Mohon tunggu...
Shifa Fauziyah
Shifa Fauziyah Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Ubah Lelah Jadi Lillah

24 Januari 2019   13:35 Diperbarui: 24 Januari 2019   14:36 106
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto kegiatan Sekolah Advokasi| Dokumentasi pribadi

Nama ku Shifa Fauziyah, biasa dipanggil Shifa atau cipeh. Aku adalah mahasiswi Institut Pertanian Bogor jurusan biologi yang sebelumnya adalah anak pindahan dari salah satu kampus favorit di Malang yaitu Universitas Brawijaya atau biasa disingkat UB. Aku masuk ke UB lewat jalur SNMPTN dari SMAN 3 Bekasi. Aku memilih UB karena ekspektasiku tentang kota Malang itu sangat indah, enak buat travelling dan cocok serta nyaman sebagai tempat untuk menuntut ilmu. Dan ternyata ekspektasi ku sesuai dengan realita yang ada loh! Malang benar-benar kota yang sejuk. Kota yang unik. Dan pastinya memiliki keindahan alam yang beranekaragam mulai dari pantai, pegunungan, tempat wisata, dan masih banyak lainnya.

Tahun pertama aku kuliah, aku berfikir harus memperbanyak pengalaman dan relasi, secara aku adalah anak jauh yang bukan berasal dari Malang. Mulai dari situ aku mencoba mendaftar sebagai anggota di Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FMIPA UB, dan Alhamdulillah aku diterima sebagai anggota kementerian Humas, yeay! Bidang Humas ini aku rasa sangat cocok dengan kemampuan diriku dimana aku merupakan anak yang mudah bergaul, mampu beradaptasi dengan lingkungan baru, dan aku sangat senang bisa banyak berinteraksi dengan orang-orang diluar BEM. Selama kepengurusan, aku juga diamanahkan sebagai penanggung jawab  acara Mipa Expo. Kegiatan organisasi ini kulakukan dengan sebaik-baiknya dan Alhamdulillah aku sangat senang bisa mendapatkan amanah ini.

Dua semester sudah kulalui dengan rasa puas di hati. Tak cukup dengan menjadi anggota di BEM FMIPA UB, aku pun mencoba mendaftar humas Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) tingkat universitas atau se-UB. Walaupun tidak diterima dibagian humas, tapi aku diterima di bidang advokasi dan diamanahkan sebagai kepala divisi acara Sekolah Advokasi UB. Disini aku merasa tertantang untuk lebih banyak belajar dan mencari tau hal-hal mengenai advokasi yang ada di UB, tentunya hal ini dapat membuat diriku menjadi lebih berkembang.

Beberapa bulan berlalu, ketika diriku sudah semakin nyaman di UB dan DPM UB. Tiba-tiba pada suatu malam ayah mengajakku membicarakan suatu hal yang serius. Ayah memberitahu kepada ku bahwa Ayah dipindah tugas dinasnya  yang tadinya di Malang juga, kembali lagi ke Jakarta. Karena aku anak terakhir dan kakak-kakak ku sudah menikah semua, Ayah meminta kepada ku untuk ikut balik lagi ke Bekasi dan pindah kuliah ke IPB. Sedih, perasaan yang hanya kuraskan saat itu. Saat dimana semua sudah terasa nyaman dan mengasyikkan, teman-teman angkatanku yang juga begitu solid membuatku sangat sedih karena harus berpisah dari mereka, huhuhu.

Inagurasi Biologi UB|Dokumentasi pribadi
Inagurasi Biologi UB|Dokumentasi pribadi
Proses perpindahan ini tidaklah mudah. Banyak persyaratan yang harus dipenuhi agar dapat pindah ke kampus lain. Diantaranya yaitu aku harus mem-blacklist nama ku di UB dengan menonaktifkan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) karena aku diterima melalui jalur SNMPTN atau sebutannya jalur undangan, jadi hal itu harus dilakukan agar bukan sekolah ku yang di-blacklist tapi cukup diriku :". Selain itu ada jumlah SKS yang harus diambil dan nilai IPK yang harus dipenuhi. 

Setelah semua persyaratan beres, barulah aku mengurus hal-hal yang ada di IPB  seperti nomer induk mahasiswa untuk medapatkan KTM lagi dan biodata diri serta data-data lainnya. Dan setelah semua itu selesai, resmilah diriku menjadi mahasiswi IPB yang masuk tidak melalui jalur apapun yang disediakan oleh IPB, yaa tentu karena aku kan mahasiswa pindahan, haha.

Cerita pun berubah, ketika diriku ini yang merupakan anak pindahan menjalani kehidupan kampus di IPB. Hidup di Institut ternyata berbeda dengan Universitas dimana pada tahun pertama aku harus tinggal di asrama dan kuliah Program Pendidikan Kompetensi Umum (PPKU). Sistem perkuliahan yang ku jalani sebagai anak pindahan pun berbeda karena ada beberapa mata kuliah yang sudah ku ambil di UB, jadi tahun pertama di IPB aku harus mengambil mata kuliah di PPKU dan Departemen Biologi. 

Memang awalnya cukup membingungkan dan lelah apabila dirasakan. Namun, ketika semua itu dijalani dengan rasa syukur dan sabar, semua itu tidak terasa sama sekali loh. Dan Alhamdulillah juga, kondisi di IPB ini hampir sama nyamannya dengan di UB.

Prinsip menambah pengalaman dan relasi masih tertancap dihati ku walaupun aku sudah berada dikampus yang baru dan berbeda. Tidak menyia-nyiakan waktu, tahun pertama aku mendaftar kepanitiaan besar di FMIPA yaitu acara Pesta Sains Nasional (PSN) 2016 sebagai staf acara. Dari situ aku dapat menemukan banyak teman baru, ruang lingkup baru dan pengalaman baru. Setelah kepanitiaan itu berakhir, semangat ku untuk menambah pengalaman dan relasi malah semakin meningkat dan mencoba mengambil suatu langkah besar yaitu mendaftar sebagai staf BEM KM IPB 2017.

Segala sesuatu asalkan diniatkan dengan baik maka insyaallah akan berbuah baik.

Walaupun aku tidak memiliki pengetahuan dan background apapun dibidang seni dan budaya, tapi Alhamdulillah aku diterima di kementerian tersebut di organisasi pertama yang aku ikuti di IPB. Karena tidak menahu akan apapun dan baru pada bidang ini, membuat ku semakin termotivasi untuk mencari tahu serta totalitas dalam menjalaninya. Partner kerja di BEM KM pun sangat beragam karena masing-masing berasal dari fakultas dan daerah yang berbeda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun