Mohon tunggu...
Sigit Eka Pribadi
Sigit Eka Pribadi Mohon Tunggu... Administrasi - #Juara Best In Specific Interest Kompasiana Award 2023#Nominee Best In Specific Interest Kompasiana Award 2022#Kompasianer Terpopuler 2020#

#Juara Best In Specific Interest Kompasiana Award 2023#Nominee Best In Specific Interest Kompasiana Award 2022#Kompasianer Terpopuler 2020#Menulis sesuai suara hati#Kebebasan berpendapat dijamin Konstitusi#

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Pak Jokowi, Mudik Itu Pasti Pulang ke Kampung Halaman

23 April 2020   06:26 Diperbarui: 23 April 2020   06:21 520
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Presiden Jokowi Resmi Melarang Mudik, Ada Hukuman Menanti Bagi Mereka yang Nekat Pulang Kampung (Tribunnews)

Saya jadi gagal paham terkait soal perbedaan antara mudik dan pulang kampung yang disampaikan oleh pak presiden Jokowi, bahkan kini apa yang disampaikan tersebut jadi perdebatan yang menuai trending topik.

Jadi begini, semisal saya seorang lajang, lahir di kota balikpapan dan bertahun-tahun dibesarkan di kota Balikpapan, lalu saya memutuskan untuk merantau mengadu nasib ke kota Solo.

Lalu di kota Solo ini saya sudah bertahun bertahun pula merantau, tinggal dan bekerja, saya sesekali hanya bisa pulang ke kampung halaman saya di Balikpapan itu ya hanya pada saat momentum sebelum lebaran, apakah saya ini termasuk mudik atau termasuk pulang ke kampung halaman sih sebenarnya?

Seperti saat pandemi ini misalnya, seharusnya bila seperti biasanya, saya mudik untuk pulang ke kampung halaman saya di Balikpapan itu biasanya kan sebelum lebaran.

Tapi karena kerjaan juga membuat saya harus work from home dan juga sudah diizinkan pulang ke kampung oleh kantor sebab kerjaan juga bisa saya kerjakan di kota Balikpapan.

Maka dari jauh hari sebelum lebaran ini daripada repot repot menunggu waktu jelang lebaran, karena ada kesempatan saat ini, akhirnya saya memutuskan pergi meninggalkan kota Solo untuk pulang ke kampung halaman saya di Balikpapan, nah apakah saya ini termasuk mudik atau pulang ke kampung halaman sih sebenarnya?

Atau begini saya lahir dan besar di kota Balikpapan bertahun tahun besar di Balikpapan saya dapat istri orang Balikpapan juga, lalu saya dan istri memutuskan untuk merantau mengadu nasib ke kota Solo.

Di kota Solo saya dan Istri sudah tinggal bertahun tahun, tentunya sekian tahun tinggal di Solo ini, karena saya sudah bekerja kan, lalu bisanya saya dan istri sesekali bisa pulang ke Balikpapan itu ya hanya saat jelang lebaran.

Lalu sebab pandemi ini, karena kerjaan kantor juga bisa dilakukan secara work from home akhirnya saya mohon izin kepada kantor untuk pulang ke kampung saya di Balikpapan, dan sudah di izinkan oleh kantor.

Akhirnya yang biasanya saya dan istri pulang kampung ke Balikpapan itu sebelum lebaran tapi jauh jauh hari ini sebelum lebaran saya dan istri memutuskan untuk pulang kampung ke Balikpapan, nah kalau begini ini saya dan istri ini mudik atau pulang ke kampung halaman sih sebenarnya?

Atau begini, gambarannya sama seperti apa yang saya jabarkan seperti dua hal diatas kalau saya pulang ke kampung halaman saya di balikpapan tapi tetap saya lakukan seperti biasanya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun