Mohon tunggu...
Sidney Muliarta
Sidney Muliarta Mohon Tunggu... Mahasiswa - Seorang mahasiswa dari Universitas Udayana fakultas ekonomi dan bisnis jurusan manajemen

Saya seorang mahasiswa dari Universitas Udayana dari jurusan Manajemen. Topik konten berupa pengetahuan umum dan pemasaran

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Pentingnya Sertifikasi Digital Marketing di Era Globalisasi

16 Juni 2023   16:00 Diperbarui: 16 Juni 2023   18:29 207
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://proactiveducation.com/cara-mendapatkan-sertifikasi-digital-marketing-bnsp/Input sumber gambar

Apa itu sertifikasi digital marketing? Apa saja manfaat yang diperoleh jika memilikinya? 

Ayo simak penjelasannya!

Pentingnya memiliki kemampuan digital marketing di era globalisasi

Di era globalisasi, teknologi terus berkembang dan meningkat pesat. Hampir semua orang telah memahami teknologi contohnya saja handphone. Perkembangan inilah yang membuat adanya perubahan dalam melakukan pemasaran. Pemasaran di era ini, hampir semuanya melalui digital untuk mendapatkan atau mencapai target pasar yang lebih banyak dengan biaya yang lebih efisien dibandingkan era sebelum globalisasi.

Pemasaran digital membantu perusahaan untuk mencapai target pasar diluar wilayah usahanya dengan lebih mudah. Oleh karena itu, banyak perusahaan yang mengalihkan pemasarannya dan memfokuskannya pada penggunaan digital marketing. Dari hal ini dapat diketahui bahwa pentingnya digital marketing dalam suatu perusahaan sehingga peluang bagi seorang digital marketerpun turut meningkat.

Apa itu sertifikasi digital marketing?

Sertifikasi digital marketing merupakan salah satu program yang dibuat untuk memastikan para profesional di bidang pemasaran digital untuk memiliki bukti tertulis terkait kompetensinya yang dapat menjadi poin penting untuk nantinya mendapat kepercayaan dari pelanggan potensial atau klien.

Sertifikasi ini juga dapat digunakan oleh seorang marketer untuk dapat membedakan dirinya dengan kandidat lain ketika proses aplikasi kerja yang dapat meningkatkan peluang untuk dilirik oleh recruiter.

Dengan adanya sertifikasi digital marketing, seorang individu dapat terverifikasi terkait kemampuannya dalam melakukan berbagai teknik atau strategi digital marketing.

Sertifikasi ini biasanya akan didapatkan setelah melewati serangkaian tes dari suatu lembaga yang menunjukkan pemahaman atau pengetahuan yang mendalam terkait keterampilan, kreativitas, dan kemampuan dalam melakukan digital marketing.

Apa saja manfaat sertifikasi digital marketing?

1. Menunjukkan kompetensi di bidang digital marketing. Dengan memiliki sertifikat digital marketing, individu akan dipandang lebih menguasai atau kompeten terkait aplikasi dalam digital marketing. Individu yang memiliki sertifikasi digital marketing akan dipandang memiliki kemampuan menganalisis atau memahami lebih baik dalam melakukan pemasaran digital sehingga dapat lebih dipercaya untuk melakukan suatu tugas.

2. Menunjukkan nilai lebih. Individu yang memiliki sertifikat digital marketing akan memiliki nilai lebih dibandingkan individu lain yang tidak memilikinya. Hal ini dikarenakan seseorang yang memiliki sertifikasi ini dipandang sudah melakukan beberapa tes yang membuatnya harus mempelajari lebih dalam terkait digital marketing sehingga dipandang memiliki nilai lebih.

3. Meningkatkan keterampilan dan produktivitas. Dalam memperoleh sertifikasi, tentunya dilakukan suatu pelatihan atau pemahaman lebih dalam untuk meningkatkan kemampuan individu terkait digital marketing. Pelatihan atau pembelajaran ini pula akan meningkatkan keterampilan dan produktivitas secara bertahap sehingga mampu bekerja dengan lebih efektif dan mendapat hasil yang optimal.

4. Meningkatkan kredibilitas. Di indonesia, terdapat lembaga yang telah diakui oleh negara yang dapat memberi sertifikat terkait kompetensi dalam bidang digital marketing yaitu BNSP dengan melakukan tes atau interview terlebih dahulu. Salah satu program sertifikasinya yaitu digital marketing yang sudah dapat diakui oleh negara sehingga individu yang memiliki sertifikasi ini akan mendapat validasi terkait kemampuannya dalam melakukan digital marketing.

Bagaimana cara mendapatkan sertifikasi digital marketing ini?

1. Mengetahui tujuan utama dari alasan ingin mendapatkan sertifikasi digital marketing ini. Beberapa individu ingin mendapatkan sertifikasi ini hanya untuk sekedar memiliki kompentensi tambahan dalam portofolionya atau social brandingnya dan tidak bersungguh - sungguh dalam meningkatkan kemampuannya.

Namun, perlu diketahui bahwa memiliki sertifikasi digital marketing ini harus dapat bertanggung jawab terkait kemampuannya tersebut. Apakah individu tersebut sudah menguasai setiap kemampuan digital marketing dengan baik sehingga perusahaan dapat mengandalkannya nanti. Oleh karena itu terdapat beberapa tes atau interview yang dilakukan sebelum mendapatkan sertifikasi ini sehingga kemampuannya dapat dipertanggung jawabkan.

2. Melakukan banyak analisis terkait topik yang menjadi inti dari digital marketing dan mempelajarinya dengan baik. Individu yang ingin mendapat sertifikasi digital marketing tentunya perlu melakukan analisis terkait topik - topik yang menjadi pembahasan utama dalam digital marketing.

Digital marketing bukan hanya menguasai di satu skill digital marketing seperti content writer saja, namun harus dapat mengetahui pula hal lainnya terkait digital marketing, karena digital marketing belum berfokus pada satu skill saja. Beberapa topik yang dipelajari di bidang digital marketing ini dapat berupa content writer, menganalisis kata kunci yang sesuai, mengenalisis insight social media, mengetahui SEO yang baik, pembuatan website, pengelolaan google my business, dan lain - lain.

3. Memilih program sertifikasi digital marketing yang paling sesuai. Terdapat banyak program sertifikasi digital marketing yang dapat diikuti oleh suatu individu, salah satunya adalah LSP TD yang memberikan sertifikasi yang diakui secara nasional di Indonesia. Pemilihan sertifikasi digital marketing terdapat pula yang dapat dilakukan secara spesifik pada suatu topik tertentu. Pemilihan program sertifikasi yang tepat akan membantu dalam mendapatkan sertifikasi yang sesuai pula dengan kemampuan.

4. Melakukan pendaftaran dan selesaikan keseluruhan tes atau interview untuk sertifikasi digital marketing dengan baik. Ketika sudah yakin dengan program yang ingin dipilih, langkah selanjutnya yaitu mendaftarkan diri dengan syarat - syarat yang dibutuhkan tanpa ada yang terlewat. Setelah melakukan pendaftaran barulah mendapat jadwal untuk tes dan interview yang harus dijalankan dengan baik sesuai arahan sehingga nantinya dapat memperoleh sertifikasi yang sesuai.

Nah, dari penjelasan diatas dapat diketahui bahwa sertifikasi digital marketing sangat penting dalam menunjang kemampuan seseorang terkait kompetensinya dalam digital marketing. Digital marketing juga merupakan bidang yang harus dikuasai di era globalisasi ini karena semua hal saat ini termasuk bisnis pastilah menggunakan digital. Dengan menguasai dan memiliki sertifikasi dalam bidang ini, individu yang ingin melamar pekerjaan dalam bidang digital marketing dapat lebih dipercaya dan memiliki nilai lebih dibandingkan orang lain yang tidak memiliki sertifikasi ini.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun