Mohon tunggu...
Singgah Sima Dewi
Singgah Sima Dewi Mohon Tunggu... Freelancer - Plants Enthusiast

Menanam, mengakar, tumbuh, merekah dan berkembang biak dalam kebaikan sabda alam. Semoga bermanfaat 😊👌.

Selanjutnya

Tutup

Sosok Pilihan

Catatan Ziarah Mesir 1 : Pertama Kali Berkunjung ke Makam Imam Syafi'i (Mausoleum of Imam Al-Shafi'i) yang Berada di Kota Mati Cairo

16 Desember 2023   18:33 Diperbarui: 30 Desember 2023   13:58 397
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mausoleum of Imam al-Shafi'i (Sumber : Dokumen Pribadi)

Waktu itu adalah hari ke 12 saya menginjakkan kaki di Mesir. Hari Jum'at, 2 Juni 2023 pagi-pagi saya diminta oleh suami saya untuk bersiap-siap, katanya dia ingin mengunjungi suatu tempat, dan saya diajak untuk ikut. 

Selama 12 hari di Mesir saya belum pernah pergi jauh, paling-paling hanya keluar di dekat rumah seperti ke pasar atau ke toko roti, karena saat itu suami saya masih sibuk untuk persiapan ujian kuliah termin 2, jadi belum bisa untuk pergi-pergi. 

Namun di hari itu di sela-sela hari ujian, tiba-tiba suami saya mengajak saya untuk pergi ke suatu tempat, tadinya saya mengira kalau saya akan diajak berziarah ke makam Sayyidina Husein, karena hari-hari sebelumnya ia seringkali bilang kalau rindu sekali berziarah ke makam Sayyidina Husein.

Saya hanya ingat untuk sampai ke tempat tujuan, dari Hay Asyir kami sekali naik bus, sekali naik tremco dan sekali naik tuk-tuk melewati beberapa pasar, salah satunya adalah pasar hewan. Kami sampai di sebuah kawasan yang cukup ramai dengan orang yang berdagang dari mulai makanan, pakaian hingga souvenir. 

Setelah melewati para pedagang, kami sampai di gerbang berwarna biru dengan bangunan berwarna cream yang sangat artistik dibelakangnya. Sampai di depan gerbang, saya masih belum tau saya sedang dimana dan ini tempat apa. Lalu saya diajak masuk, setelah masuk barulah saya paham jika ternyata kami sedang berada di Makam Imam Syafi'i. Sebelumnya saya tidak pernah membayangkan bisa sampai sini untuk berziarah langsung ke Makam Imam Syafi'i, seorang imam madzhab besar yang namanya sangat masyhur sepanjang zaman.

Makam Imam Syafi'i atau kalau di Maps tertulis Mausoleum of Imam al-Shafi'i beralamat di Al Abageyah, El Khalifa, Cairo. Berada di sebuah komplek yang sering disebut kawasan kota mati, karena sepanjang kawasan itu adalah pemakaman.

Melansir dari Wikipedia  Makam Imam Syafi'i adalah makam yang didedikasikan untuk Imam Al-Syafi'i, salah satu dari empat Imam Sunni yang mendirikan sekolah fikih Islam Sunni Syafi'i. Terletak di Jalan Imam Syafi'i di Kota Orang Mati, Kairo, makam ini merupakan ciri khas arsitektur gaya Ayyubiyah dan signifikansi sejarah.

Bagi saya yang baru pertama kali menginjakkan kaki di Mesir, tentu melihat segala sesuatunya dengan antusias kadang sampai ketingkat gumunan, bagi saya semua yang ada di Mesir itu unik. 

Saat bus mulai jalan, sepanjang jalanpun saya memandang dengan antusias, saya perhatikan setiap orang yang berbicara meskipun saya tidak mengerti bahasanya, saya memandang keluar melihat jalanan ada beberapa motor yang bersliweran di jalan raya. Pengendara motor disini memang tidak banyak, jalanan di dominasi oleh pengendara mobil dan angkutan umum.

Untuk menuju tempat tujuan, kami sekali naik bus dengan seat 2-1 yang biasa di kenal oleh para Mahasiswa/i Indonesia yang ada di sini dengan sebutan "Bus 80 Coret", saya suka sekali naik bus ini karena seatnya lega, ongkos naik bus ini juga sangat terjangkau yaitu 6 LE atau sekitar Rp. 3.000,- untuk rate saat ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosok Selengkapnya
Lihat Sosok Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun