yang berpendapat bahwa masyarakat madani dan masyarakat madani adalah sama, namun sebaliknya ada yang berpendapat bahwa keduanya berbeda. Pasalnya, konsep ini menjadi topik yang menarik untuk diperdebatkan di kalangan ulama, praktisi agama, bahkan negarawan.
Untuk memahami esensi suatu konsep, kita perlu mengetahui akar dan sejarahnya. Mengetahui semua ini, kita tidak akan mudah jatuh ke dalam perangkap menerima sepenuhnya suatu konsep tanpa filter, atau bahkan mengkritiknya secara membabi buta tanpa alasan.
Masyarakat sipil Indonesia diterjemahkan sebagai masyarakat sipil. Gagasan masyarakat sipil muncul selama Renaisans Eropa, periode renaisans ketika mencoba mematahkan aturan gereja dan penguasa serta melegitimasi tirani dan despotisme atas nama agama. Konsep ini berkembang pada abad ke-17 ketika liberalisme agama dan politik muncul bersamaan.
Banyak pembalikan pemikiran terjadi selama Renaisans, ketika gagasan tentang kebebasan ideologis muncul di mana sebelumnya mereka berada di bawah hegemoni dan kesewenang-wenangan, membuat masyarakat Barat kontemporer trauma dan antipati terhadap otoritas agama. kehidupan sosial masyarakat.
Konten dalam pemikiran Renaisans ini memiliki banyak kekacauan dan ide ideologi pilihan bebas lahir di mana sebelumnya mereka berada di bawah hegemoni dan kesewenang-wenangan, yang menyebabkan trauma dan antipati masyarakat barat saat ini. otoritas keagamaan dan kehidupan sosial masyarakat.
Mereka percaya bahwa agama harus menjadi urusan pribadi setiap orang dan harus terpisah dari publik. Pada fase selanjutnya, antipati terhadap agama justru merebak dengan munculnya nihilisme, relativisme, antiotoritas, pandangan dunia, feminisme/gender dan pluralisme. Orang yang berani menentang ideologi Gereja akan mengalami siksaan yang luar biasa menyakitkan, hingga kematian. Kekejaman yang dilakukan oleh lembaga-lembaga ini dalam menghukum orang-orang kafir ini sudah terkenal.Â
Kekejaman tak tertandingi oleh alasan dan akal sehat. Jadi orang-orang memberontak melawan gereja dan otoritas. Maka, bersamaan dengan pembebasan kekuasaan gereja (agama), lahirlah masyarakat sipil, yang merupakan awal dari sekularisme. Itulah mengapa masyarakat madani merupakan konsep yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah pemikiran Barat yang sekuler. Menurut Kholil Hasib, peneliti Pusat Studi Islam dan Barat Gontori, akar perkembangan masyarakat sipil bisa dilacak. Sementara konsep masyarakat sipil terus dipahami sebagai negara dalam tradisi Eropa hingga abad ke-18, maknanya mulai berubah pada pertengahan abad ke-18. Saat itu, negara dan masyarakat sipil dipahami sebagai dua entitas yang berbeda.
Civil society sebagai sebuah konsep dengan penekanan pada ruang publik yang bebas dimana masyarakat dapat saling berinteraksi dengan penuh toleransi, baik sebagai individu dalam kelompok. Konsep ini mengutamakan penggunaan hak-hak individu secara bebas. Kita melihat bahwa masyarakat sipil merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari konsep liberalisme, sekularisme, pluralisme dan individualisme yang berkembang di Eropa.
Di Indonesia, Nurcholis Madjid adalah salah satu tokoh yang menyamakan kedua konsep tersebut. Menurutnya, masyarakat madani yang beradab ditandai dengan kesetaraan, penghargaan terhadap prestasi, keterbukaan, paksaan dan keadilan, toleransi, diskresi dan pluralisme. Adapun pluralisme, eksklusivitas dalam agama harus dihilangkan karena menghalangi kelestariannya
Masyarakat sipil adalah tatanan sosial yang subur berdasarkan prinsip-prinsip moral, yang menjamin keseimbangan antara kebebasan individu dan stabilitas sosial.
Masyarakat sipil ditandai dengan penekanan pada ruang-ruang di mana individu dan kelompok masyarakat di satu bagian negara berinteraksi satu sama lain dalam semangat toleransi. Masyarakat sipil berpartisipasi dalam kebijakan publik.
Sementara itu, konsep masyarakat madani adalah masyarakat perkotaan yang beradab dan maju. Beberapa ahli mengartikan masyarakat madani sebagai masyarakat yang beradab dan berbudaya. Meskipun mereka sering dianggap istilah yang sama, mereka memiliki beberapa perbedaan.
Secara historis, konsep masyarakat sipil dan masyarakat sipil tidak saling berhubungan.
Civil society berakar pada perjuangan Nabi Muhammad SAW untuk menghadapi ketidaktahuan akan petunjuk Ilahi (Jahiliyah) masyarakat Arab Quraisy di Mekkah. Nabi Muhammad memperjuangkan kedaulatan agar semua kelompok masyarakat di kota Madinah terjamin haknya dalam menegakkan syariat agama.
Perjuangan nabi Muhammad membuahkan Piagam Madinah, yang memuat kesepakatan dengan umat Islam untuk menerapkan hukum agama di bawah perlindungan hukum. Pada saat yang sama, masyarakat sipil muncul dari keinginan masyarakat untuk dibebaskan dari keinginan raja atau penguasa. Pembentukannya dimulai selama Revolusi Prancis pada abad ke-18.
Konsep masyarakat sipil ditandai dengan tumbuhnya kebebasan individu, kemandirian dan otonomi dalam kehidupan ekonomi dan sosial mereka.
Masyarakat madani memiliki konsep gotong royong yang mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan. Pada saat yang sama, masyarakat sipil tampaknya menerima perintah dari pihak berwenang dan kurang aktif bekerja sama dengan pemerintah. Masyarakat madani lebih berorientasi pada proses kehidupan sosial yang berlandaskan agama Islam. Pada saat yang sama, masyarakat sipil didasarkan pada semangat kesetaraan dalam tatanan demokrasi.
Masyarakat sipil adalah buah dari modernitas. Masyarakat sipil dipandang sebagai gerakan sosial sekuler yang menggantikan Tuhan. Pada saat yang sama, masyarakat sipil lahir dari pemeliharaan dan bimbingan Tuhan. Dengan demikian, masyarakat sipil dipandang sebagai masyarakat yang terbuka dan toleran yang bersumber dari Tuhan.
Masyarakat madani mengacu pada tradisi Islam Arab sedangkan masyarakat borjuis mengacu pada tradisi Barat non-Islam. Ini menciptakan perbedaan makna ketika digabungkan dengan konteks di mana kedua ungkapan itu muncul.
Kata Madani berasal dari bahasa Arab yang berkaitan dengan kata "Madinah". Civil society diartikan sebagai masyarakat perkotaan atau urban. Istilah kota tidak hanya mengacu pada letak geografis, tetapi pada ciri atau kualitas tertentu yang sesuai dengan penghuni kota, yaitu sifat yang beradab.
Istilah "beradab" adalah "tammaddun" dalam bahasa Arab, yang juga berarti "budaya tinggi".
 Civil society adalah padanan kata dalam bahasa Inggris yang berarti masyarakat sipil. Masyarakat madani diartikan sebagai masyarakat yang memiliki peradaban atau peradaban.
 Menurut sistem budayanya, masyarakat sipil adalah masyarakat di negara yang dibentuk secara religius. Masyarakat sipil, di sisi lain, mengacu pada komponen non-negara.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H