Mohon tunggu...
Shifa Fadilah
Shifa Fadilah Mohon Tunggu... Mahasiswa - pembelajar

Shifa Fadilah

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Sistem Pengendalian Manajemen PT Mustika Ratu Tbk

7 Juni 2024   21:39 Diperbarui: 7 Juni 2024   21:41 103
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

PT Mustika Ratu Tbk didirikan pada tanggal 14 Maret 1978, PT Mustika Ratu Tbk (Perseroan) merupakan perusahaan kosmetik dan Jamu Modern tradisional ternama di Indonesia. Berdiri pertama kali dengan nama PT Mustika Ratu, perusahaan memiliki reputasi dan keahlian yang baik dalam pengembangan produk-produk kecantikan dan jamu kesehatan tradisional. Perusahaan ini memulai kegiatan usaha dimulai pada tahun 1978.

Visi
Menjadikan Warisan tradisi keluarga leluhur sebagai basis industri perawatan kesehatan kebugaran dan
kecantikan penampilan paripurna (holistic wellness) melalui proses modernisasi teknologi berkelanjutan namun secara hakiki tetap mengandalkan tumbuh-tumbuhan yang berasal dari alam".

Misi
a. Melindungi dan mempertahankan kekayaan sumber daya alam dan budaya Indonesia, dan mengangkatnya dengan pengetahuan dan teknologi modern.
b. Memberikan produk dan layanan berkualitas tinggi.
c. Menginspirasi karyawan kami dalam memberikan kepuasan konsumen.

Motto
Pusaka Indonesia yang berarti Mustika Ratu memberikan perawatan kecantikan secara holistic yaitu kecantikan luar dan dalam melalui tradisi Indonesia

Tujuan 
Memanfaatkan kekayaan alam dan budaya Indonesia, Mustika Ratu melestarikan pusaka bangsa melalui rangkaian produk dengan sentuhan kemewahan yang akan memancarkan kecantikan dan kebugaranmu. Memproduksi dan memperdagangkan kosmetik, perawatan tubuh, minuman kesehatan herbal dan tradisional.

Tata Nilai Perusahaan 

a. Mengutamakan peningkatan kepuasan pelanggan. 

b. Bekerja dengan budaya kekeluargaan dan keakraban. 

c. Menghargai integritas dan profesionalisme yang tinggi. 

d. Menunjang kerja sama dan gotong royong dalam mencapai tujuan Bersama.

Siklus Pendapatan

Siklus pendapatan adalah pertukaran langsung dari produk akhir dan jasa menjadi kas dalam satu kali transaksi antara penjual dan pembeli. Siklus pendapatan merupakan konsep penting bagi perusahaan yang memiliki jeda besar antara penjualan barang dan penerimaan pembayaran. Transaksi yang terjadi antara kedua peristiwa tersebut membentuk siklus pendapatan. Tujuan siklus pendapatan :

  • Mencatat order penjualan dengan cepat & akurat.
  • Memeriksa kelayakan kredit pelanggan.
  • Mengirimkan produk atau jasa sesuai hari yang ditentukan.
  • Melakukan penagihan dengan tepat waktu dan akurat.
  • Mencatat dan mengklasifikasikan penerimaan kas dengan cepat dan akurat.
  • Posting penjualan dan penerimaan kas pada buku pembantu piutang yang sesuai.
  • Mengamankan produk sampai barang dikirim
  • Mengamankan kas sampai didepositokan

Empat aktivitas dasar bisnis yang dilakukan dalam siklus pendapatan :

1.         Penerimaan pesanan dari para pelanggan

  • Mengambil pesanan pelanggan
  • Persetujuan kredit
  • Memeriksa ketersediaan persediaan
  • Menjawab permintaan pelanggan

2.         Pengiriman barang

  • Ambil dan pak pesanan
  • Kirim pesanan 

3.         Penagihan dan piutang usaha

  • Penagihan
  • Pemeliharaan data piutang usaha
  • Pengecualian: Penyesuaian rekening dan penghapusan 

4.         Penagihan kas

  • Menangani kiriman uang pelanggan
  • Menyimpannya ke bank

Entri pesanan penjualan mencakup tiga tahap: mengambil pesanan dari pelanggan, memeriksa dan menyetujui kredit pelanggan, serta memeriksa ketersediaan persediaan dan juga menjawab permintaan pelanggan.

Aktivitas dasar kedua dalam siklus adalah memenuhi pesanan pelanggan dan mengirimkan barang dagangan yang diinginkan tersebut. Proses ini terdiri dari dua tahap:

1) Mengambil dan mengepak pesanan

2) Mengirim pesanan tersebut

Siklus Pengeluaran

Siklus Pengeluaran merupakan serangkaian aktivitas bisnis dan kegiatan pengolahan data yang berhubungan dengan pembelian dan pembayaran atas barang dan jasa yang dibeli. Tujuan siklus pengeluaran yaitu untuk memudahkan pertrukaran kas dengan pemasok barang atau jasa perusahaan. Secara lebih luas tujuannya yaitu :

  • Menjamin bahwa semua barang dan jasa yang dipesan sesuai dengan aturan yang dibutuhkan.
  • Menerima semua barang yang dipesan dan memastikan bahwa barang yang diterima dalam kondisi baik.
  • Mengamankan barang hingga dibutuhkan
  • Menentukan faktur yang berkaitan dengan barang dan jasa yang benar
  • Mencatat dan mengklasifikasi pengeluaran dengan tepat
  • Mengirimkan uang ke pemasok yang tepat
  • Menjamin bahwa semua pengeluaran kas berkaitan dengan pengeluaran yang telah diizinkan.
  • Mencatat dan mengklasifikasi pengeluaran kas dengan tepat dan akurat.

Banyak produk kosmetik yang bermunculan di pasaran dan persaingan semakin ketat terutama dalam produk kosmetik dalam memberikan penawaran penawaran yang menarik sehingga dapat mempengaruhi konsumen, hal ini yang menyebabkan salah satu factor yang menyebabkan penurunan daya beli konsumen. 

Hal ini merupakan kendala yang sangat berat yang dihadapi salah satu perusahaan kosmetik ternama yaitu PT Mustika Ratu dalam mempertahankan produknya dan menjaga kepercayaan konsumennya dalam produk  produknya. Kendala tersebut muncul dari dua aspek yaitu dari aspek internal dan aspek eksternal diantaranya yaitu kurangnya tenaga SDM yang muda yang masih banyak pemikiran kreatif, lokasi perusahaan yang kurang strategis, kurangnya promosi-promosi, kemasan produk yang kurang menarik sehingga konsumen beralih ke produk yang lain, kurang tanggap dalam merespon selera pasar.                                                                        

Dengan mempertimbangkan banyak factor di atas PT Mustika Ratu harus segera mengambil solusi yang terbaik dengan beberapa cara yaitu dengan tanggap merespon selera pangsa pasar apa yang dibutuhkan atau apa yang sesuai dengan trend saat ini, membuat kemasan yang menarik sehingga konsumen tertarik untuk membeli dan mengkonsumsinya dalam jangka waktu lama dengan tetap memperhatikan komposisi dan keamanannya, dengan promosi-promosi seperti sebagai sponsor utama dalam Pemilihan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun