Â
Bagaimana sih agar bekerja dalam team work itu selalu solid dan kompak?
Apa kira-kira kontribusi anggota tim maupun leader agar team work solid dan kompak?
Skill secara tim yang seperti apa yang dibutuhkan leader dan anggota team work?
Ya. Bekerja secara team work memang bukanlah perkara mudah. Apalagi bila sang team leader tidak cakap dalam memimpin team work.
Padahal seorang team leader adalah berperan sentral dalam membangun suatu team work, namun terkadang justru team leader jugalah yang menyebabkan runtuhnya team work karena ketidakcakapannya dalam memimpin anggota.
Keberhasilan suatu team work adalah tergantung bagaimana team leader mampu cakap membawa dan memimpin anggota tim dalam mengemban job desc team work.
Sejatinya juga anggota tim itu akan manut dengan loyal bila dikendalikan dan diarahkan dengan cakap dan bijak oleh team leader-nya.
Namun demikian tentunya yang bekerja tim itu tidak semata-mata juga seluruhnya adalah peran maupun beban seorang team leader saja, anggota tim tentunya juga punya peran dalam membangun team work.
Nah, berkaitan dengan itu, ada yang ingin penulis sarankan terkait beberapa hal penting dimiliki bagi team leader dan anggota dalam bekerja secara team work.
Lantas, apa sajakah itu?
1. Circle komunikasi dan koordinasi.
Ya, komunikasi dan koordinasi amatlah gampang untuk diucapkan tapi saat praktik dilapangan belum tentu semudah ucapan.
Seringkali komunikasi dan koordinasi ini salah kamar bahkan putus di tengah jalan akibat kesalahan dalam membangun circle.
Oleh karenanya di sini, baik itu team leader maupun anggota tim, wajib mengebelakangkan ego dalam membangun circle komunikasi dan koordinasi ini namun dengan tetap mengedepankan hierarki.
Diharapkan dengan circle komunikasi dan koordinasi yang konstan berputar bak rantai ini akan membuat solid dan kompak team work.
2. Keutamaan kemampuan berpikir kritis dalam pemecahan masalah.
Kemampuan berpikir kritis, menganalisis masalah, dan solutif serta berinovasi sangatlah krusial dalam team work.
Baik itu team leader maupun anggota tim punya peran yang sama dalam hal berpikir kritis dalam memecahkan masalah ini. Sehingga solusi dan inovasi dapat muncul dalam mengatasi masalah yang dihadapi.
3. Adaptif dan fleksibilitas.
Beradaptasi dan fleksibel terbuka menerima perubahan adalah sangat penting dalam menghadapi dinamika dunia kerja yang serba cepat dan dinamis ini.
Oleh karenanya team work dituntut mampu menyesuaikan diri dengan keterampikan baru dan teknologi baru dalam berkembang.
4. Kemampuan literasi digital.
Dalam hal ini team work dituntut mahir dalam mengoperasikan alat, piranti lunak, dan teknologi digital.
Keakraban suatu team work terhadap literasi digital ini haruslah kuat. Sehingga mampu mengimbangi pergerakan teknologi digital.
5. Kemampuan literasi data.
Dalam hal ini, team work harus wawas dengan data, termasuk mampu memahami, menganalisa, menguasai, dan menafsirkan data.
Sehingga team work mampu mengambil keputusan secara tim, bukan keputusan individual team leader saja tapi berdasar buah wawas data secara bersama.
6. Kemampuan kolaboratif.
Individualistis atau merasa paling dalam bekerja secara tim adalah malapetaka bagi keutuhan team work.
Oleh karenanya kolaboratif ini harus diutamakan, seluruh anggota tim harus punya kontribusi demi tercapainya tujuan team work.
7. Kebersamaan dalam daya kreatifitas team work.
Dalam hal ini seluruh anggota tim harus mampu berpikir kreatif, menghasilkan ide brilian, dan solusi inovatif.Â
Sehingga dapat membantu organisasi dalam menghasilkan produk kerja yang bermutu dan berkualitas dalam hal job desc team work.
8. Kecerdasan Emosional.
Dalam hal ini, team work mampu mengelola kecerdasan emosianal, sebab kecerdasan emosional melibatkan pemahaman, pengelolaan emosi serta empati.
Sehingga diharapkan, ketika team work berhadapan dengan tekanan dan konflik, maka kecerdasan emosional dapat diterapkan guna mengatasi konflik dan tekanan tersebut.
9. Pembelajaran berkelanjutan.
Dihadapkan dengan dinamisnya pergerakan dunia kerja dan digital, maka memiliki pola pikir berkembang dan komitmen untuk belajar seumur hidup adalah sangat penting.
Sehingga team work mampu relevan dan realistis dalam rangka menghadapi berbagai tantangan dunia kerja.
Yang jelas juga, beberapa hal yang penulis sampaikan di atas adalah berlaku dalam berbagai konteks profesional baik itu individu maupun kelompok untuk berkontribusi bagi organisasi. Demikian artikel ini, semoga bermanfaat.
Artikel ke 140 tahun 2023.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H