Mohon tunggu...
Sherly
Sherly Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Gadget Pilihan

Digitalisasi Layanan Bank BTN

28 Februari 2019   09:03 Diperbarui: 28 Februari 2019   09:18 179
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Mau tidak mau, suka tidak suka, siap tidak siap kita harus mengikuti arus perkembangan teknologi yang semakin canggih. Jika tidak, modernitas tidak segan-segan meninggalkan kita yang masih menganut tradisionalisme.

Digitalisasi kini sudah mempengaruhi secara masif cara manusia dalam memenuhi kebutuhannya. Mulai dari makanan, transportasi, kesehatan, ritel, pendidikan, hiburan, keuangan, serta berbagai produk fisik-non fisik, barang dan jasa lainnya.

Perkembangan teknologi, informasi, dan komunikasi berhubungan erat dengan generasi milenial. Mereka memiliki semangat tinggi, jiwa kreatif, dinamis, inovatif, dan suka akan perubahan. Generasi ini akan menjadi pembaharu di berbagai bidang berkat kemajuan teknologi informasi. Individu atau kelompok yang tidak memanfaatkan era digital ini akan semakin jauh tertinggal di belakang.

Perbankan khususnya Bank BTN yang tahun ini berusia 69 tahun menyadari hal tersebut. Digitalisasi mengharuskan Bank BTN melakukan pembaharuan layanan. 

Apa saja? Kita mulai dari fokus utama Bank BTN yakni Kredit Kepemilikan Rumah (KPR). 

Kepemilikan akan hunian menjadi hal penting saat kini. Apalagi harga properti setiap tahun mengalami kenaikan. Bagi milenials rumah selain sebagai tempat tinggal juga dapat dijadikan investasi. 

Hanya bermodal jempol dan ponsel pintar generasi milenial saat ini dapat mengakses berbagai informasi terkait KPR di portal website BTN Properti. Di situs tersebut milenials dapat menghitung jumlah tagihan KPR di simulasi KPR secara cepat, aman dan jelas. Mencari  hunian sesuai kebutuhan, hingga proses pengajuan kredit secara online. Situs ini memudahkan akses dan proses milenials untuk memiliki rumah. 

Namun, tidak sekedar kemudahan digital, milenials memiliki banyak pertimbangan sebelum memutuskan membeli rumah secara KPR. Bank BTN yang selama 69 tahun melayani negeri sadar hal ini. Oleh sebab itu, BTN membuat program KPR BTN Milenial. Keuntungannya selain uang muka dan suku bunga yang "receh", jangka waktu yang panjang hingga 30 tahun menjadi keunggulan program ini. Jadi, portal BTN Properti menjadi solusi mudah memiliki rumah. 

Di akun Instagram Bank BTN @bankbtn, sebuah dimensi baru pelayanan kantor cabang berbasis digital mulai dikembangkan yaitu "BTN Smart Branch". Diharapkan dengan adanya digitalisasi ini membuat pelayanan Bank BTN semakin laju dan efisien. 

BTN Smart Branch dengan Smart KIOSKnya milenials dapat membuka akun baru hanya dalam waktu 3 menit dan scan KTP. Ada pula Smart Table di mana generasi milenial yang serba cepat dapat mengakses dan mencari informasi lengkap dan akurat mengenai produk Bank BTN. 

Tahun ini Bank BTN siap mengucurkan dana sebesar 500 miliar untuk program digitalisasi layanan perbankan. Peruntukan investasinya meliputi pengembangan platform digital pembayaran berbasis QR Code, pengembangan Digital Banking dan EDC, Branchless Banking, serta pengembangan platform digital melalui anak usaha.

Tapi peningkatan teknologi dan pelayanan berbasis digital harus diimbangi dengan program dan promosi yang menarik. Contoh saja, saya pernah membuka akun tabungan Bank BTN tanpa setoran awal dan dapat cashback 50K langsung masuk ke dalam rekening saya. Namun program buka tabungan ini sudah tidak ada lagi. 

Saya juga pernah hendak menyetor uang ke kantor cabang pembantu BTN mendekati jam makan siang. Awalnya saya ragu dan takut sebab adanya waktu istirahat bagi teller, namun satpam mengatakan tidak ada masalah dan transaksi saya akan tetap diproses segera. Bagus. Namun lebih baik lagi jika Bank BTN menyediakan mesin ATM setor tunai.

Tapi harus kita sadari bahwa semakin canggih suatu teknologi, semakin berkurang tenaga kerja manusia yang dapat diserap. Apa saja pekerjaan yang biasa dilakukan secara manual mulai diambil alih oleh digitalisasi program. Padahal bagi saya pribadi ada kepuasan tersendiri manakala disambut dan dilayani oleh pegawai bank baik teller, costumer service, bahkan security yang ramah, senyum yang merekah, dan hati yang tulus melayani setiap nasabahnya.  Hal ini tentu tidak dapat digantikan oleh komputerisasi walaupun itu jauh lebih cepat, mudah, dan canggih.

Banyak harapan untuk kemajuan Bank BTN . Nasabah semakin banyak, pembayaran kreditur lancar, keuntungan makin berlipat, bunga atau bagi hasil kepada semua nasabahnya semakin besar, dan banyak harapan baik lainnya.

Semoga dengan label 69BTN menjadi ujung tombak sejarah digitalisasi pelayanan Bank BTN. Tidak lupa pula #69TahunMengabdiUntukNegeri menjadi trending topic perbankan sebagai peringatan hari jadi bank BTN yang ke-69. Terakhir saya ingin mengucapkan Selamat Ulang Tahun Bank BTN. Sahabat keluarga dan kaum milenial Indonesia!

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun