Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu'alaikum wr. Wb
Saya selaturrohmah akan memberikan sedikit pengetahuan saya tentang filsafat Pendidikan aliran progresifisme yang di dalam nya berupa pengertian filsafat progresifisme, kurikulum pendidikan, dan juga tokoh tokohnya. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu persatu.Â
A. Pengertian progresifisme
Progresifisme merupakan teori yang muncul karena reaksi pada pendidikan tradisional yang lebih mengarah pada cara pengajaran yang formal. Prinsip teori ini yaitu peran guru hanya sebagai fasilitator, mendidik dan mengarahkan. Jadi yang peran di dalam proses belajar itu lebih mengarah pada siswa. Tujuan nya yaitu agar seorang siswa dapat lebih aktif dan tidak menjadi anak yang pasif terutama di dalam kelas.Â
Kurikulum yang tepat adalah seorang siswa yang mempunyai nilai edukatif. Dan sekolah yang baik adalah sekolah yang sungguh sungguh dalam semua jenis mata pelajaran.Â
B. Tokoh filsufnya
1. Wilian JamesÂ
Wilian James menegaskan agar fungsi otak atau fikiran itu dipelajari sebagian dari mata pelajaran pokok dari ilmu pengetahuan. Jadi yang menjadi peran utama menurut beliau adalah otak atau fikiran.Â
2.john Dewey
John Dewey pendapat di dalam teorinya bahwa sekolah adalah progresifisme yang lebih menekankan pada anak dikik dan minatnya dari pada mata pelajarannya sendiri. Dapat di simpulkan bahwa seorang guru itu lebih aktif dalam melihat perserta didik agar dia tau siswa tersebut lebih berminat pada materi yang mana.Â
3. Hans Vayhinger
Ia berpendapat bahwa tahu itu hanya mempunyai arti praktis. Dan persesuaian dengan objeknya tidak mungkin di buktikan.Â
Terimakasih telah membacanya.. Sekian
W assalamu'alaikum wr. Wb
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H