Perkenalkan, saya Shifa Rauda mahasiswi Ilmu Administrasi Niaga Universitas Indonesia. Untuk memenuhi tugas akhir mata kuliah Kewirausahaan, saya merancang Future Development dengan bentuk Model Bisnis Kanvas. Selamat membaca!
Perkembangan dunia fashion yang selalu berubah mengikuti setiap perkembangan zaman akan memberikan trend tersendiri bagi bidang fashion, salah satu produk fashion ialah tas. Tas yang merupakan bagian dari bidang fashion saat ini sudah menjadi salah satu kebutuhan yang sangat diperlukan oleh masyarakat dalam melakukan segala aktivitasnya. Tas sebagai salah satu produk fashion tidak hanya mengandalkan kebutuhan konsumen, melainkan juga memenuhi keinginan dan permintaan konsumen.
Di era sekarang, banyak konsumen khususnya remaja yang menginginkan tas dengan bentuk yang simple dan tidak terlalu formal sehingga dapat digunakan untuk beragam situasi. Keinginan untuk memiliki tas dalam berbagai fungsi ini kerap kali dijumpai dalam kalangan remaja wanita dimana mereka membutuhkan dan menginginkan model tas wanita yang tetap fashionable namun dapat memenuhi barang bawaan yang cukup banyak, seperti laptop, notes, makeup pouch, dan sebagainya tanpa harus membawa tas lainnya. Banyaknya barang bawaan ini juga terkadang menyulitkan konsumen tas dalam mencari barang yang dibawa dalam tas sehingga membuat isi tas menjadi berantakan ketika mencari barang tersebut.
Keinginan untuk memiliki tas yang selalu terlihat berbeda dan unik pun kerap dirasakan oleh konsumen seperti sistem custom yang ada namun sistem ini hanya terbatas untuk model tas tertentu. Maka dari itu, produk “Réticle Bag” hadir sebagai future development dari Wibag yang pernah kami produksi dimana dalam pengembagannya kami merubah model tas totebag menjadi backpack sekaligus dapat dijadikan slingbag untuk membantu menyelesaikan persoalan yang dihadapi oleh konsumen tas, dimana produk ini hadir dengan multifungsi, organizer, serta inovasi terbaru dalam menampilkan tas yang terlihat berbeda dengan adanya ‘clear pocket’ yang juga dapat diisi dengan changeable card design sehingga tas akan terlihat berbeda setiap digunakan dan tas akan bersifat ‘personlized’.
Business Canvas Model
a. Value Proposition
Produk “Réticle Bag” hadir dengan menawarkan beberapa keunggulan, diantaranya: 1) Multifunction, dimana produk ini memiliki dua fungsi sekaligus, sebagai tas backpack dan juga slingbag. Produk ini kami design dengan model yang telah disesuaikan sehingga cocok untuk dijadikan backpack dan juga slingbag sehinga konsumen dapat menggunakan satu tas dalam setiap kondisi , 2) Organizer, dimana produk ini memiliki 2 slot utama di dalamnya yang mana satu slot special sebagai slot menyimpan laptop dan beberapa pocket yang terdapat di dalam sebagai organizer barang-barang penting dan mudah terselip, seperti pulpen, handphone, powerbank, dompet, dan lain sebagainya, 3) Practice and Simple. Produk ini memiliki kemudahan dalam penggunaannya dimana dalam merubah fungsi yang ada produk kami menawarkan cara yang berbeda dari produk lainnya yang sudah ada, dimana kami tidak menggunakan ring sebagai ‘pengait’ pemindah tetapi kami menggunakan tali yang sama dalam backpack dan slingbag sehingga konsumen akan lebih efisien dalam menggunakannya tanpa perlu melepas pasang tali yang ada dan hanya perlu menyesuaikan panjang tali sehingga akan lebih praktis, 4) Changeable Card Design. Dalam produk ini kami memiliki inovasi yang masih jarang ditemui, dimana kami tas kami memiliki “bagian” yang dapat diisi dengan bebagai jenis card atau design lainnya yang dapat membuat tas terlihat berbeda setiap kali digunakan.
b. Customer Segments
Dengan value proposition yang telah disebutkan sebelumnya produk “Réticle Bag” akan menargetkan kalangan wanita baik dari remaja hingga dewasa dengan usia 16-28 tahun sebagai customer segment kami. Hal ini dikarenakan kami menilai segment tersebut telah memiliki kebutuhan dan keinginan yang tinggi akan tas yang multifungsi dan tetap fashionable.
c. Customer Relationship
Untuk membangun kesan yang baik dengan konsumen produk “Réticle Bag” akan melakukan customer relationship melalui broadcast dalam Official Account Line kami yang ditujukan kepada adders dan konsumen mengenai informasi produk maupun promo atau diskon yang sedang ada di “Réticle Bag”, sehingga akan terjalin komunikasi baik sebelum, saat, dan sesudah penjualan dengan konsumen. Selain itu customer relationship kami lakukan dengan personal assistant yang dapat membantu konsumen dalam melakukan pembelian.
d. Channel
Agar keunggulan-keunggulan “Réticle Bag” dapat tersampaikan dengan baik kepada segment pasar kami, maka kami akan berfokus pada channel yang kami miliki yaitu media online atau social media yang terdiri dari facebook, Instagram, dan official line, serta endorsement dimana kami akan menggunakan social media influencer dalam memasarkan produk kami.
e. Key Activies
Key activities untuk membangun value propostion kami yaitu produksi dimana aktivitas ini berupa mendesain, melakukan penjahitan, dan finishing akhir yang semuanya dilakukan di vendor kami. Selain melakukan produksi, kami juga melakukan kegiatan pemasaran dan penjualan sebagai key activites kami.
f. Key resource
Key Resoure dapat berupa manusia, benda fisik, maupun finansial. Untuk mewujudkan atau menjalankan key activities kami memiliki key resource berupa manusia yang merupakan anggota tim kami dimana tim ini adalah asset penting dalam model bisnis dan intelektual yang berupa pengetahuan, partnership, dan brands. kami juga memiliki key resource berupa financial sebagai modal mengembangkan bisnis ini.
g. Key Partner
Dalam menjalankan bisnis ini kami memiliki dua key partner demi mendukung aktivitas dan meningkatkan produktivitas kami, yaitu konveksi atau vendor yang melakukan kegiatan produksi dari produk kami yang dilakukan di konveksi yang berada di Bandung, Jawa Barat dan juga delivery service yang melakukan pengiriman barang dari konveksi ke kami dan dari kami ke konsumen.
h. Cost Structure
Terdapat biaya-biaya untuk merealisasikan aktivitas tersebuut. Biaya utama dalam proses ini adalah biaya produksi yang terdiri dari biaya pembelian material, penjahit, serta delivery service dari pihak konveksi kepada kami. Selain itu, kami juga memiliki biaya marketing yang mencakup pembayaran untuk endorse dan paid promote di Instagram sebagai strategi marketing produk kami.
i. Revenue Stream
Revenue stream yang kami dapatkan berasal dari hasil penjualan produk yang kami tawarkan dimana pembayaran dapat dilakukan secara tunai dan transfer.
Demikian Future Development dari produk tas kami, terima telah membaca Business Model Canvas “Réticle Bag”. Saya akan senang hati menerima kritik dan saran yang diberikan
“Réticle Bag”
Your Fashionable Bag
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H