Mohon tunggu...
Shofi Qintan
Shofi Qintan Mohon Tunggu... Guru - Guru kelas B

menyanyi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Peningkatan Kemampuan Anak Kelompok B dalam Mengenal Konsep Bilangan 1-10 Melalui Peermainan Bowling

18 Februari 2024   23:24 Diperbarui: 18 Februari 2024   23:31 84
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

PENINGKATAN KEMAMPUAN ANAK KELOMPOK B 

DALAM MENGENAL KONSEP BILANGAN  (1-10) MELALUI PERMAINAN BOWLING  DI TK INCEN TULANG BAWANG LAMPUNG

Shofiyatun Ningsih1, Syafdaningsih2

, Rina Gusrtiana3

 

I. Pendahuluan : 

A. Latar Belakang

  • Kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 adalah perubahan positif kecakapan, ketangkasan, bakat, kesanggupan memahami sistem matematika yang abstrak dari urutan 1-10. Apabila kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 tersebut mengalami hambatan maka akan menghambat kemampuan dalam berhitung.Terdapat 5 dari 11 anak yang mengalami kesulitan pada kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 menyebabkan anak tidak bisa mengenal konsep bilangan (1-10 ) karena media yang digunakan hanya berupa LKA dan papan tulis, Oleh karena itu dibutuhkan latihan yang lebih untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan dan latihan tersebut diberikan melalui permainan bowling. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian yang diadaptasi dari desain penelitian Hopkins. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan untuk mendiskripsikan perubahan tindakan melalui permainan bowling dalam memperbaiki kemampuan mengenal konsep bilangan (1-10) anak. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis refleksi berdasarkan siklus-siklus. Dari temuan penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan (1-10) anak kelompok B TK InCen Tulang Bawang Lampung ditunjukkan dalam siklus I dan siklus II. Kemampuan mengenal konsep bilangan (1-10) siklus I meningkat sebesar 27 % sedangkan siklus II meningkat sebesar 46%.
  • Kata kunci: Kemampuan mengenal konsep bilangan, permainan bowling

 

B. Rumusan Masalah

Apakah Melalui Permainan Bowling dapat meningkatkan Kemampuan Anak Kelompok B Pada Konsep Bilangan ( 1-10 ) Di TK InCen Tulang Bawang Lampung ?

 

C. Tujuan

  • Untuk meningkatkan Kemampuan Anak Kelompok B Pada Konsep Bilangan ( 1-10 ) Melalui Permainan Bowling Di TK InCen Tulang Bawang Lampung

II. Hasil dan Pembahasan

A. Hasil praktek kerja lapangan

  • Setelah dilakukan implementasi pembelajaran mengggunakan permainan bowling  terdapat peningkatan  sebesar ( 46 % ) atau 10 anak yang sudah mengenal konsep bilangan (1-10)  jika dibandingkan dengan kondisi awal, terdapat 10 anak  ( 91  % ) yang mampu mengenal konsep bilangan ( 1-10 ).

B . Pembahasan

 

  • Seperti yang tertera diatas terdapat peningkatan ( 46 % )  atau  10 anak  ( 91% ) yang sudah berkemampuan menganal konsep bilangan ( 1-10 )
  • Secara operasional yang dimaksud peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 dalam penelitian ini adalah adanya perubahan positif terhadap kemampuan mengenal membilang/menyebut urutan bilangan 1-10, membilang dengan menunjuk benda 10, menghubungkan lambang bilangan dengan benda-benda sampai 10. Sehingga anak memiliki dasar untuk mengembangkan kemampuan berhitung selanjutnya.
  • Terjadinya peningkatan konsep bilangan ini melalui permainan bowling menggunakan model pembelajara Problem Bast Learning ( PBL ), dan Menurut Slavin ( 2010 )  dapat dipadukan dengan model pembelajara Tean Game Tournament ( TGT ), Adapun langkah -- langkahnya yaitu :
  • Langkah 1: Pemahaman Awal
  • Ajak anak-anak duduk dalam kelompok kecil.
  • Tanyakan pada mereka apa yang mereka ketahui tentang angka 1-10.
  • Guru menjelaskan dan memberi contoh kegiatan yang akan dilakukan
  • Langkah 2: Problem-Based Learning (PBL)
  • Anak menonton Tayangan Vidio tentang cara bermain bowling.
  • Guru memberikan set bowling yang berisi bilangan (1-10) pada masing-masing pin
  • Guru memberikan pertanyaan pemantik "Bagaimana kita bisa menyusun pin bowling sesuai dengan urutan bilangan ( 1-10 )?"
  • Langkah 3: Eksplorasi Bersama
  • Biarkan anak-anak bekerja sama untuk menyusun pin sesuai dengan urutan bilangan ( 1-10 ) 
  • Guru  memberikan bimbingan saat diperlukan.
  • Langkah 4: Presentasi Hasil
  • Setiap kelompok mempresentasikan cara mereka menyusun pin sesuai dengan Urutan bilangan ( 1-10 ) dan menyebutkan berapa pin yang jatuh dan yang masih berdiri.
  • Diskusikan solusi bersama dan anak dapat menunjukkan bagaimana urutan bilangan ( 1-10 ).
  • Langkah 5: Cooperative Learning (TGT)
  • Bagi anak-anak ke dalam tim baru, terdiri dari 3 -4 anggota dari setiap kelompok sebelumnya.
  • Anak mengambil set pin bowling dan mereka bekerja sama untuk mengenali dan menyusun pin sesuai dengan Urutan bilangan ( 1-10 )
  • Anak bermain bowling, menghitung berapa pin yang tidak terlihat dan yang masih berdir
  • Langkah 6: Kompetisi Sederhana
  • Anak melakukan kompetisi antar tim untuk melihat tim mana yang dapat menjatuhkan pin paling banyak,
  • Kemudian anak bermain mengambil bendera pada 3 pojok , merah, kuning , hijau, lalu anak berdiri pada setiap pojok membuat barisan urutan bilangan ( 1-10 ),  menghubungkan lambang bilangan dengan benda- benda ( 1-10), kolase lambang bilangan ( 1-10 )
  • Langkah 7: Diskusi Reflektif
  • Setelah permainan,guru berdiskusi tentang apa yang mereka pelajari tentang Bilangan ( 1-10 ), kegiatan apa yang paling disuka dan kenapa,
  • Guru memberikan umpan balik positif pada anak dan anak bercerita berbagi pengalaman dengan temannya.

III. Kesimpulan

 

  • Berdasarkan hasil praktek pengalaman lapangan, dapat dikatakan bahwa ada peningkatan kemampuan anak kelompok B TK InCen Tulang Bawang Lampung dalam mengenal konsep bilangan (1-10).  
  • Dengan pendekatan PBL dan TGT, anak-anak dapat belajar konsep bilangan dengan cara yang interaktif, kooperatif, dan menyenangkan melalui permainan bowling.
  • Hasil dari pembelajaran ini dapat dilanjutkan pada materi konsep bilanga (11-20 ) pada pembelajaran yang akan datang.

IV. Daftar Pustaka

*      https://www.youtube.com/watch?v=jiuLo1Y_3Ts

WULANDARI, Astrid Septiani; SASMIATI, Sasmiati; FATMAWATI, Nia. Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Early Childhood Issues, 2018, 1.1.

 

SUSANTHI, Dyah. Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1-10 Melalui Permainan Bowling Pada Anak Kelompok A Di TK Kyai Hasyim Surabaya. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2012, 1.01: 1-15.

 

SUDARTO, Zaini. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun di TK Dharmawanita Sumberjati Jatirejo Mojokerto. PAUD Teratai, 2018, 7.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun