Lokasi
SMP Negeri 3 Delanggu
Lingkungan Pendidikan
Sekolah Menengah Pertama
Tujuan
Peningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi dengan media cerita bergambar dengan  model STAD.
Penulis
Shita Dwika Ratna. T
Tanggal
16 Desember  2021
Situasi:
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa  praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
Latar belakang masalah dari praktik pembelajaran ini adalah  Kemampuan siswa dalam menulis teks deskripsi rendah, disebabkan oleh :
- Guru kurang variasi dalam menggunakan media pembelajaran.
- Guru merasa kesulitan menerapkan beberapa jenis motode pembelajaran.
- Peserta didik masih kesulitan dalam membuat teks deskripsi.
Dari beberapa latar belakang masalah di atas, dapat disimpulkan bahwa rendahnya kemampuan menulis teks deskripsi peserta didik disebabkan oleh kurang mampunya guru dalam memilih media dan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran.
Menurut saya praktik baik ini perlu dibagikan karena sebagai bahan referensi bagi guru yang mengalami permasalahan yang sama dalam pembelajaran, adanya perubahan positif pada peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dan penggunaan media cerita bergambar yang membuat peserta didik antusias dalam pembelajaran.Â
Peran dan tanggungjawab guru dalam praktik ini adalah sebagai fasilitator peserta didik untuk mengembangkan kemampuannya dalam materi Bahasa Indonesia. Di sini peran guru tidak hanya bercerita  dan memaksa peserta didik untuk mendengarkan teori, tetapi guru juga harus mampu mendidik, mengarahkan, dan mengikutsertakan peserta didik aktif dalam pembelajaran agar tujuan pembelajaran bias tercapai.
Tantangan :
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,
Tantangan yang dihadapi guru untuk mencapai tujuan tersebut adalah :
Guru harus  mampu menumbuhkan motivasi belajar peserta didik.
Guru harus mampu menggunakan media dan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran
Membuat bahan ajar yang menarik.
Pihak yang terlibat dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, teman sejawat, dan peserta didik..
Â
Aksi :
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini
Langkah-langkah yang dilakukan untuk mengahdapi tantangan tersebut adalah guru membuat rencana pelaksanaan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, guru menggunakan media cerita bergambar dan model STAD dalam  menulis teks deskripsi.
Langkah-langkah Pembelajaran :
- Pendahuluan :pada kegiatan pendahuluan guru membuka pembelajaran dengan mengucap salam,berdoa, dan presensi peserta didik. Â Melakukan apersepsi dan motivasi serta menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran.
- Kegiatan Inti : pada kegiatan ini guru mengarahkan peserta didik untuk memperhatikan contoh teks deskripsi yang berupa buku cerita bergambar. Guru mengarahkan peserta didik untuk membentuk kelompok. Peserta didik diminta menulis teks deskripsi. Guru meminta peserta didik membacakan hasil teks deskripsi yang sudah ditulis di depan kelas. Kelompok lain menanggapi.
- Penutup : pada kegiatan ini guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari dan memberikan penguatan terhadap materi teks deskripsi. Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan salam dan doa.
Refleksi Hasil dan dampak Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya
efektif? Atau tidak efektif?
Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut
Dampak aksi dari langkah-langkah uang dilakukan dapat dilihat dari :
- Guru lebih mudah dalam menyampaikan materi pembelajaran.
- Minat peserta didik dalam menulis teks deskripsi meningkat.
- Dengan menggunakan mosel STAD peserta didik termotivasi dan lebih kreatif dalam menulis teks deskrisi.
Pada penelitian yang dilakukan ini dari langkah-langkah yang dilakukan sangat efektif karena terlihat perubahan yang dirasakan guru maupun peserta didik yaitu mengenai hasil yang diperoleh dalam menulis teks deskripsi meningkat.
Faktor yang mempengaruhi keberhasilan  pembelajaran ini adalah kemampuan guru dalam memilih media dan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi sehingga membuat motivasi peserta didik dalam menulis teks deskripsi meningkat.
Pembelajaran yang bisa diambi; dari keseluruhan proses adalah guru harus berperan aktif dalam proses pembelajaran, menguasai model pembelajaran, piawai memilih media yang sesuai dengan materi pembelajaran, serta guru harus melakukan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik agar proses pembelajaran lebih bermakna.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H