Dewasa ini semakin banyak orang - orang yang memiliki kantor di rumah. Dengan semakin canggihnya teknologi, memudahkan orang - orang untuk bekerja dari rumah.
Kali ini saya akan coba membahas bagaimana membuat agar Anda dapat bekerja secara nyaman sekaligus produktif dari rumah Anda.
1. Buatlah pemisah yang jelas antara ruang kerja dan ruangan lainnya
Pemisah yang jelas dapat membuat Anda bekerja lebih disiplin dan tidak terlalu terbuai untuk bersantai - santai atau terganggu oleh hal - hal lain yang terjadi di rumah Anda. Gunakanlah partisi seperti kaca atau partisi kantor yang sederhana. Ini akan membantu Anda lebih fokus saat bekerja dari rumah.
2. Tulis jam kerja Anda di depan ruang kerja Anda dan pastikan seisi rumah mengetahui hal tersebut
Menulis jam kerja dan memberitahukannya kepada orang - orang di dalam rumah mempermudah Anda agar keluarga atau kerabat Anda tahu bahwa Anda sedang bekerja dan tidak boleh sembarangan diganggu.
3. Gantilah pakaian Anda dengan pakaian kerja
Memang jika dipikirkan, bangun tidur dengan piyama atau kaos tidur Anda dan langsung menyalakan laptop untuk bekerja di kasur rasanya sangat nikmat tapi riset membuktikan bahwa yang terjadi justru Anda akan keenakkan dan malah bermalas - malasan.
Lakukanlah aktivitas seperti Anda akan berangkat ke kantor, yaitu mandi, sikat gigi, sarapan lalu gantilah dengan pakaian kantor Anda dan masuk ke ruang kerja Anda untuk bekerja. Anda akan lebih produktif dan serius dalam bekerja.
4. Pilihlah furniture yang baik untuk ruang kerja Anda
Pemilihan furniture yang baik sangatlah penting karena ini akan menunjang kinerja Anda dalam bekerja. Pilihlah kursi kantor yang ergonomis dan nyaman supaya Anda semakin betah untuk bekerja di rumah Anda. Siapkan juga segala keperluan Anda di ruang kerja Anda seperti printer, alat tulis, kertas, air minum dan sebagainya supaya Anda tidak perlu mondar mandir ke ruangan lain dan mencegah Anda terganggu dengan kegiatan - kegiatan yang lain di dalam rumah Anda.