Mohon tunggu...
Shastri Pramathana Paramitha H
Shastri Pramathana Paramitha H Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya merupakan mahasiswi Program Studi S1 Pendidikan Geografi di Universitas Negeri Malang

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Gelar Aksi Edukasi, Mahasiswa Pendidikan Geografi UM Ciptakan Peningkatan Literasi Digital pada Siswa Kelas VII.A SMP Taman Siswa Malang

2 Desember 2024   17:10 Diperbarui: 2 Desember 2024   17:25 67
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Siswa VII.A SMP Taman Siswa Malang (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Malang - Lima mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang (UM) mengadakan kegiatan sosialisasi dan edukasi literasi digital di SMP Taman Siswa Malang, pada 22 November 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital siswa, sekaligus memperkenalkan mereka pada cara memanfaatkan media digital dalam pembelajaran.

Literasi
Menurut UNESCO, literasi merupakan suatu kemampuan dalam mengidentifikasi, memahami, menafsikan, menciptakan, berkomunikasi, menghitung, dan menggunakan bahan cetak serta tulisan dalam hubungannya dengan berbagai pencapaian tujuan dalam pengembangan pengetahuan, potensi, dan berpartisipasi secara penuh dalam komunitas dan masyarakat.


Literasi Digital
Literasi digital adalah kemampuan untuk menggunakan teknologi digital secara efektif, termasuk memahami dan menilai informasi yang diperoleh melalui media digital. Contoh media digital, seperti Ipusnas, E-book, YouTube, Google, maupun sosial media.

Kegiatan diawali dengan pemaparan mengenai literasi digital kepada siswa kelas VII.A SMP Taman Siswa Malang. Dalam paparannya, mahasiswa menjelaskan hal-hal penting:

1. Peran literasi dalam menunjang pengetahuan dan pemahaman dalam berpikir dan berkomunikasi.

2. Pentingnya metode pembelajaran menggunakan media digital.

3. Cara meningkatkan literasi pada siswa.

Pemaparan Mengenai Literasi (Sumber: Dokumentasi Pribadi)
Pemaparan Mengenai Literasi (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Setelah pemaparan, kegiatan dilanjutkan dengan pre-test guna mengukur pemahaman awal siswa mengenai topik-topik literasi yang akan dipelajari. Pre-test bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa mengenai topik-topik tersebut sebelum mendalaminya lebih lanjut.

Siswa kemudian dibagi menjadi empat kelompok, di mana setiap kelompok mempelajari satu topik yang berbeda dengan kelompok lain. Kelompok-kelompok tersebut diberikan akses ke berbagai media digital untuk mencari informasi terkait topik yang ditugaskan. Setiap kelompok kemudian diminta untuk berdiskusi mengenai topik yang dibahas, serta memvisualisasikan hasil temuannya dalam bentuk presentasi yang menarik.

Diskusi Kelompok Siswa (Sumber: Dokumentasi Pribadi)
Diskusi Kelompok Siswa (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Presentasi kelompok di depan kelas menjadi sesi utama, di mana setiap kelompok menyampaikan informasi yang telah mereka pelajari dengan cara yang mudah dipahami oleh siswa lain. Hal ini bertujuan untuk melatih keterampilan komunikasi dan kreativitas siswa dalam menyampaikan materi. Dalam penyampaian materi tersebut, siswa menjelaskan secara lisan, memperagakan secara fisik, serta membuat gambaran mengenai topik.

"Kegiatannya seru banget, Kak. Soalnya topik literasinya menarik dan kakak-kakak mahasiswanya juga baik banget saat membimbing kita," ucap Elvina, salah satu siswa kelas VII.A yang mengikuti kegiatan ini.

Kegiatan diakhiri dengan post-test guna mengevaluasi peningkatan pemahaman siswa setelah mengikuti sesi edukasi. Hasil post-test kemudian dibandingkan dengan hasil pre-test untuk melihat sejauh mana peningkatan pengetahuan dan keterampilan siswa terhadap literasi digital. Didapatkan bahwa hasil post-test lebih tinggi dibanding pre-test, sehingga pemanfaatan media digital cukup membantu dalam meningkatkan literasi siswa. 

Salah satu mahasiswa yang menyelenggarakan kegiatan ini, Pandi, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan langkah penting untuk mengembangkan keterampilan literasi digital siswa. Mereka dapat memanfaatkan media digital dengan lebih bijak dan kreatif, serta dapat mengembangkan keterampilannya dalam mencari dan menyampaikan informasi dengan baik dari berbagai sumber.

"Kami sangat senang dan terkesan melihat antusiasme yang luar biasa dari para siswa kelas VII.A SMP Taman Siswa Malang dalam mengikuti kegiatan ini dengan penuh semangat. Kami berharap, melalui kegiatan ini, para siswa tidak hanya memperoleh pemahaman mengenai topik yang disampaikan, tetapi juga mendapatkan manfaat yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kami juga berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak positif, tidak hanya bagi siswa kelas VII.A itu sendiri, tetapi juga bagi lingkungan sekitarnya," ucap Pandi.

Pemberian Hadiah Kelompok dan Individu Terbaik (Sumber: Dokumentasi Pribadi)
Pemberian Hadiah Kelompok dan Individu Terbaik (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Pemberian Hadiah Setiap Kelompok (Sumber: Dokumentasi Pribadi)
Pemberian Hadiah Setiap Kelompok (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Kegiatan ini didukung penuh oleh guru SMP Taman Siswa Malang, sehingga dapat berjalan dengan lancar. Melalui sosialisasi dan edukasi mengenai literasi digital, diharapkan kegiatan ini mampu meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya literasi yang tidak hanya sebatas pada kemampuan membaca dan menulis, tetapi juga menjadi kunci untuk memperluas pengetahuan, serta meningkatkan keterampilan berpikir kritis. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun