Komunikasi menjadi salah satu hal yang penting bagi kita dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Saat ini komunikasi tidak lagi hanya dapat dilakukan secara langsung dengan bertatap muka namun juga dapat dilakukan melalui perantara media.
Hadirnya media membuat kita dapat tetap berkomunikasi dengan orang lain meskipun orang tersebut berada di tempat yang berbeda.
Seiring dengan berkembangnya teknologi, media juga turut mengalami perkembangan. Masyarakat kini mulai meninggalkan media tradisional dan beralih pada new media.
Namun ternyata hingga saat ini masih banyak orang yang belum mengetahui dengan benar mengenai istilah new media.
Oleh sebab itu dalam artikel ini kita akan membahas lebih jauh mengenai pengertian, karakteristik serta kelemahan dan kelebihan new media sebagai sarana komunikasi.
Pengertian New Media
Menurut Mulyana (dalam Puspita, 2015, h.206), istilah new media merujuk pada sarana yang digunakan oleh komunikator untuk mengutarakan pesan kepada komunikan.
New media ini merupakan penggabungan antara media tradisional dan media digital yang muncul karena adanya perkembangan teknologi dan internet. Contohnya seperti situs jejaring  sosial, media sosial, online forum, blog, website, dan lain-lain.
Lantas, apa yang menjadi karakteristik atau pembeda antara new media dengan media konvensional?
Karakteristik New Media
Dalam buku New Media: A Critical Introduction (Lister, dkk., 2009, h.13) terdapat 6 karakteristik new media yang menjadikannya berbeda dengan media konvensional, yaitu:
- Digital
Dengan adanya perkembangan teknologi, saat ini segala bentuk informasi dapat diubah menjadi beragam bentuk data dan disebarkan secara digital. Hal ini membuat masyarakat menjadi lebih mudah untuk mengakses informasi-informasi tersebut.
- Interaktif
Pada media konvensional, seorang pengguna hanya dapat berperan sebagai penonton saja. Namun saat ini dengan adanya new media seorang pengguna dapat menjadi penonton sekaligus kreator.
Hal ini membuat komunikasi yang terjalin menjadi lebih interaktif, komunikasi yang tadinya hanya berjalan satu arah kini dapat menjadi dua arah.
- Hipertekstual
Hipertekstual merupakan tautan berbentuk teks yang dapat menyambungkan pengguna pada suatu website. Adanya hipertekstual ini membantu memudahkan dan mempercepat para pengguna new media dalam mengakses informasi yang berkaitan.
- Virtual
Dengan adanya new media, kini komunikasi tidak lagi harus dilakukan dengan bertatap muka secara langsung namun dapat dilakukan secara daring atau virtual.
- Jejaring
Masyarakat pengguna new media kini dapat saling terhubung atau membentuk jejaring  dengan pengguna lainnya yang bahkan berada di negara yang berbeda tanpa ada batasan ruang dan waktu.
- Simulasi
Simulasi merupakan imitasi dari suatu peristiwa, dengan adanya new media para pengguna kini dapat melakukan, merasakan atau melihat simulasi dari berbagai peristiwa.
Kelemahan dan Kelebihan New Media Sebagai Sarana Komunikasi
- KelemahanÂ
Saat ini dalam new media semua orang dapat membuat dan menyebarkan konten atau informasi tanpa adanya proses seleksi. Hal ini menyebabkan sering kali ditemukan banyak informasi-informasi yang belum dapat dipastikan kebenarannya.
Selain itu adanya new media juga meningkatkan resiko masuknya budaya asing yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
- KelebihanÂ
Terkait dengan kelebihan, adanya new media membuat masyarakat menjadi lebih mudah untuk berkomunikasi serta  mendapatkan informasi, kapan pun dan dimanapun  dengan lebih mudah dan cepat.
Bahkan dengan adanya new media, saat ini kita dapat dengan mudah menambah relasi atau menjalin pertemanan secara virtual dengan banyak orang dari negara yang berbeda tanpa batasan ruang dan waktu.
Setelah membaca artikel diatas kita tentu menyadari bahwa hadirnya new media sangat mempermudah kehidupan masyarakat. Namun perlu diingat bahwa kemudahan yang ada harus selalu kita gunakan untuk hal-hal yang baik.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H