Apa yang menjadi tren 2021 dalam dunia bisnis sedikit banyaknya akan sangat dipengaruhi oleh mindset dalam berpikir kritis atau critical thinking.
Sederhananya, berpikir kritis yang dimaksud di atas adalah merupakan proses mental untuk menganalisis, mengevaluasi, memahami secara mendalam untuk membentuk suatu keyakinan.
Berpikir kritis memang bukanlah perkara mudah, sebab hal tersebut mencakup seluruh proses mendapatkan, membandingkan, menganalisa, mengevaluasi, internalisasi dan bertindak melampaui ilmu pengetahuan dan nilai-nilai.
Sebab, berpikir kritis juga harus memiliki keyakinan dalam nilai- nilai, dasar pemikiran dan percaya sebelum didapatkannya alasan yang logis yang kesemuanya amat ditentukan oleh watak, kriteria, argumen, pertimbangan dan sudut pandang.
Namun demikian, karena secara mental dan psikologis, pengalaman atas dampak pandemi corona tahun 2020 telah memberikan banyak pelajaran dan pengalaman berharga, dan ternyata seiring itu juga telah membuat kepekaan banyak orang dalam berpikir kritis.
Sehingga karenanya juga, akan membuat banyak perubahan mendasar baik itu soal perilaku ataupun cara berpikir dalam rangka mempraktikan dan menerapkannya di tahun 2021.
Yang jelas, dunia bisnis pada tahun 2021 ini, masih akan dilingkupi ketidakpastian kapan akan berakhirnya pandemi corona, sehingga akan terus membentuk mindset untuk berpikir kritis.
Dalam hal ini, orang-orang akan berpikir sistematis secara jernih, logis, masuk akal dan rasional tentang apa yang harus dilakukan ataupun apa yang harus dipercaya dalam rangka menghadapi berbagai tantangan ketidakpastian di tengah pandemi corona.
Sehingga karenanya, akan mendorong munculnya daya inovasi dan kreativitas, terkait apa yang bisa diterapkan dengan masih dihadapkanya ketidakpastian di tengah pandemi corona.
Seperti dalam dunia usaha, dunia bisnis, dan dunia kerja misalnya, tentunya mindset berpikir kritis akan sangat mempengaruhi keputusan terkait investasi apa yang harus dilakukan, kompetensi seperti apa yang perlu dibangun untuk dapat memiliki daya saing, manajemen seperti apa yang perlu dibangun agar dapat menjalankan organisasi dengan efektif dan sebagainya.
Begitu juga halnya di luar bisnis, soal gaya hidup misalnya, yang tentunya juga orang-orang akan terus berupaya beradaptasi dan menyelaraskan diri dengan tantangan ketidakpastian di tengah pandemi corona, seperti misal, bagaimana langkah melihat diri, bagaimana memutuskan langkah mendapat kebahagiaan dan sebagainya.
Jadi, dari proses kepekaan berpikir kritis tersebut, kira-kira apakah yang akan menjadi tren 2021 dalam dunia bisnis?
Salah satu yang bisa penulis prediksikan adalah menjamurnya bisnis wirausaha UMKM.
Dampak pandemi corona yang membuat banyak pekerja kena PHK akan mempengaruhi juga secara signifikan bagaimana kedepannya pergerakan dan perkembangan dunia wirausaha khususnya bisnis wirausaha UMKM.
Secara faktanya hampir 10 juta pekerja yang terkena PHK massal pada tahun 2020 silam karena dampak pandemi corona, dan tentunya ini bukan jumlah yang sedikit.
Apalagi peluang para pencari kerja untuk memasuki dunia kerja masihlah cukup sulit, sebab juga para pelaku usaha masih sangat berhati-hati dan mengencangkan "ikat pinggang" dalam menyikapi tahun 2021 karena masih terlingkupi ketidakpastian di tengah pandemi.
Di sinilah akhirnya banyak orang akan berpikir kritis dalam rangka bagaimana bisa bertahan hidup di tengah ketidakpastian di tengah pandemi corona.
Banyak orang akan berpikir kritis daripada tidak bekerja sama sekali, lebih baik mencari sesuatu hal yang bisa membuat bertahan hidup di tengah ketidakpastian karena pandemi corona ini.
Daripada "tidak makan" lebih baik berjuang dengan segala daya upaya untuk "bisa makan", mungkin demikian yang tertanam dalam mindset mereka.
Inilah juga setidaknya yang sedikit banyaknya kedepan akan mendorong semakin dinamisnya pergerakan dan perkembangan dunia wirausaha UMKM.
Apalagi suntikan suplemen dari pemerintah, baik itu soal permodalan, pembiayaan, dan pendidikan bagi siapa saja yang akan terjun dalam wirausaha UMKM ini mendapat dukungan yang optimal.
Di sinilah juga yang membuat penulis memprediksikan, akan banyak orang yang terjun dalam dunia wirausaha UMKM.
Sehingga kedepannya tahun 2021 ini akan menjamur beragam jenis wirausaha UMKM seperti, UMKM kuliner, fashion, jasa, pernak-pernik barang dan sebagainya.
Dan tentunya kalau prediksi tersebut di atas ternyata memang benar terjadi di kemudian hari kedepan dan jadi tren 2021, maka persaingan bisnis wirausaha UMKM juga akan semakin ketat dan dinamis.
Jadi, kalau Anda adalah salah satunya yang akan berniat terjun dalam dunia wirausaha UMKM ini, jangan sampai Anda terlambat, segera mainkan bisnis Anda tersebut.
Nah inilah kiranya yang bisa penulis prediksikan terkait apa yang akan menjadi tren 2021, yang mungkin bisa benar mungkin juga bisa salah, tapi setidaknya ada sedikit gambaran bagaimana kedepannya peluang wirausaha UMKM di tahun 2021 ini.
Demikianlah artikel singkat ini, semoga bermanfaat.
Salam hangat.
Sigit Eka Pribadi.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H