Mohon tunggu...
Bayu Siaga Krismana
Bayu Siaga Krismana Mohon Tunggu... Freelancer - Siaga

Berjalan sendiri, hidup sendiri, mati pun sendiri... - Abu dzar. ra

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pemakai Asuransi? Jangan Lupa Tanyakan Provider Sebelum Berobat

15 September 2021   13:18 Diperbarui: 15 September 2021   13:48 78
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Assalamu'alaykum...

Halo sobat Kompasiana yang budiman, bagaimana kabarnya.Semoga tetap luar biasa sehat dan baik selalu!

Seperti biasa sob, kali ini kita mau sharing-sharing info lagi ni, namun, gak seperti sebelumnya yg soal mobil dan lain-lain, kali ini sharing "secuil tentang penggunaan asuransi". Buat kalian yang pengguna asuransi, baik itu mandiri/sendiri ataupun karena kerjaan - asuransi perusahaan. Jangan terlalu terhanyut karena kemudahan pembiayaan asuransi .

Bukan karena ketidakpercayaan sob, melainkan hanya sebatas kesiapan diri. Agar kita lebih siap segala sesuatunya kalau kalau yang terjadi tidak sesuai rencana. Misalkan, Karena sudah pake asuransi, kelas paling tinggi, kita tidak siap uang ketika berobat, eh... tau tau ternyata RS atau klinik yang kita datangi g ada kerjasama dg provider asuransi kita, zong deh... masa mau batal berobat kalau kondisinya udah kritis (harus berobat - bukan kritis ko'it ya) 

Jadi, apapun asuransinya, walau sudah tercover semua... tetap harus siap dengan segala kemungkinan sob.

Sekarang, poin sharingnya ni, dari pengalaman sih pastinya.

Buat kita-kita pengguna asuransi kesehatan, ingat untuk rajin (setidaknya sekali waktu lah) cek prosedur penggunaan asuransi kita ke provider, sob!

Kalo providernya bertempat jauh dari domisili, kan bisa via telp.  Biasanya  sih... ada nomer di balik kartu asuransi kita. hubungi ketika tidak emergency condition, dan jam kerja... buat tanya tanya prosedur, yang mungkin tiba-tiba ada update-pembaruan-perubahan prosedur. Supaya gak kelimpungan ntar kalo pas lagi butuh banget,

Misal ni ya,

(Ini pengalaman yang kmarin-kemarin)

Periksa kandungan rutin (kan biasanya tiap bulan tu) dicover kok sama asuransi. Tapi ingat tanyaain prosedur sebelum periksa...

Karena bisa jadi, ada prosedur yang berubah, yang awalnya periksa cuman nunjukin kartu asuransi langsung diproses sama pihak RS, tiba-tiba dari asuransi ada catatan ketika struk pendaftar pemeriksaan di cetak... ada catatan khusus spog, harus disertai surat pengantar atau rujukan dari provider...

Nah, lho...

Trus periksanya malam lagi, sedangkan ada beberapa provider yang hampir tidak bisa dihubungi diluar jam kerja.

Nah, kan...

Siapa yang bingung, siapa yang salah....

Gak ada yang salah sih, cuman, kadang kita kurang cek atau kurang curious aja, jadi terlewat ketika ada perubahan prosedur gitu... yang ujung ujungnya kita merasa repot dan merasa dipersulit (gara-gara gak siap modal cadangan buat kesehatan)

Gitu, sob.

So...

Jangan malas, jangan malu, jangan ogah-ogahan untuk bertanya ke provider perihal prosedur ya. Syukur-syukur kalo udah ada web atau booklet prosedurnya, jangan malas baca, dan siap selalu dana cadangan setiap akan periksa atau apapun selama berkaitan dg kesehatan.Walaupun itu adalah asuransi dari perusahaan tempat kita bekerja.

(Biar kita tetap sehat karena gak terlalu tinggi emosian tiap kali, hehe)

Salam sehat...

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun