Mohon tunggu...
Sholihatul Lailiyah
Sholihatul Lailiyah Mohon Tunggu... Guru - Pegawai Negeri Sipil

Selain suka membaca, juga suka jalan-jalan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

LK 3.1 Menyusun Best Practices PPG Daljab 2022

28 September 2022   20:00 Diperbarui: 28 September 2022   20:07 202
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

LK 3.1 Menyusun Best Practices 

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

 

Lokasi

SDN Joglo No. 76 Surakarta

Lingkup Pendidikan

Sekolah Dasar

Tujuan yang ingin dicapai

Peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik dalam Materi Benda Hidup dan Tak Hidup dengan menggunakan model Problem Based Learning siswa kelas 1 SD Negeri Joglo No. 76 Surakarta Tahun Pelajaran 2022-2023

Penulis

Sholihatul Lailiyah, S.Pd

Tanggal

13 September 2022

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah adalah

  • Kurangnya pemahaman peserta didik dalam  materi Benda Hidup dan Benda tak Hidup di Sekitarku
  • Peserta didik kebanyakan pasif dalam mengikuti pembelajaran.
  • Pembelajaran belum secara kontekstual
  • Media/alat peraga kurang mendukung dalam pembelajaran

Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan

Gunanya untuk berbagi pengalaman untuk masalah yang sama kepada teman sejawat ataupun kepada orang lain. Bisa dijadikan referensi dalam pembelajaran, dan motivasi diri. Pembelajaran ini juga sudah menggunakan model PBL

Peran dan tanggung jawab saya dalam praktik ini adalah sebagai sumber belajar (Learning resources) bagi peserta didik. Perancang perangkat pembelajaran. Mengidentifikasi masalah terlebih dahulu untuk ditindaklanjuti, kemudian menganalisa akar permasalahan dan dituntut untuk menyelesaikannya.

Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Tantangan:

Yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut adalah:

  • Faktor fisiologis, intelektual, lingkungan dan psikologis (motivasi, minat, kematangan sosial, emosi dan penyesuaian
  • Penggunaan media pembelajaran menarik
  • Penggunaan sumber belajar yang maksimal
  • Melibatkan langsung peserta di dalam pembelajaran dalam menyelesaikan masalah (student center)

Yang terlibat dalam dalam kegiatan ini adalah:

  • Peserta didik
  • Orang tua
  • Teman sejawat
  • Kepala sekolah

Aksi :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkah-langkah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut, yaitu:

  • Faktor fisiologis, intelektual, lingkungan dan psikologis peserta didik meliputi motivasi, minat, kematangan sosial, emosi. Dengan mengadakan wawancara dengan pihak terkait untuk mencari akar permasalahan peserta didik tersebut.
  • Penggunaan media pembelajaran yang menarik. Mempersiapkan materi dengan media pembelajaran TPACK salah satunya dengan Powerpoint
  • Penggunaan sumber belajar yang maksimal. Dengan menggunakan sumber belajar yang tidak hanya dari buku Guru atau buku Siswa tapi juga dengan lingkungan sekitar
  • Melibatkan langsung peserta di dalam pembelajaran dalam menyelesaikan masalah (Student Center). Peserta didik dibuat kelompok kecil dan dibimbing untuk menyelesaikan permasalahan yang diberikan.

Sumber daya yang diperlukan dalam melaksanakan strategi ini adalah sumber daya manusia, salah satunya adalah kompetensi guru dan faktor lingkungan. Kedua faktor tersebut diatas sangatlah penting untuk menindaklanjuti permasalahan yang ada.

Refleksi Hasil dan dampak

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Dampak dari aksi dari langkah-langkah yang dilakukan adalah:

  • Peserta didik lebih cepat memahami pembelajaran dan termotivasi.
  • Dengan menggunakan model Problem Based Learning, peserta didik dapat menyelesaikan suatu masalah yang diberikan
  • Saat berkelompok, peserta didik menjadi lebih aktif.

Respon positif dari pihak lain terkait dengan strategi yang dilakukan adalah  mengapresiasi usaha yang dilakukan. Untuk  menyelesaikan masalah peserta didik tersebut,perlu adanya kolaborasi dengan semua pihak terkait, maka semua akan bisa teratasi. Karena kolaborasi yang baik akan menghasilkan sesuatu yang baik pula.

Pembelajaran yang dapat diambil yaitu:

  • Proses tidak akan menghianati hasil, dalam menyelesaikan suatu masalah kita memerlukan proses.
  • Dalam pembelajaran peserta didik tidak hanya mementingkan kognitifnya saja, akan tetapi juga memerlukan bimbingan personal 
  • Pembelajaran yang kontekstual sangat dibutuhkan bagi peserta didik, agar pembelajaran itu lebih bermakna.
  • Kolaborasi yang baik dengan pihak-pihak terkait sangat diperlukan untuk terus berjalan beriringan dalam membimbing peserta didik untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat.
  • Dengan model PBL disertai sumber belajar dari PPT dan penggunaan alat peraga, pemahaman peserta didik dalam belajar lebih meningkat, dan peserta didik dapat berfikir tingkat tinggi dalam menyelesaikan masalah.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun