Mohon tunggu...
Sheva
Sheva Mohon Tunggu... Lainnya - Ddd

dddd

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pengaruh IPTEK terhadap Aspek Kewarganegaraan

19 November 2023   22:17 Diperbarui: 19 November 2023   22:26 160
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Teknologi ada di mana-mana. Tidak ada yang bisa menyangkal hal itu dan tidak bisa mengabaikannya. Beberapa siswa SD bahkan sudah memiliki ponsel, dan bahkan kelas prasekolah pun memiliki komputer dan tablet di dalamnya. Siswa-siswa lebih paham tentang teknologi daripada banyak guru saat ini, dan mereka hampir selalu lebih baik dalam mengoperasikan teknologi tertentu daripada orang tua mereka. Beberapa tahun sebelumnya, guru-guru mengalami kesulitan dalam mengatasi gangguan teknologi di dalam kelas. Ponsel, pemutar mp3, tablet, dan lainnya masuk ke sekolah dan menghambat siswa untuk fokus pada pelajaran dan benar-benar memanfaatkan waktu mereka di kelas. Setelah beberapa tahun mencoba melarang ponsel dan perangkat teknologi lainnya dari sekolah, guru mulai mengubah pola pikir mereka dan mencari cara untuk mengintegrasikan teknologi ke dalam kelas dengan cara yang positif dan pendidikan.


Sekarang, ada banyak cara untuk memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan pengajaran sains, bahasa Inggris, matematika, dan lainnya. Terutama di kelas sains, integrasi teknologi dapat menjadi kunci untuk membuat siswa tertarik, menjaga mereka terlibat, dan mendorong partisipasi dalam aktivitas. Ini bahkan dapat digunakan untuk menguji, menyajikan pelajaran, dan lainnya. Berikut adalah beberapa cara teratas yang kami temukan untuk menggunakan teknologi dalam meningkatkan pengajaran sains. Ilmu pengetahuan dan teknologi telah memberikan dampak yang besar terhadap masyarakat, baik positif maupun negatif. Secara keseluruhan, dampak ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap masyarakat beragam.


Hubungan antara iptek dan kewarganegaraan merupakan suatu kompleksitas yang mencerminkan peran dan dampak yang dimiliki oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap masyarakat. Bagaimana iptek memengaruhi aspek-aspek kewarganegaraan? Kita bisa mulai dari partisipasi aktif dalam kehidupan demokratis, hingga tantangan dan peluang yang dihadapi oleh masyarakat dalam menghadapi perkembangan iptek.
Iptek berperan penting dalam memperkuat partisipasi warga negara dalam kehidupan demokratis. Media sosial dan teknologi informasi telah memungkinkan terciptanya ruang diskusi yang lebih luas, memfasilitasi pertukaran ide, dan mempercepat penyebaran informasi. Hal ini memberikan warga negara akses lebih besar terhadap informasi politik dan memperkuat partisipasi mereka dalam proses pengambilan keputusan.
Sisi positifnya, ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa kemajuan di bidang kedokteran, transportasi, komunikasi, dan pertanian yang telah meningkatkan kualitas hidup jutaan orang. Misalnya, vaksin telah memberantas atau mengendalikan banyak penyakit mematikan, antibiotik telah menyembuhkan infeksi yang pernah mematikan, dan teknik pertanian baru telah meningkatkan produksi pangan. Ilmu pengetahuan dan teknologi juga memungkinkan perjalanan jarak jauh dengan cepat dan mudah, berkomunikasi dengan orang-orang di seluruh dunia, dan mengakses informasi dan hiburan hanya dengan satu sentuhan tombol.


Namun, sisi negatifnya, ilmu pengetahuan dan teknologi juga digunakan untuk menciptakan senjata pemusnah massal, mencemari lingkungan, dan mengeksploitasi manusia. Misalnya, senjata nuklir berpotensi membunuh jutaan orang, dan penggunaan bahan bakar fosil berkontribusi terhadap perubahan iklim. Ilmu pengetahuan dan teknologi juga telah digunakan untuk menciptakan bentuk-bentuk ketimpangan baru, karena mereka yang memiliki akses terhadap teknologi terkini memiliki keuntungan yang signifikan dibandingkan mereka yang tidak memiliki akses terhadap teknologi terkini. Seiring dengan itu, muncul pula tantangan terkait penyebaran informasi palsu atau disinformasi yang dapat memengaruhi persepsi masyarakat terhadap isu-isu kewarganegaraan. Kedua, iptek memiliki peran kunci dalam membangun identitas dan kesadaran kewarganegaraan. Melalui pendidikan berbasis teknologi, masyarakat dapat lebih memahami nilai-nilai demokrasi, hak asasi manusia, dan tanggung jawab sebagai warga negara. Penggunaan teknologi dalam pendidikan juga membuka akses pendidikan yang lebih luas dan merata, mengurangi kesenjangan dalam akses pengetahuan yang mendasar. Namun, tantangan muncul terutama dalam konteks ketidaksetaraan akses terhadap teknologi, yang dapat menciptakan kesenjangan pengetahuan antara kelompok-kelompok masyarakat. Tindakan ini dapat mengganggu stabilitas nasional, ketahanan nasional, bahkan persatuan dan kesatuan bangsa. Selain itu, peran masyarakat dalam menjaga keamanan, ketertiban, dan kedaulatan negara juga semakin berkurang.


Tentu saja kita manusia sangat pandai menciptakan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Masalahnya, sering kali kita tidak cukup memikirkan konsekuensinya. Misalnya, sejak abad ke-20, ilmu pengetahuan telah memungkinkan peningkatan pertanian dan perikanan secara signifikan berkat pupuk kimia, pestisida, mekanisasi, kapal pabrik, dll. Hasilnya, hasil pertanian dan volume penangkapan ikan meningkat pesat, sehingga mengurangi kelaparan di dunia secara signifikan selama beberapa dekade. Kemajuan di bidang pertanian dan perikanan ditambah dengan kemajuan kedokteran telah memungkinkan peningkatan angka harapan hidup di dunia sejak abad terakhir. Jadi sampai saat itu semuanya berjalan dengan baik. Masalahnya, metode-metode ini kini mematikan pertanian dan perikanan. Pestisida dan pupuk kimia telah membuat lahan menjadi lebih produktif, namun dalam jangka panjang hal-hal tersebut akan menguras lahan dan akhirnya menjadikannya tandus dan menjadi gurun. Menerima teknologi baru adalah hal yang baik, tetapi bergantung sepenuhnya pada teknologi tersebut tanpa mengatasi kekurangannya adalah hal yang berbahaya. Memang dibutuhkan waktu satu jam bagi manusia untuk terus memikirkan dan merumuskan solusi berkelanjutan atas segala permasalahan teknologi. Kebutuhan adalah ibu dari penemuan.

 Penting untuk menciptakan dan membentuk teknologi dengan cara yang ramah manusia. Bagaimanapun, manusia seharusnya menguasai teknologi dan tidak dikuasai oleh teknologi. Kita tidak bisa mengendalikan pemerintah atau pihak lain. Namun kita dapat melakukan hal-hal yang dapat kita kendalikan untuk melindungi diri kita dari dampak negatif teknologi.

 Saya ingin berbagi beberapa tip umum yang dapat membantu Anda melepaskan diri dari dampak buruknya iptek :
Pertama untuk menghindari menjadi budak Teknologi adalah dengan mengidentifikasi teknologi apa yang paling membuat Anda kecanduan. Bisa berupa apa saja seperti televisi, internet, dan video game. 

Kedua adalah “Mencegah lebih baik daripada mengobati”, tetapi jika Anda sudah terkena dampaknya, Anda perlu pengobatan. Jangan biarkan teknologi mengambil alih hidup Anda. Sebelum hal itu mulai berdampak pada Anda, mulailah bereaksi terhadapnya. Saya tahu tidak mudah untuk menempuh jalan menuju penghapusan kecanduan, namun Anda dapat meminta bantuan dari spesialis atau pusat penghilangan kecanduan. 

Ketiga adalah “Kehidupan nyata sangat berbeda dengan dunia maya”. Tidak semua orang akan “Menyukai” Anda di dunia nyata, tetapi “Berbagi” kebahagiaan Anda, apa pun yang terjadi. Saya tahu Anda memiliki lebih sedikit teman di kehidupan nyata dibandingkan di dunia maya.

 Namun, kenyataan buruknya adalah apa pun yang nyata akan tetap ada selamanya, dan Anda perlu mengeluarkan persahabatan virtual dari kotak digital itu untuk menjadikannya nyata! Saya tahu ada banyak hal yang sebenarnya tidak kita ketahui, dan Google adalah cara terbaik untuk mendapatkan informasi tentang hal tersebut. Namun, bukankah menurut Anda mencari semua hal di Google itu bodoh? Tuhan telah menganugerahi Anda otak, jadi mengapa tidak mencoba terlibat dalam percakapan kehidupan nyata untuk meminta solusi. Dan yang terakhir adalah “Jadilah relevan dan tetap aktif” (Kedengarannya bertentangan tapi itu benar) Sebelum Anda memulai “diet digital” pastikan Anda meletakkan semua gadget yang membuat ketagihan jauh dari pandangan Anda sehingga Anda tidak tergoda untuk menggunakannya. Satu lagi tip yang ingin saya berikan kepada Anda adalah aktiflah dan tampilkan diri Anda – baik offline maupun online, cukup relevan untuk membuat diri Anda diperhatikan oleh orang lain. Anda dapat membuat diri Anda relevan secara offline dengan mencari teman baru, tertarik pada mereka, dan waspada. Ketika saya mengatakan Anda harus aktif online, maksud saya Anda harus masuk ke semua akun Anda setelah jangka waktu tertentu. Ini bisa terjadi setiap 4 jam sekali, saat Anda beristirahat dari rutinitas harian Anda. 

Sekian dari pada itu terimakasih.

Daftar Pustaka

https://www.linkedin.com/pulse/how-avoid-negative-effects-technology-life-vijay-kaul

https://www.linkedin.com/pulse/impact-technology-society-positive-negative-effects-keytech

https://www.teachtci.com/blog/how-to-utilize-technology-to-enhance-teaching-science/

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun