Mohon tunggu...
SHOFIATUL MARIFAH
SHOFIATUL MARIFAH Mohon Tunggu... Guru - GURU

Saya adalah seorang Ibu Rumah Tangga yang juga mendedikasikan diri untuk keberlangsungan pendidikan Pada Anak Usia Dini, selain bertujuan untuk ikut berkontribusi dalam menciptakan generasi millenial yang berkarakter mulia, pengabdian saya juga bertujuan untuk menjadi ladang ibadah saya yang semoga menjadi perantara agar dimudahkannya dalam menggapai pahala dan ridho Allah untuk bekal di kehidupan selanjutnya, yaitu di alam akhirat nanti.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice PPL Aksi 3

11 Desember 2022   20:25 Diperbarui: 11 Desember 2022   20:29 153
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

NAMA           : SITI SHOFIATUL MA'RIFAH

KELAS          : B2

NIM              : 22001039220220066

N0. UKG       : 201901154709

DALJAB        : KATEGORI 2 2022

 

 

LK 3.1 Menyusun Best Practices

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

Lokasi

TK DARUL HIKMAH

Lingkup Pendidikan

PAUD Usia 5-6 Tahun

Tujuan yang ingin dicapai

  • Meningkatkan Kemampuan Mengenal Suara Huruf Awal dari Nama Benda-benda yang Ada di Sekitarnya

Penulis

SITI SHOFIATUL MA'RIFAH, S.Pd.

Tanggal

12 November 2022

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Literasi pada anak merupakan proses berkelanjutan yang sangat dinamis, mulai dari munculnya rasa ingin tahu, kemampuan berpikir kritis, berbahasa lisan, hingga pada kemampuan membaca dan menulis. Kemampuan tersebut mengikuti perkembangan zaman untuk digunakan dalam proses belajar sepanjang hayatnya. 

 

 

Kondisi yang menjadi Latar Belakang :

Berdasarkan hasil dari observasi dan wawancara kepada teman sejawat yang sudah dilakukan, dari 6 anak dikelompok B masih terdapat 4 anak yang kurang mampu mengenal suara huruf awal nama benda di sekitar karena kurangnya stimulasi kegiatan literasi yang menarik minat anak. Pada kemampuan literasi anak kelompok B ditemukan latar belakang masalah yaitu karena media pembelajaran yang kurang variatif dan metode pembelajaran yang monoton. Anak hanya dihadapkan langsung pada kegiatan menulis langsung di buku kotak, menghubungkan kata dengan gambar pada LKPD. Sehingga perlunya inovasi dan kegiatan yang menyenangkan untuk menstimulasi perkembangan literasi pada anak yaitu dengan metode bermain menggunakan media Pak Tua "Papan Kartu Membaca Awal".

Praktik ini penting dibagikan yaitu :

  • Dengan pembelajaran menggunakan media Pak Tua "Papan Kartu Membaca Awal" dapat menarik minat anak untuk belajar mengenal suara huruf awal nama benda di sekitar
  • Anak lebih aktif dan antusias dalam memahami konsep huruf serta cara pelafalannya
  • Menstimulasi anak untuk meningkatkan kemampuan menyusun huruf abjad menjadi kata dan dapat membaca kata hasil susunannnya sendiri

Yang menjadi peran tanggung jawab saya dalam praktik ini yaitu :

  • Berperan aktif sebagai fasilitator yang berupaya dengan maksimal dalam memfasilitasi anak sehingga anak dapat mencapai keberhasilan dalam kegiatan belajar seraya bermain di sekolah
  • Menciptakan suasana aman dan nyaman untuk anak
  • Mencari banyak referensi dari berbagai platform dan juga berdiskusi dengan teman sejawat serta dosen dalam penyusunan RPP
  • Membuat media pembelajaran yang menarik sesuai kebutuhan anak untuk mendapatkan pengalaman yang bermakna dari kegiatan bermainnya

Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Tantangan yang dihadapi :

 

  1. Tidak menggunakan layar proyektor sehingga tampilan gambar tidak jelas
  2. Rekaman video kurang lengkap dan memiliki durasi yang terbatas karena memory  HP tidak memenuhi
  3. Penempatan laptop zoom masih kurang pas, masih terlalu dekat sehingga tidak terlihat secara keseluruhan

Pihak-pihak yang terlibat 

  1. Kepala Sekolah TK Darul Hikmah  yang memberikan izin persetujuan pelaksanaan PPL Siklus 3
  • Teman Sejawat sebagai kameramen dalam perekaman video praktik PPL Siklus 3
  • Siswa kelas B1  TK Darul Hikmah sebagai sentral dalam proses pembelajaran
  • Koordinasi dengan walimurid sehubungan dengan anak yang akan diajak PPL
  • Dosen dan Guru Pamong yang memberikan bimbingan, masukan, dan saran yang bersifat membangun untuk memperbaiki kegiatan pembelajaran pada siklus berikutnya agar pembelajaran bisa berjalan lebih baik lagi.

 

 

Aksi : 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkah-langkah dan strategi :

Membuat RPP pada siklus 3

  • Mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan dalam pembelajaran yaitu : Pak Tua "Papan Kartu Membaca Awal", Kartu huruf, kartu gambar bagian-bagian rumah, baskom untuk tempat kartu huruf
  • Menyiapkan dan mengisi instrumen penilaian
  • Menggunakan media benda kongkret dan video pembelajaran dalam menyampaikan materi pembelajaran
  • Menyiapkan 2 perangkat untuk proses perekaman. Satu perangkat laptop untuk proses sit in dosen dan guru pamong melalui aplikasi zoom dan 1 handphone untuk proses perekaman PPL Siklus 3
  • Berkoordinasi dengan sekolah, baik itu dengan kepala sekolah, guru , wali murid dan siswa pada PPL Siklus 3
  • Melakukan evaluasi hasil kegiatan pembelajaran bersama dosen, guru pamong dan rekan mahasiswa untuk mendapatkan saran dan masukan untuk perbaikan pada setiap siklus,terutama pada siklus selanjutnya.

Sumber Daya atau materi yang diperlukan:

  • Penayangan video tentang topik yang dibahas untuk memberikan pengalaman bermakna bagi anak dan juga informasi tambahan untuk anak.
  • Bahan ajar, Pak Tua "Papan Kartu Membaca Awal", LKPD, dan instrumen penilaian
  • Kemampuan guru dalam mengoperasikan alat-alat pendukung pembelajaran yaitu laptop dan speaker
  • Dukungan dari kepala sekolah, guru teman sejawat dan teman-teman sesama mahasiswa.

Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Dari hasil refleksi pembelajaran yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa anak-anak antusias dan senang  terhadap pembelajaran yang telah diberikan oleh guru. Berbagai kegiatan yang bervariasi dan menarik dapat menumbuhkan minat belajar anak sehingga anak merasakan bahwa mereka sekedar bermain namun memiliki dampak besar dalam perkembangan kemampuan yang dimiliki anak.

Berdasarkan dari hasil penilaian pembelajaran yang diperoleh, maka dapat diambil kesimpulan bahwa terjadi peningkatan dalam kemampuan stimulasi literasi dengan media Pak Tua "Papan Kartu Membaca Awal" di TK Darul Hikmah. Adapun  presentase keberhasilan yang di dapatkan yaitu 83 % berkembang sangat baik dalam kemampuan stimulasi literasi menggunakan media Pak Tua "Papan Kartu Membaca Awal" dan 17 % siswa yang masih berkembang sesuai harapan. Dengan berkembangnya literasi pada anak dalam mengenal suara huruf awal nama benda di sekitar tidak merasa kesulitan lagi. Anak sudah bisa menyusun huruf menjadi kata dengan benar sehingga hasil susunannya juga dapat dibaca sendiri oleh anak dengan tepat. Keberhasilan ini juga di motivasi dari cara guru menyampaikan materi dan pemilihan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik dan keadaan yang ada. Orang lain merespons positif atas strategi pembelajaran yang telah dilaksanakan

  • Berdasarkan penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran akan mendapat hasil yang baik jika pembelajaran itu didasari dengan metode serta media yang menarik, inovatif dan kreatif. Sehingga menumbuhkan minat anak untuk belajar dan juga menumbuhkan pemahaman pada anak tanpa anak merasa terbebani dan merasa senang serta antusias karena anak merasa sedang bermain bukan belajar.

RTL 1 (Perangkat Pembelajaran Kurtilas Kelompok B)

 

Dalam rangka Diseminasi pengembangan perangkat pembelajaran, tentukan urutan Rencana Kegiatan, Waktu dan Tempat kegiatan, serta Pihak yang Terkait, menggunakan format berikut.

Nama              : Siti Shofiatul Ma'rifah

Instansi          : TK Darul Hikmah

 Prodi              : PAUD

Rencana Kegiatan

Waktu

Tempat Kegiatan

Pihak Yang Terkait

Keterangan

Menyusun

RPP

Senin,14  November 2022

Ruang

Guru

Guru, Guru Sejawat

dan Kepala Sekolah

Pukul 10.00

Membuat Bahan Ajar

Sabtu, 05

November 2022

Ruang Guru

Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah

Pukul 10.00

Membuat Media

Senin, 07

November 2022

Ruang Guru

Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah

Pukul 10.00

Membuat LKPD

Selasa, 08

November 2022

Ruang Guru

Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah

Pukul 10.00

Membuat Instrumen

Penilaian

Rabu, 09  November 2022

Ruang Guru

Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah

Pukul 10.00

RTL-2 (Membuat video dalam pembelajaran)

 

Dalam rangka Diseminasi pengembangan perangkat pembelajaran, tentukan urutan Rencana Kegiatan, Waktu dan Tempat kegiatan, serta Pihak yang Terkait dengan menggunakan format berikut.

Nama              : Siti Shofiatul Ma'rifah

Instansi          : TK Darul Hikmah

Prodi               : PAUD

Rencana

Kegiatan

Waktu

Tempat

Kegiatan

Pihak Yang Terkait

Keterangan

Pembuatan skenario video

RPP

Kamis, 10  November

2022

Ruang Kelas B1

Guru, Guru Sejawat  dan Kepala Sekolah

Pukul 10.00

Latihan buat

Video

Jum'at, 11  November

2022

Ruang Kelas  B1

Guru dan Teman

Sejawat

Pukul 07.00

Rekaman

Video

Sabtu, 12 November

2022

Ruang Kelas  B1

Guru dan Teman

Sejawat

Pukul 08.00

Editing video

Senin, 14  November

2022

Dirumah

Guru

Menyesuaikan

Finalisasi

Video

Selasa, 15 November

2022

Dirumah

Guru

Menyesuaikan

Dalam rangka Diseminasi penyusunan best practice pembelajaran dengan pendekatan STAR, tentukan urutan Rencana Kegiatan, Waktu dan Tempat kegiatan, serta Pihak yang Terkait dengan menggunakan format berikut.

 

Nama                   : Siti Shofiatul Ma'rifah

Instansi               : TK Darul Hikmah

 Prodi                    : PAUD

Rencana

Kegiatan

Waktu

Tempat Kegiatan

Pihak Yang Terkait

Keterangan

Koordinasi

persiapan Best Practise

Rabu, 08 Desember

2022

Ruang Kelas A2

Guru, Guru Sejawat  dan Kepala Sekolah

Pukul 10.00

Pelaksanaan Best Practise

Kamis, 09  Desember

2022

Ruang Kelas A2

Guru dan Teman

Sejawat

Pukul 07.20

Analisis Data

Jum'at, 10  Desember

2022

Ruang Kelas A2

Guru

Pukul 10.00

Pembuatan laporan Best

Practise

Sabtu, 11 Desember

2022

Ruang Guru

Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah

Pukul 10.30

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
  13. 13
  14. 14
  15. 15
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun