Mohon tunggu...
Shellya Dirgantari
Shellya Dirgantari Mohon Tunggu... -

SDN Kapas MTsN Pare 1 MAN Kota Kediri 3 ICP PGMI UIN Maliki Malang

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Tiga Pembesar Behaviorisme

21 April 2014   14:55 Diperbarui: 23 Juni 2015   23:24 33
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

**Dengan cara giat bekerja pada masa produktif dan tahu cara mengatur keuangan dengan baik, niscaya masa depan akan cerah dan cemerlang – Dedy Oktavianus

Tiga Pembesar Behaviorisme

Edward Lee Throndike?

Ivan Pavlov?

Burrhus Frederic Skinner?

Ya itulah tiga tokoh besar behavioristik yang sempat kita diskusikan di kelas. Berbicara tentang mereka bertiga, terkadang ada sesuatu hal yang mengganjal, yang membuat kita susah untuk membedakan antara teori ketiga tokoh tersebut. Kira-kira apa saja persamaan dan perbedaan ketiga teori itu?

Persamaan dari ketiga teori itu yang paling mudah untuk diketahui adalah sama-sama berkutat dalam area behaviorsime. Pendidikan behaviorisme menekankan pada proses perubahan perilaku yang dapat diamati, diukur, dan dinilai secara konkret. Dari ketiga pembesar behaviorisme ini, mereka sama-sama menekankan pada pembentukan reaksi atau respon. Selain itu juga menekankan pada pentingnya latihan serta peranan kemampuan dan hasil belajar. Sementara perbedaannnya adalah sebagai berikut:

Faktor Pembeda

E.L. Throndike

Ivan Pavlov

B.F. Skinner

Bidang Ahli

Ahli Psikologi

Ahli Fisika

Sastra Inggris,

Psikologi (Tingkah Laku Hewan)

Hewan Percobaan

Kucing

Anjing

Tikus

Alat Percobaan

Puzzle Box

Skinner Box

Teori Temuan

Contiguity dan Reinforcement

Kondisioning Responden atau Kondisioning Klasik

Operant Conditioning

Law Effect

Pemerolehan

Pemadaman

Generalisasi

Diskriminasi

Kondisioning tandingan

Reinforcement

Punishment

Shaping

Extinction

Anteseden

Cueing

Prompting

Pengertian Belajar

Belajar merupakan proses interaksi antara stimulus dan respon.

Tingkah laku manusia adalah hasil dari conditioning

Belajar merupakan proses perubahan tingkah laku yang harus dapat diukur.

Aplikasi di kelas

-Model Pengajaran Langsung

-Membangun sikap

-Menarik Perhatian

-Guru memberikan suasana yang menyenangkan ketika memberikan tugas belajar

-Membantu siswa mengatasi secara bebas dan sukses situasi yang mencemaskan atau menekan

-Adanya penguatan dan hukuman bagi siswa

-Memberi petunjuk tambahan

**Selamat Bermetamorfosa untuk menjadi yang lebih baik J - she

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun