Mohon tunggu...
Sigit Eka Pribadi
Sigit Eka Pribadi Mohon Tunggu... Administrasi - #Juara Best In Specific Interest Kompasiana Award 2023#Nominee Best In Specific Interest Kompasiana Award 2022#Kompasianer Terpopuler 2020#

#Juara Best In Specific Interest Kompasiana Award 2023#Nominee Best In Specific Interest Kompasiana Award 2022#Kompasianer Terpopuler 2020#Menulis sesuai suara hati#Kebebasan berpendapat dijamin Konstitusi#

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Mekanik AHASS Andal dan Tepercaya, Servis Motor Enggak Bikin Khawatir

7 Desember 2023   20:11 Diperbarui: 8 Desember 2023   07:38 2904
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Servis sepeda motor di bengkel AHASS dan ditangani oleh Mekanik AHASS yang andal dan tepercaya | Dokumen Foto Milik AstraHondaMotor.com

Saya pernah punya pengalaman enggak menyenangkan soal servis sepeda motor ini, yaitu ketika servis sepeda motor Honda CS 1 saya di bengkel enggak resmi di pinggir jalan dekat rumah.

Saya malah kena "dikerjain" oleh oknum mekaniknya. Padahal saya hanya minta ganti oli mesin motor, eh tanpa persetujuan saya servisnya malah merembet ke yang lainnya. Jadilah ongkos servisnya membengkak.

Dari pengalaman enggak menyenangkan tersebut, maka cukup sekali saya servis dibengkel tidak resmi di pinggir jalan tersebut. Ini bukan berarti saya menjelek-jelekan dan mendiskreditkan semua bengkel pinggir jalan ya, karena memang sih enggak semua bengkel pinggir jalan begitu, tapi yang saya ungkapkan ini adalah karena ulah "oknum" yang membuat saya kapok servis motor dibengkel enggak resmi pinggir jalan.

Jadi, karena pengalaman yang enggak enak ini, maka untuk berikutnya saya memutuskan kembali melakukan servis rutin sepeda motor saya di AHASS, dan memercayakan kepada mekanik AHASS yang andal dan dapat dipercaya.

Sebelumnya memang saya secara berkala melakukan servis di bengkel resmi Honda AHASS, namun karena masa servis berkala waktu itu sudah habis dan dengan pertimbangan di dekat rumah tinggal saya ada bengkel motor, maka  saya memutuskan servis rutin di bengkel biasa saja yang deket-deket dengan rumah tinggal saya, maksudnya sih untuk efisiensi waktu dan biaya, eh ternyata kejadiannya saya malah "dikerjain" sama mekaniknya.

Akhirnya dengan pertimbangan dari pengalaman enggak enak inilah, saya kapok servis motor Honda CS 1 saya di bengkel enggak resmi, saya memutuskan tetap servis rutin motor saya di bengkel AHASS dan memercayakan motor saya kepada para mekanik AHASS yang andal dan tepercaya. 

Penulis dan Sepeda motor Honda CS 1 | Dokumen Pribadi
Penulis dan Sepeda motor Honda CS 1 | Dokumen Pribadi

Untuk diketahui bersama, AHASS ini adalah singkatan dari Astra Honda Authorized Service Station, yang merupakan bengkel resmi motor Honda satu satunya yang diakui oleh PT. Astra Honda Motor sebagai Agen Tunggal Pemegang Merk di Indonesia dan juga diakui oleh Honda Motor Co.

Sebagai bengkel resmi sepeda motor Honda, maka seluruh mekanik AHASS bekerja berdasarkan Standard Operational Procedure (SOP) yang telah ditentukan. Selain itu, para mekanik AHASS juga terus memperoleh pendidikan dan pelatihan terkait teknis sepeda motor Honda maupun standar layanan bagi konsumen. Sehingga setiap mekanik AHASS memiliki skill yang andal dan selalu di-monitoring serta diawasi dalam memberikan pelayanan kepada konsumen.

Berdasar referensi dari web resmi Astra Honda Motor, jenjang pendidikan dan pelatihan yang ditempuh para mekaniknya, yaitu;

Jenjang pertama adalah pelatihan terukur dari Technical Training Level (TTL) 1 untuk kompetensi perawatan motor. Kemudian setelahnya, mekanik yang lolos pada fase ini, mereka naik ke step berikutnya yakni TTL 2.

Fase TTL 2, mekanik AHASS dilatih mahir dalam proses perbaikan dan penanganan setiap keluhan terhadap performa motor konsumen. Lolos pada fase ini, mekanik akan naik kelas ke TTL 3, untuk mendapatkan pelatihan dan pemantapan kompetensi diagnosa.

Nah, itulah jenjang pendidikan yang ditempuh para mekanik AHASS dalam rangka kompeten dan profesional dibidangnya. Jadi jelas banget bagaimana mutu dan kualitasnya, enggak khawatir "dikerjain", bikin yakin dan tenang konsumen karena mekanik AHASS memang sudah profesional dan kompeten dibidangnya.

Yang jelas, dalam hal ini saya sendiri mengakui bagaimana begitu ramahnya pelayanan bengkel AHASS ini kepada konsumen, mulai dari booking servis, pelayanan counter saat konfirmasi booking di bengkel, pelayanan spare part, dan pelayanan servis dari mekanik, secara keseluruhan sangat baik.

Tidak ketinggalan juga adalah ruang tunggu bagi konsumen juga representatif dan nyaman. Selain itu mekanik AHASS juga selalu minta izin kepada konsumen bila menurutnya ada komponen yang perlu diganti saat servis. 

Karena dalam hal ini, pemeriksaan terhadap kendaraan milik konsumen dilakukan oleh mekanik AHASS adalah diterapkan secara menyeluruh. Saat melakukan service berkala di bengkel AHASS, mekanik bisa memberitahu pengguna motor jika ada bagian yang perlu disetel ulang atau penggantian komponen. Disinilah juga yang jadi menambah edukasi bagi konsumen bahwa pengecekan kondisi kendaraan secara menyeluruh adalah penting.

Servis sepeda motor di bengkel AHASS dan ditangani oleh para Mekanik AHASS yang andal dan tepercaya | Dokumen Foto via Kompas.com
Servis sepeda motor di bengkel AHASS dan ditangani oleh para Mekanik AHASS yang andal dan tepercaya | Dokumen Foto via Kompas.com

Bicara juga soal mekanik AHASS ini, ternyata mekanik AHASS menorehkan prestasi dan mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia. Berdasar informasi dari web resmi Astra Honda Motor, mekanik AHASS atas nama Masngudin, teknisi asal Magelang, Jawa Tengah, meraih medali emas dan menyandang predikat sebagai juara dunia setelah memenangi Honda Global Technician Contest Motorcycle (GTC) 2023 kategori motor reguler (commuter), di Honda Technical College Kanto, Tokyo, Jepang, 7-8 Oktober 2023.

Dalam kompetisi yang pertama kali diselenggarakan oleh Honda Motor Co. Ltd. pada tahun 2023 ini, Masngudin yang dikirim oleh PT Astra Honda Motor (AHM) dan mewakili teknisi main dealer PT Daya Adicipta Motora, itu mampu menyisihkan 12 finalis lain dari 7 negara di kategori motor reguler. Prestasi ini sekaligus menobatkannya sebagai salah satu yang terbaik di antara 89.000 teknisi sepeda motor Honda di seluruh dunia.

Jadi sampai di sini, sangatlah terlihat bagaimana kredibilitas, mutu, dan kualitas mekanik AHASS yang memang enggak kaleng-kaleng, karena secara faktanya dan pembuktiannya amatlah jelas.

-----

Ya, mekanik merupakan salah satu pilar utama dalam pelayanan aftersales kepada konsumen yang dilakukan oleh pabrikan. Apabila mekaniknya tidak kompeten, maka dampaknya adalah pada perawatan motor konsumen tidak maksimal. Oleh karena punya peran penting dalam menjaga kepuasan dan kepercayaan konsumen, maka kualitas mekanik harus diperhatikan betul pabrikan.

Dalam hal ini, mekanik AHASS telah terbukti memiliki standar kompetensi yang bermutu dan berkualitas serta profesional dibidangnya. Sehingga konsumen percaya dan enggak khawatir bila melakukan servis motor di bengkel AHASS, karena mekaniknya memang andal dan tepercaya.

Sigit Eka Pribadi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun