Karyawan adalah orang yang bekerja untuk suatu kantor, perusahaan, organisasi, atau lembaga dengan status sebagai pegawai atau buruh yang diupah atas waktu dan usaha yang mereka berikan untuk menjalankan amanah tugas dan tanggung jawab yang telah ditetapkan oleh pihak pengusaha atau manajemen.
Ya, karyawan adalah ujung tombak suatu kantor dan menentukan bagaimana sukses dan tidaknya suatu kantor dalam kebereksistensiannya dalam dinamika kerja kekinian.
Oleh karenanya, karyawan juga dituntut bermutu dan berkualitas untuk dapat sejalan dengan visi dan misi organisasi, serta jadi andalan bila sewaktu-waktu dibutuhkan oleh kantor.
Yang jadi pertanyaan adalah, bagaimana sih kira-kira menjadi karyawan yang bermutu dan berkualitas serta jadi andalan kantor itu?
1. Konsisten bekerja dengan bagus.
Dalam hal ini karyawan patuh terhadap deadline, konsisten dalam mencapai target dan kalau bisa melampaui apa yang menjadi ekspektasi atasan, berdedikasi dan loyal.
2. Proaktif dalam memecahkan masalah.
Ketika masalah muncul, karyawan enggak hanya diam menunggu tanpa hasil, tapi harus mampu proaktif melakukan pencegahan dan memberikan alternatif solusi terhadap masalah yang terjadi di dalam dinamika kerja.
3. Memiliki potensi kedepan menjadi seorang leader.
Dalam hal ini, ada harapan masa depan bahwasanya karyawan punya potensi menjadi leader, punya pengaruh yang kuat yang bisa menginspirasi rekan kerja di kantor.
4. Punya kemauan selalu ingin belajar dari pengalaman.
Dalam hal ini adalah bagaimana karyawan ada kemauan untuk mengupgrade dirinya dengan cara meningkatkan skill, dan pengalaman kerja, enggak ragu untuk meminta feedback dari orang lain.
5. Punya kecerdasan emosioinal yang mumpuni.
Di sini adalaah bagaimana karyawan memilik EQ yang tinggi dalam rangka membangun hubungan baik dengan sesama rekan kerja, mudah berempati dan memiliki kesadaran yang tinggi, serta mampu menyelesaikan konflik dengan sehat.
6. Attention to detail.
Di sini adalah bagaimana mutu dan kualitas kerja dan kinerjanya bagus karena tidak enggan hal-hal detail dan akurat, jarang melakukan kesalahan, kerja sesuai deadline yang ditetapkan.Â
7. Skillset yang kokoh dan unik.
Wawasan dan teknisnya dapat diandakan, sering mendapat peran sentral dan dimintai pendapatnya dalam bidangnya. Mahir bekerja secara sendiri dan mahir bekerja secara team work.
8. Terbuka menerima saran dan kritik.
Enggak sumbu pendek ketika mendapat kritikan, jsutru diterima dengan antusias yang tinggi karena jadi bagjan pembelajaran sesuatu hal baru dan jadi bahan meningkatkan mutu dan kualitas diri.
9. Menghargai Manajer dan rekan kerja.
Enggak merasa angkuh dan sombong, tetapi hormat dan menghargai kepada orang lain. Sadar kalau kesuksesan tim itu datangnya adalah dari hasil kerja bersama, bukan sendiri.
Nah, inilah kurang lebihnya apa yang bisa penulis bagikan terkait bagaimana menjadi karyawan yang berkualitas dan jadi andalan kantor, semoga dapat bermanfaat.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H