagiaan"

Ki Ageng mengajarkan dua konsep utama dalam pencapaian kebahagiaan dan kedamaian batin, yaitu "Mencari Manusia" dan "Mencari Kebahagiaan".

1. Mencari Manusia

Filosofi "mencari manusia" lebih berfokus pada upaya untuk mengenali dan memahami hakikat manusia itu sendiri, baik dalam konteks individu maupun dalam interaksi sosial. Secara lebih mendalam, ini berhubungan dengan pencarian pemahaman tentang esensi diri dan peran kita dalam kehidupan.

Beberapa aspek yang terkait dengan filosofi "mencari manusia" adalah:

Pencarian tentang Diri Sendiri (Self-awareness): Mencari manusia berarti mencari pemahaman lebih dalam tentang siapa kita sebenarnya, termasuk potensi, kelemahan, dan nilai-nilai yang kita pegang. Filosofi ini mendorong seseorang untuk mengenal dirinya lebih baik melalui refleksi, introspeksi, dan kesadaran diri.

Manusia Sebagai Makhluk Sosial: Dalam konteks sosial, mencari manusia juga berarti memahami hubungan kita dengan orang lain, bagaimana kita berinteraksi, dan bagaimana kita dapat berkontribusi pada kebaikan bersama. Ini melibatkan pengembangan empati, kejujuran, dan rasa tanggung jawab sosial.

Mencapai Kemanusiaan Sejati: Mencari manusia juga berarti mencapai "kemanusiaan sejati" kita, yaitu menjadi individu yang sepenuhnya sadar dan bertanggung jawab, yang tidak hanya berfokus pada kepentingan pribadi, tetapi juga pada kebaikan umat manusia secara keseluruhan. Ini berhubungan dengan mencari makna hidup dan memberikan arti yang lebih besar dari sekadar eksistensi fisik.

2. Mencari Kebahagiaan

Filosofi "mencari kebahagiaan" berhubungan dengan pencarian kesejahteraan emosional dan spiritual, serta pencapaian kedamaian batin. Kebahagiaan ini tidak hanya diukur dari pencapaian materi atau kenikmatan sementara, tetapi juga dari keadaan batin yang seimbang dan damai.

Aspek yang terkait dengan filosofi "mencari kebahagiaan" adalah:

Kebahagiaan Sejati dan Batin: Kebahagiaan sejati menurut filosofi ini bukan hanya didapat dari pemenuhan kebutuhan fisik atau materi, tetapi dari kedamaian batin yang berasal dari keseimbangan antara tubuh, pikiran, dan jiwa. Ini termasuk ketenangan, kepuasan, dan rasa syukur atas kehidupan.

Mengatasi Keinginan dan Penderitaan: Banyak ajaran spiritual, termasuk dalam filsafat Timur seperti Buddhisme, mengajarkan bahwa kebahagiaan sejati datang ketika kita bisa melepaskan diri dari keinginan yang tak terbatas dan penderitaan yang muncul akibat ketidakseimbangan batin. Pencarian kebahagiaan ini berfokus pada melepaskan keterikatan pada materi dan memahami bahwa kebahagiaan sejati berasal dari dalam.

Menghargai Momen dan Kehidupan Sederhana: Filosofi mencari kebahagiaan juga melibatkan kesadaran untuk menikmati momen kehidupan sehari-hari, merasakan kebahagiaan dalam kesederhanaan, dan menghargai apa yang kita miliki saat ini. Hal ini bisa mencakup kesenangan dalam hubungan yang sehat, prestasi pribadi, dan rasa syukur.

Kebahagiaan Melalui Tindakan Positif: Kebahagiaan sering ditemukan melalui tindakan positif seperti memberi, membantu orang lain, atau mengembangkan diri. Banyak filosofi mengajarkan bahwa kebahagiaan tidak hanya diperoleh dengan menerima, tetapi juga dengan memberi dan berkontribusi pada kesejahteraan orang lain.

Korelasi antara Mencari Manusia dan Mencari Kebahagiaan

Kedua filosofi ini saling terkait, karena pencarian akan makna hidup (mencari manusia) sering kali menjadi dasar untuk mencapai kebahagiaan sejati. Dengan mengenali diri kita lebih dalam dan memahami siapa kita sebagai manusia, kita bisa hidup dengan lebih bermakna dan dengan tujuan yang jelas. 

Sebaliknya, pencarian kebahagiaan sejati akan memperdalam pemahaman kita tentang manusia, karena kebahagiaan tidak hanya datang dari pemenuhan ego atau kepuasan pribadi, tetapi juga dari pemahaman dan penerimaan terhadap diri sendiri dan orang lain.

Kesadaran Diri dan Kebahagiaan: Proses mencari manusia akan membantu seseorang menemukan kebahagiaan yang lebih otentik dan mendalam. Misalnya, ketika seseorang memahami bahwa kebahagiaan sejati datang dari dalam diri, ia dapat melepaskan harapan-harapan eksternal yang tidak realistis dan lebih fokus pada pengelolaan emosi dan pikiran.

Mencapai Harmoni: Dalam pencarian manusia, kita belajar untuk hidup dalam harmoni dengan diri sendiri, orang lain, dan alam semesta, yang secara langsung berhubungan dengan pencapaian kebahagiaan. Ketika kita hidup sesuai dengan nilai-nilai kemanusiaan yang sejati, kebahagiaan akan mengikuti sebagai hasil dari hidup yang penuh makna dan harmoni.

Kaitan antara Kebatinan dengan Perilaku Moral dan Etika dalam Masyarakat

Kebatinan yang diajarkan oleh Ki Ageng sangat berkaitan erat dengan perilaku moral dan etika dalam masyarakat. Mengendalikan batin untuk tidak terjerumus pada godaan duniawi yang bersifat sementara merupakan langkah awal dalam membangun etika yang baik. Dalam masyarakat yang terjebak dalam praktik korupsi, ajaran kebatinan Ki Ageng menjadi pedoman penting untuk kembali pada jalan yang benar, dengan menumbuhkan kesadaran akan pentingnya integritas dan kejujuran dalam setiap tindakan.

Berikut adalah beberapa cara kebatinan berhubungan dengan perilaku moral dan etika dalam masyarakat:

1. Kesadaran Diri dan Pengendalian Diri

Salah satu ajaran utama dalam kebatinan adalah pentingnya kesadaran diri (self-awareness) dan pengendalian diri. Ketika seseorang mampu mengenali perasaan, niat, dan motivasinya dengan jujur, ia dapat lebih mudah menghindari perilaku yang tidak etis atau tidak bermoral, seperti iri, marah, atau tamak. 

Kebatinan mengajarkan pengelolaan emosi dan pikiran agar tidak bertindak berdasarkan impuls negatif yang merusak hubungan sosial atau nilai-nilai moral.

Contohnya, dalam ajaran kebatinan, seseorang diharapkan untuk dapat mengendalikan amarah atau nafsu pribadi yang bisa menyebabkan tindakan merugikan orang lain, seperti mencuri, berbohong, atau melakukan penindasan. Kesadaran batin ini juga memungkinkan seseorang untuk bertindak dengan empati, hormat, dan kasih sayang, yang merupakan pilar utama perilaku moral dalam masyarakat.

2. Tujuan Hidup yang Lebih Tinggi dan Tanggung Jawab Sosial

Kebatinan sering kali mengajarkan seseorang untuk mencari tujuan hidup yang lebih tinggi dan berhubungan dengan nilai-nilai universal seperti kebenaran, kebaikan, dan keadilan. Dengan berfokus pada tujuan yang lebih luhur, individu dapat mengatasi godaan untuk melakukan tindakan yang hanya menguntungkan diri sendiri, melainkan berusaha bertindak demi kebaikan bersama.

Sebagai contoh, seseorang yang memiliki pandangan kebatinan yang dalam akan lebih cenderung untuk mengedepankan nilai-nilai keadilan dan kebenaran, serta lebih berhati-hati dalam mengambil keputusan yang dapat memengaruhi orang lain. Dalam konteks masyarakat, perilaku seperti ini penting untuk menciptakan sistem sosial yang etis, adil, dan penuh integritas.

3. Harmoni dengan Alam dan Masyarakat

Banyak ajaran kebatinan menekankan pentingnya harmoni antara manusia dengan alam dan sesama. Ketika seseorang menyadari hubungannya yang tak terpisahkan dengan orang lain dan dunia sekitar, ia akan lebih bertanggung jawab dalam bertindak. Kebatinan mengajarkan bahwa hidup dalam harmoni dengan alam dan sesama adalah bagian dari perilaku moral yang baik.

Misalnya, dalam banyak tradisi kebatinan, ada penekanan pada pentingnya menjaga keseimbangan alam dan tidak merusak lingkungan, yang merupakan tindakan yang etis dan moral. Di sisi lain, kebatinan juga mengajarkan bahwa hubungan antar manusia harus didasarkan pada rasa saling menghormati dan kasih sayang, yang mendorong perilaku sosial yang positif dan etis.

4. Niat dan Tindakan: Kejujuran dan Ketulusan

Kebatinan mengajarkan bahwa niat adalah aspek yang sangat penting dalam menentukan apakah suatu tindakan itu baik atau buruk. Dalam konteks ini, perilaku moral dan etika sangat dipengaruhi oleh niat di balik tindakan seseorang. Seorang individu yang mengembangkan kebatinan yang kuat akan bertindak dengan niat yang tulus dan jujur, tanpa ada kepentingan tersembunyi atau motif egois.

Contoh konkret dari hal ini adalah dalam praktik berbuat baik atau memberi bantuan kepada orang lain. Seseorang yang memiliki kebatinan yang tinggi tidak akan melakukannya hanya untuk mendapatkan pujian atau pengakuan sosial, melainkan karena niat yang tulus untuk membantu dan berbuat baik. Ini menciptakan sebuah budaya sosial yang lebih etis, di mana tindakan baik dilakukan untuk kepentingan orang lain, bukan untuk keuntungan pribadi.

5. Keseimbangan antara Keinginan dan Kewajiban

Dalam kebatinan, sering diajarkan tentang pentingnya menjaga keseimbangan antara keinginan pribadi dan kewajiban terhadap orang lain dan masyarakat. Seorang individu yang memiliki kedalaman kebatinan akan mampu memprioritaskan tanggung jawab sosial dan kewajiban moralnya di atas kepentingan pribadi, yang pada gilirannya akan menghasilkan perilaku etis dalam kehidupan sehari-hari.

6. Kedamaian Batin dan Perdamaian Sosial

Salah satu tujuan utama dalam kebatinan adalah mencapai kedamaian batin, yang dapat mengarah pada perdamaian sosial. Seseorang yang memiliki kedamaian dalam dirinya akan lebih mudah untuk bertindak dengan penuh kasih sayang, pengertian, dan toleransi terhadap orang lain, yang merupakan dasar dari perilaku moral dan etika dalam masyarakat. 

Ketika individu-individu dalam masyarakat memiliki kedamaian batin, konflik sosial dapat diminimalkan, dan masyarakat menjadi lebih harmonis.

Aplikasi Enam SA dalam Mencegah Korupsi

Setiap prinsip dalam ajaran Enam SA berfungsi sebagai penyeimbang dalam kehidupan yang bisa membantu mencegah tindakan koruptif. Prinsip ini mengajarkan kesederhanaan dan pengendalian diri yang mutlak diperlukan untuk menghindari perilaku yang dapat merusak integritas.

Implementasi Ajaran Enam SA dalam Kepemimpinan

Ajaran Enam SA mengajarkan prinsip-prinsip dasar yang dapat diterapkan dalam konteks kepemimpinan diri. Dengan menerapkan prinsip-prinsip ini, seorang pemimpin dapat menjaga integritas dan kesederhanaan, serta menjauhkan diri dari godaan korupsi. Kepemimpinan yang baik bukan hanya tentang kemampuan teknis, tetapi juga kemampuan untuk mengendalikan batin dan bertindak dengan benar.

1. Sawang (Melihat)

Sawang mengajarkan seorang pemimpin untuk memiliki kemampuan untuk melihat atau memahami keadaan dengan jelas, baik secara fisik maupun batin. Pemimpin yang baik harus memiliki wawasan yang luas dan kemampuan untuk melihat masalah dari berbagai sudut pandang.

Implementasi dalam kepemimpinan:

Seorang pemimpin harus memiliki kemampuan untuk menganalisis situasi dengan jernih, memahami permasalahan secara mendalam, dan mengetahui kondisi orang-orang yang dipimpinnya.

2. Sinawang (Menyaksikan)

Sinawang mengajarkan kemampuan untuk menyaksikan atau melihat dengan mata hati dan batin. Pemimpin tidak hanya menggunakan penglihatan fisik untuk menilai sesuatu, tetapi juga intuisi dan pemahaman yang lebih dalam mengenai situasi yang ada.

Implementasi dalam kepemimpinan:

Pemimpin harus mampu melihat lebih dari apa yang tampak di permukaan dan dapat mendeteksi masalah yang tersembunyi, seperti perasaan atau ketidakpuasan dalam tim.

3. Tanggap (Respon)

Ajaran Tanggap mengajarkan pemimpin untuk memiliki respon yang tepat dan cepat terhadap setiap situasi atau permasalahan yang muncul. Seorang pemimpin harus mampu memberikan jawaban atau solusi yang bijaksana dan proporsional.

Implementasi dalam kepemimpinan:

Pemimpin yang tanggap akan memberikan respons yang sesuai dengan keadaan, tidak terburu-buru atau mengambil keputusan yang emosional.

4. Suwun (Meminta Maaf)

Suwun mengajarkan pemimpin untuk memiliki kerendahan hati dan kemampuan untuk meminta maaf ketika melakukan kesalahan. Pemimpin yang mampu mengakui kekurangan dan kesalahan akan lebih dihormati dan dipercaya oleh bawahannya.

Implementasi dalam kepemimpinan:

Pemimpin yang mengamalkan ajaran suwun tidak akan ragu untuk meminta maaf kepada anggota tim jika melakukan kesalahan atau keputusan yang merugikan.

5. Sabar (Kesabaran)

Sabar mengajarkan seorang pemimpin untuk memiliki kesabaran dalam menghadapi segala tantangan dan permasalahan. Kepemimpinan yang sabar tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan dan selalu tenang dalam menghadapi kesulitan.

Implementasi dalam kepemimpinan:

Pemimpin yang sabar akan lebih mampu untuk mengendalikan diri, tidak cepat marah atau panik dalam situasi yang penuh tekanan.

6. Tepa Selira (Empati)

Tepa Selira mengajarkan pemimpin untuk memiliki empati, yaitu kemampuan untuk memahami perasaan orang lain dan bertindak dengan bijaksana berdasarkan pemahaman tersebut. Seorang pemimpin harus bisa merasakan apa yang dirasakan oleh bawahannya.

Implementasi dalam kepemimpinan:

Pemimpin yang mengamalkan ajaran tepa selira akan memperhatikan kesejahteraan emosional dan mental anggota timnya.

Penerapan Ajaran Enam SA dalam Kehidupan Sehari-Hari

Penerapan ajaran Enam SA dalam kehidupan sehari-hari bisa dimulai dengan mempraktikkan prinsip-prinsip seperti kesederhanaan dalam cara hidup, ketulusan dalam setiap tindakan, dan keberanian untuk berbuat sesuai dengan kebenaran. Pemimpin yang mengamalkan ajaran ini akan mampu menciptakan lingkungan yang transparan, jujur, dan jauh dari praktik korupsi.

Aplikasi Konkret Ajaran Enam SA dalam Sistem Pemerintahan dan Organisasi

Ajaran Enam SA dapat diterapkan dalam berbagai sektor, terutama dalam pemerintahan dan organisasi, untuk mencegah korupsi. Dalam pemerintahan, prinsip-prinsip ini dapat mendorong kebijakan yang lebih transparan dan akuntabel, di mana para pemimpin dan pejabat publik tidak hanya berorientasi pada kepentingan pribadi atau kelompok, tetapi juga pada kesejahteraan rakyat.

 Penerapan prinsip "Sa-butuhne" (sebutuhnya) dapat mengurangi kecenderungan pejabat untuk mengambil keuntungan lebih dari yang seharusnya, sedangkan "Sa-perlune" (seperlunya) mengingatkan untuk tidak menggunakan anggaran secara berlebihan atau tidak sesuai kebutuhan.

Dalam organisasi, prinsip "Sa-cukupe" (secukupnya) dapat mengajarkan anggota organisasi untuk tidak serakah dan memprioritaskan efisiensi, bukan pemborosan. Selain itu, prinsip "Sa-benere" (sebenarnya) mengajarkan bahwa setiap keputusan dan tindakan yang diambil haruslah berdasarkan pada kebenaran dan keadilan, bukan pada keuntungan pribadi yang merugikan orang lain.

 Ajaran ini sangat mendukung terciptanya budaya kerja yang jujur dan terbuka, yang pada gilirannya mencegah praktik korupsi.

Penerapan prinsip "Sa-mesthine" (semestinya) dalam konteks organisasi berarti setiap individu melakukan apa yang menjadi tanggung jawabnya dengan baik dan sesuai prosedur yang ada. Prinsip "Sak-penake" (seenaknya) di sini berarti melakukan segala hal dengan cara yang tidak merugikan orang lain, menjaga hubungan baik antara individu dan menjaga keharmonisan dalam organisasi atau institusi.

DAFTAR PUSTAKA

  • Suryomentaram, Ki Ageng. Ajaran Kebatinan Ki Ageng Suryomentaram. Yogyakarta: Pustaka Ilmu, 2002.
  • Hadi, S. "Kebatinan Jawa dan Ajaran Ki Ageng Suryomentaram: Pengaruhnya terhadap Etika Kepemimpinan." Jurnal Kebatinan dan Budaya Jawa, vol. 10, no. 2, 2015, pp. 101-118.
  • Wibowo, A. "Korupsi dalam Perspektif Moralitas dan Kebatinan: Perspektif Ajaran Ki Ageng Suryomentaram." Jurnal Etika dan Kepemimpinan, vol. 5, no. 3, 2018, pp. 45-60.
  • Nugroho, R. "Prinsip-Prinsip Pengendalian Diri dalam Ajaran Ki Ageng Suryomentaram dan Implikasinya terhadap Pencegahan Korupsi." Disertasi, Universitas Gadjah Mada, 2017.
  • Rahardjo, M. (2018). "Kebatinan dan Etika Kepemimpinan: Pandangan Ki Ageng Suryomentaram." Jurnal Filsafat, 7(2), 58-72.
  • Prasetyo, D. A. (2020). "Ajaran Ki Ageng Suryomentaram dalam Konteks Modernisasi Kepemimpinan." Jurnal Kepemimpinan, 15(1), 45-60.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
  13. 13
  14. 14
  15. 15
  16. 16
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun