Apakah anda mengenal Amazon ? Sebuah online shop terbesar yang ada saat ini. Pada awal berdirinya Amazon di pertengahan tahun 1990an, Amazon.com hanyalah sebuah online shop yang fokus pada penjualan buku. Seperti buku-buku terbitan Prentice Hall, Mc-Graw Hill dan beberapa penerbit lainnya. Namun, coba anda sekarang masuk ke dalam sites Amazon.com, anda akan menemukan berbagai macam produk, mulai dari yang terkecil seperti kertas ataupun pulpen, sampai produk terbesar, seperti genset bahkan traktor pun ada di Amazon. Kalo mengambil semboyan salah satu iklan yang ada di televisi, maka bisa dipastikan slogan Amazon adalah “Semua Ada Di Sini”. Anda hanya tinggal duduk di depan komputer, maka anda bisa mencari produk apapun yang anda inginkan, hanya dari sebuah website Amazon.
Perkembangan yang cukup cepat, bagi sebuah toko buku. Coba anda banyangkan, jika Amazon, membuka toko tersebut secara “fisik”. Berapa meter persegi bahkan berapa hektar yang harus disiapkan untuk menampung semua produk-produk Amazon tersebut. Belum lagi masalah gedung, penataan bahkan pengurusan pegawai. Tentu bukan hal yang mudah. Namun Amazon, hanya fokus pada sebuah website. Fokus pada online. Sebuah konsep yang mungkin, belum pernah dibayangkan sebelumnya.
Menengok perkembangan website dan dunia internet saat ini, pertumbuhan maupun penambahan website sudah sangat pesat. Belum lagi pertumbuhan pengguna internet yang sangat tinggi. Bisa dikatakan, sejelek-jeleknya kondisi ekonomi di dunia, maka pertumbuhan e-commerce bisa mencapai sekitar 25 %. Bahkan menurut salah sebuah website, pertumbuhan perusahaan kecil seperti UKM (Usaha Kecil Menengah) yang mulai memasuki dunia online, sudah mencapai hampir 81% pertahun. Sebuah angka yang sangat tinggi, bagi pertumbuhan dunia usaha.
Pertanyaannya, mengapa sekarang beberapa perusahaan, seperti berlomba-lomba untuk bisa memasuki dunia online ? Kalo ada perusahaan yang ingin Go Internasional, maka kalo ini bisa dikatakan perusahaan ini ingin Go Online. Ada beberapa alasan, yang bisa menjadi dasar, mengapa perusahaan saat ini harus bisa berkecimpun di dalam dunia online.
Ekonomi Baru
Secara tidak sadar, Internet telah membuat sebuah sistem perekonomian yang baru. Dimana penjual dan pemberi tidak bertemu langsung secara fisik, namun bertemu dalam dunia maya tanpa melakukan kontak fisik secara langsung. Perusahaan seperti Amazon diatas, maupun E-bay, telah menjadi perusahaan yang mendominasi konsep online tersebut. Dimana beberapa tahun yang lalu, konsep tradisionalah yang masih merajai. Anda tidak perlu memiliki perusahaan sebesar Amazon dulu baru masuk ke dalam dunia online. Namun dengan perusaaan kecil maupun menengah, anda sudah bisa mulai dapat masuk ke dalam dunia online.
Internet adalah sebuah nilai sempuran bagi dunia bisnis
Menurut situs computerstats.com, mengatakan bahwa hampir 76,8 % penduduk dunia, sudah terkoneksi ke dalam dunia maya / internet. Sebuah pangsa pasar yang sangat besar. Anda hanya memiliki website, berarti anda memiliki pangsa pasar sebanyak 76,8% penduduk dunia. Dalam kata lain, anda dapat menjual produk anda ke seluruh dunia, hanya dengan menceburkan diri ke dalam dunia internet.
Imej Perusahaan
Sudah bukan hal baru lagi, apabila sebuah perusahaan memiliki website yang menarik bahkan mampu menarik banyak pengunjung, maka secara tidak langsung imej dari perusahaan tersebut akan naik. Karena dengan masuk ke dalam dunia online, berarti secara tidak langsung anda telah siap menuju perdagangan internasional.
Mampu memberikan pelayanan kepada konsumen dengan maksimal.
Dengan masuk ke dalam dunia online, maka anda dapat berkomunikasi dengan para konsumen dengan cepat dan maksimal.l Anda bisa berinteraksi melalui email, chatting, messenger, bahkan melalui situs pertemanan atau social network. Jika anda mampu mudah untuk berkomunikasi dengan konsumen, maka akan memberikan nilai lebih dari konsumen kepada anda.
Informasi yang Disampaikan kepada Konsumen menjadi lebih mudah.
Jaman saya kecil dahulu, kalau ingin mencari sesuatu informasi tentang sebuah produk ataupun perusahaan, maka hal yang saya lakukan adalah mencari buku “kuning”, yang berisikan daftar2 perusahaan yang ada. Namun dengan masuk ke dalam dunia online, maka konsumen tinggal masuk ke google kemudian mencari produk anda ataupun langsung menuju ke wesbsite yang dituju. Kemudian konsumen bisa membaca secara langsung mengenai informasi yang ada di perusahaan tersebut.
Biaya Rendah
Apa yang harus disiapkan oleh perusahaan apabila ingin masuk ke dunia online ? Hanyalah sebuah domain dan hosting, kemudian kita membuat website yang inginkan tentunya. Biaya tersebut sangatlah murah dibandingkan kita membuat sebuah toko secara fisik misalnya. Itu dari sisi sebuah web site, kemudia jika perusahaan tersebut menerapkan e-business dengan internet sebagai medianya, maka akan mampu menekan biaya sampai dengan 50 %.
Pelayanan dan Bisnis 24 Jam
Keuntungan terbesar dari sebuah bisnis yang masuk dalam dunia online adalah kemampuannya untuk selalu aktif dan buka selama 24 jam penuh. Online shop seperti amazon, tidak akan pernah tutup. Setiap konsumen dari manapun di dunia, dapat mengaksesnya selama 24 jam penuh.
Dapat diakses dari manapun di dunia
Dengan masuk ke dalam dunia online dengan memiliki website tentunya ataupun perusahaan yang menerapkan e-business, maka pengguna dapat melakukan aksesnya dari manapun dia berada. Bahkan kita dapat memanage toko online kita dan berkomunikasi dengan pelanggan kita sambil berliburan.
Mampu Melibatkan Konsumen secara massal dan cepat
Apa yang menyebabkan website seperti wikipedia dapat sukses dan menjadi salah satu website yang paling sering dikunjungi oleh pengguna internet di dunia ? Karena wikipedia mampu melibatkan semua pengguna internet di dunia untuk mengembangkan websitenya tersebut dengan mengisi konten-konten yang ada. Inilah salah satu contoh website yang mampu menerapkan mass colaboration dengan sangat baik.
Go Global
Bagaimana jika sebuah perusahaan atau sebuah toko ingin go Internasional ? Caranya gampang, hanya dengan memiliki sebuah website, maka perusahaan anda akan dikenal secara internasional. Terima kasih buat internet atas kesempatan ini, karena hanya dengan biaya yang sangat murah, maka kita sudah dapat melakukan go internasional.
Tidak ada perbedaan yang mencolok antara pengembangan bisnis secara offline maupun online. Semuanya sama. Sama-sama harus mengembangkan beberapa konsep dan perencanaan bisnis yang baik. Hanya saja biaya yang digunakan dalam mengembangkan online akan semakin murah dan mudah, mungkin hanya pemasaran di internet saja yang kemungkinan besar mampu meningkatkan biaya yang ada. Karena seperti disebutkan sebelumnya, hanya internet yang memiliki pangsa pasar sebesar ini.
So, anda siap untuk Online ?
Salam
Heru Wijayanto
Selengkapnya bisa dilihat di http://siheyu.info/apakah-perusahaan-anda-siap-go-online/
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H