Mohon tunggu...
SHTL Sarip15TM
SHTL Sarip15TM Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswa

Mahasiswa STAI Alhamidiyah Jakarta Angkatan 2020

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

5 Manfaat Belajar Aktif untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa

27 Maret 2023   22:46 Diperbarui: 27 Maret 2023   23:01 414
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pendidikan adalah investasi jangka panjang yang akan memberikan dampak besar pada kehidupan seseorang. Oleh karena itu, penting bagi siswa untuk mendapatkan hasil belajar yang optimal.

 Salah satu cara untuk mencapai hal ini adalah dengan memanfaatkan pembelajaran aktif. Pembelajaran aktif adalah suatu metode pembelajaran di mana siswa lebih aktif terlibat dalam proses belajar. Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana memanfaatkan pembelajaran aktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

1.  Diskusi Kelompok

Diskusi kelompok adalah metode pembelajaran aktif yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam diskusi kelompok, siswa bekerja sama untuk memecahkan masalah atau membahas topik tertentu. Hal ini membantu siswa untuk lebih memahami materi dan mengembangkan keterampilan sosial seperti berkomunikasi dan bekerja sama.

2.  Simulasi

Simulasi adalah suatu metode pembelajaran di mana siswa melakukan tindakan atau aktivitas yang meniru situasi nyata. Simulasi dapat membantu siswa memahami konsep-konsep abstrak dengan cara yang lebih nyata dan mudah dipahami. Misalnya, siswa dapat melakukan simulasi bisnis untuk memahami bagaimana pasar bekerja dan bagaimana membuat keputusan yang tepat.

3.  Brainstorming

Brainstorming adalah suatu metode pembelajaran di mana siswa diberi kesempatan untuk menghasilkan ide-ide baru secara bebas. Brainstorming dapat membantu siswa untuk memperluas pemahaman mereka tentang topik tertentu dan memunculkan ide-ide yang kreatif. Hal ini dapat membantu meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan kreativitas siswa.

4.  Pembelajaran Berbasis Proyek

Pembelajaran berbasis proyek adalah suatu metode pembelajaran di mana siswa melakukan proyek nyata yang berkaitan dengan topik tertentu. Misalnya, siswa dapat melakukan proyek penelitian tentang lingkungan hidup. Hal ini dapat membantu siswa memahami konsep-konsep secara lebih dalam dan memperoleh keterampilan seperti pemecahan masalah, pengambilan keputusan, dan keterampilan presentasi.

5.  Pembelajaran Kolaboratif

Pembelajaran kolaboratif adalah suatu metode pembelajaran di mana siswa bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sama. Dalam pembelajaran kolaboratif, siswa saling mendukung dan saling belajar satu sama lain. Hal ini dapat membantu meningkatkan keterampilan sosial, keterampilan pemecahan masalah, dan keterampilan berpikir kritis siswa.

Dalam mengaplikasikan pembelajaran aktif, guru perlu memastikan bahwa metode yang dipilih sesuai dengan materi yang akan diajarkan dan sesuai dengan karakteristik siswa. Selain itu, guru juga perlu memberikan arahan yang jelas tentang tujuan pembelajaran dan memberikan umpan balik yang konstruktif kepada siswa.

Dalam kesimpulan, pembelajaran aktif adalah suatu metode pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode-metode pembelajaran aktif seperti diskusi kelompok, simulasi, brainstorming, pembelajaran berbasis proyek, dan pembelajaran kolaboratif dapat membantu siswa untuk lebih aktif terlibat dalam proses belajar dan meningkatkan keterampilan sosial, kreativitas, pemecahan masalah, pengambilan keputusan, dan berpikir kritis.

Dalam pembelajaran aktif, siswa tidak hanya menjadi objek dalam proses pembelajaran, tetapi mereka juga menjadi subjek yang aktif dalam proses pembelajaran. Dengan begitu, siswa dapat lebih memahami dan mengingat materi yang diajarkan, serta memperoleh keterampilan yang berguna dalam kehidupan mereka.

Namun, penting bagi guru untuk memastikan bahwa pembelajaran aktif yang dilakukan tidak hanya mengedepankan aktivitas siswa, tetapi juga mempertimbangkan keefektifan metode pembelajaran tersebut dalam mencapai tujuan pembelajaran. Guru juga perlu memperhatikan perbedaan karakteristik siswa dan memilih metode yang sesuai dengan karakteristik siswa.

Dengan memanfaatkan pembelajaran aktif, siswa dapat memperoleh hasil belajar yang lebih optimal dan memperoleh keterampilan yang berguna dalam kehidupan mereka. Oleh karena itu, metode pembelajaran aktif perlu diterapkan secara konsisten dan terus menerus dalam proses pembelajaran.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun