Mohon tunggu...
Sigit Eka Pribadi
Sigit Eka Pribadi Mohon Tunggu... Administrasi - #Juara Best In Specific Interest Kompasiana Award 2023#Nominee Best In Specific Interest Kompasiana Award 2022#Kompasianer Terpopuler 2020#

#Juara Best In Specific Interest Kompasiana Award 2023#Nominee Best In Specific Interest Kompasiana Award 2022#Kompasianer Terpopuler 2020#Menulis sesuai suara hati#Kebebasan berpendapat dijamin Konstitusi#

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Ketika Menulis Jadi Hobi, Tulisan Tak Bermutu Sekalipun Tak Jadi Soal

26 Agustus 2019   23:28 Diperbarui: 27 Agustus 2019   00:09 328
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi | Pixabay.com

Ketika menulis sudah menjadi hobi yang tak bisa lagi ditinggalkan bahkan sampai tak dapat  dipisahkan dari pekerjaan sehari-hari itu sudah merupakan sesuatu yang sangat bermutu dalam hidup.

Menjejakkan diri dalam menekuni hobi menulis bukanlah perkara mudah, apalagi yang baru coba-coba menulis. Betapa butuh perjuangan dan keyakinan yang kuat dalam mengawali langkah untuk menulis.

Ibarat kata mengawali menulis itu layaknya perjuangan hidup, meski harus menghadapi berbagai tantangan yang berat, tertatih tatih, jatuh bangun tetapi harus terus bangkit berdiri demi mencapai tujuan yang ingin dicapai.

Begitu juga menulis, betapa perjuangan menulis sangat membutuhkan daya pikir dalam menuangkan huruf demi huruf, kata demi kata, kalimat demi kalimat dan dirangkai sedemikian rupa untuk menjadi sebuah tulisan. Seperti halnya juga pengalaman saya, yang pada awalnya tak ada sedikitpun hasrat untuk menulis.

Bahkan saya sempat menganggap bahwa menulis itu merupakan hal yang tidak berguna, namun ternyata anggapan saya tersebut salah besar, saya malah menyesal, mengapa kok baru sekarang ini saya hobi menulis dan baru mengenal Kompasiana.

Sebenarnya saya pernah pertama kali dikenalkan blog Kompasiana pada 2013 an lalu oleh sahabat saya yaitu bang Subechi (dulu pernah jadi pimred Tribun kaltim dan pimred Kompas.com) namun saya tak menanggapinya. (Sekarang kalo inget ini nyesel mulu bawaannya hehehe)

Saya ingat betul pesannya,

"coba menulis mas sigit, di Kompasiana. Bermanfaat loh mas, banyak penulis hebat dan bermutu disitu. Siapa tahu nanti bermanfaat kalau mas sigit di roling di pemberitaan di kantor mas sigit."(Bang Subechi).

Saya hanya tertawa kecil saat itu dan mengatakan,"ndak lah bang bechi, gak mungkinlah saya dipemberitaan, lha wong saya ga bakat kok."

Namun suatu ketika, tahun 2016 saya terpilih dan diutus oleh kantor untuk belajar di pusat pendidikan, waktu itu adalah pendidikan jurnalistik, selama 3 bulan saya tempuh. Dan disinilah saya mendapat banyak pengetahuan jurnalistik dan disinilah juga saya akhirnya kenal Kompasiana dan resmi jadi anggota Kompasiana. Saat itu ada tugas buat tulisan, maka Guru Militer itu memerintahkan untuk registrasi di Kompasiana(bener kata bang bechi harusnya saya sejak awal gabung Kompasiana)

Dan akhirnya tulisan perdana saya tayang di Kompasiana, tulisan yang saya buat dengan penuh perjuangan, satu tulisan yang membutuhkan waktu 3 jam menyelesaikannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun