Mohon tunggu...
Sigit Setyawan
Sigit Setyawan Mohon Tunggu... Lainnya - Keterangan Profil

Pembelajar.Pendidik.Penulis. Praktisi pendidikan. Trainer Metode Mengajar.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Kita Membiasakan Anak Tak Gemar Membaca?

25 Agustus 2016   08:02 Diperbarui: 25 Agustus 2016   08:56 625
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pengunjung membaca pada Hari Buku Nasional di perpustakaan kota yang dibangun di Taman Flora, Kota Surabaya, Minggu (17/5/2015). (KOMPAS/BAHANA PATRIA GUPTA)

Membaca postingan di media sosial tentang temuan UNESCO 2012, 1.000 dari anak Indonesia hanya 1 anak saja yang membaca buku dalam satu tahun, membuat saya terdiam lama. Pikiran saya melayang ke asisten rumah tangga yang dulu pernah bersama kami.

Begini ceritanya. Si Mbak yang membantu kami itu memiliki seorang putra berumur kira-kira 5 tahun. Putranya itu merengek-rengek minta dibelikan tab (handphone). Si Mbak bercerita bahwa dia kerja keras demi untuk membelikan sang putranya itu sebuah tab seharga Rp 900.000,- Pada akhirnya, beberapa minggu kemudian wajah cerianya itu menjelaskan kepada kami bahwa ia berhasil membelikan gadget itu untuk sang anak.

Benar, putranya itu asyik main gadget saat kami melihatnya. Akan tetapi, kemudian wajahnya kembali kusut saat ia bercerita harus membayar buku pelajaran seharga Rp 38.000,- "Mahal ya, Bu!" keluhnya kepada istri saya. Apalagi, saat ia tahu kami membelikan sebuah novel untuk anak kami. Ia bertanya, "Berapa harganya?" dan istri saya menjawab, "50 ribu," lalu dia merespon, "Wah, mahal sekali ya!"

Demikian potret realita kita. Banyak dari orang Indonesia rela berjuang demi gadget untuk dirinya sendiri atau untuk anak mereka. Namun, saat bertemu buku seharga 50 ribu saja, terasa sangat mahal.

Dok.pri
Dok.pri
Sekolah Telah Gagal?

Sebagai praktisi pendidikan, saya langsung memikirkan tentang peran institusi sekolah. Gerakan Literasi yang digagas oleh Menteri Pendidikan terdahulu, Anies Baswedan, sempat memberikan asa. Sebagai gerakan awal cukup untuk memberi rangsang, tetapi itu masih jauh panggang dari api. Kenyataannya gerakan yang telah dimulai itu belum mampu mendobrak kebiasan malas baca di kalangan siswa, bahkan di kalangan guru. Akan tetapi, bukan itu yang ingin saya fokuskan. Saya lebih cenderung mengira bahwa nyaris nihilnya minat baca temuan UNESCO itu mungkin karena beberapa sebab berikut ini.

1. TK mengajarkan Calistung

TK yang mengajarkan Calistung saya lirik sebagai salah satu unsur penyebab. Pertama, terlalu dini mengajarkan baca tulis dapat membuat anak merasa terpaksa menulis dan terpaksa membaca. Mereka yang masih ingin bermain air, berlarian ke sana ke mari, dan bersenang-senang dengan teman tiba-tiba dipaksa untuk duduk, menulis huruf, membaca, padahal motorik halusnya saja belum mampu membentuk garis lengkung. Oleh karena itu, saya mendukung Permendikbud No.137 Tahun 2014 tentang PAUD yang melarang Calistung diajarkan di TK. Dengan memaksa anak dapat membaca di TK, anak dapat merasakan tekanan, intimidasi, dan kelelahan membaca dan menulis. 

2. Salah Konsep Mengenai Keberaksaraan

Hal kedua yang saya llirik sebagai unsur penyebab lain adalah mengenai keberaksaraan. Banyak pendidik mengira bahwa keberaksaraan atau melek huruf hanyalah soal mampu membaca deretan huruf menjadi kata, frase, lalu kalimat, dan paragraf. Padahal, keberaksaraan seharusnya meliputi pemahaman bacaan. Maka, membaca dengan lantang dan lancar tetapi tidak mengerti apa maksud bacaan itu adalah keberaksaraan tingkat elementer saja. Oleh karena itu, jangan heran jika saat ini banyak guru mengeluh tentang banyaknya siswa yang tidak mampu memahami instruksi yang ditulis gurunya di soal tes.

3. Kurikulum Kita Berat Materi

Hal ketiga yang saya tatap sebagai unsur penyebab lain adalah sumber dari segala yang diajarkan di sekolah, yaitu kurikulum. Sebagai gambaran, saya pernah mengajar Bahasa Indonesia menggunakan kurikulum pemerintah New South Wales, Australia selama lebih dari 10 tahun, lalu saya mengajar Bahasa Indonesia menggunakan KTSP dan Kurikulum 2013. Perbandingannya begini: di Australia, pelajaran bahasa selama 2 tahun para siswa dituntut menguasai sekitar 15 Kompetensi Dasar dan waktu yang diberikan adalah 6 Jam Pelajaran per minggu. Sementara KTSP menuntut sekitar 35 Kompetensi Dasar dikuasi murid selama 1 tahun dengan waktu yang diberikan 4 Jam Pelajaran per minggu. Memang ada perubahan di Kurikulum 2013, tapi Kompetensi yang harus dikuasai masih terlalu banyak.

4. Sekolah Terjebak dan Terkungkung oleh Buku Teks Pelajaran

Hal keempat yang saya pelototi sebagai salah satu sebab yang sebenarnya merupakan akibat dari kurikulum dan kemampuan guru, yaitu bahwa pelajaran di kelas kita saat ini terkungkung oleh kehadiran Buku Teks. Proses belajar menjadi kaku, formal, dan normatif saja sifatnya. Bayangkan, begitu masuk kelas, anak-anak kita langsung diarahkan pikirannya pada Pelajaran Pertama atau Bab Pertama, seterusnya sampai Bab Terakhir dari Buku Teks. Guru takut melangkah keluar dari jebakan dan kungkungan buku teks.

Bukan hanya guru yang terjebak buku teks pelajaran. Para orangtua pun demikian. Saya sangat familiar dengan orang tua yang datang kepada guru dan menanyakan, "Kok, tidak ada buku teksnya, Pak? Anak belajar dari mana?"

Jelas sekali bahwa sebenarnya guru diarahkan pada mengajarkan Buku Teks, bukan mengajarkan Ilmu Pengetahuan, apalagi mengajarkan bagaimana cara berpikir. 

Nah, coba saja sekarang di sekolah dibebaskan dari buku teks. Guru tentu akan panik, bingung, atau marah karena harus bekerja keras mencari materi dan mengajak anak untuk berpetualang dalam ilmu pengetahuan dan pemikiran yang dirinya sendiri tidak kuasai. Jangan-jangan, memang kita sebenarnya enggan untuk perpetualang dalam dunia ilmu pengetahuan.

Rekomendasi

Izinkan saya untuk urun rembug di sini bagi para orangtua dan para guru. Untuk para orangtua sekalian, oleh karena kondisi institusi sekolah yang tidak memungkinkan mempromosikan buku bacaan untuk dibaca dan di-asyik-i oleh anak kita, maka jangan sungkan untuk membelikan novel bagi anak-anak kita. Mengapa novel? 

Studi yang dilansir CNN beberapa waktu lalu menunjukkan bahwa jika ingin sukses di masa depan, anak kita perlu memahami manusia seutuhnya. Emosinya, mentalnya, karakternya, tingkah laku, tutur kata, keinginan, dan sebagainya itu terangkum dalam teks narasi yang bagus. Salah satunya adalah novel. Tidak heran, CNN merekomendasikan: jika Anda ingin menjadi programer robotik yang hebat, singkirkan gadget, baca novel!

Dok.pri
Dok.pri
Untuk para guru yang saya hormati dan cintai, mungkin memang ruang gerak sekarang ini sulit bagi guru untuk mempromosikan membaca dalam pelajaran. Oleh karena itu, para gurulah yang semestinya membaca. Lalu, ceritakan isi bacaan itu di depan kelas. Buatlah anak-anak terpesona dengan cerita Anda. Tunjukkan wujud bukunya, tantang mereka untuk membaca di rumah.

Demikianlah. Meskipun kita belum mampu membaca buku secara utuh, setidaknya gerakan membaca perlu lebih ditingkatkan lagi.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun