PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu pesat menyebabkan perubahan yang berarti bagi manusia. Media dijadikan sebagai bahan pembelajaran, saat ini media telah menjadi suatu kebutuhan pokok bagi manusia.Â
Kemajuan teknologi informasi memudahkan manusia dalam berhubungan dengan pihak lain tanpa dibatasi oleh waktu dan tempat. Berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi memudahkan manusia untuk mengakses informasi kapanpun dan dimanapun.Â
Salah satu perkembangan informasi dan komunikasi dapat dimanfaatkan di bidang pendidikan seperti didirikannya pembelajaran secara online atau disebut dengan E-learning. E-learning merupakan proses pembelajaran yang menerapkan bentuk teknologi informasi, dalam hal ini memanfaatkan media online seperti internet sebagai metode penyampaian fasilitasi dan interaksi.
Semakin luasnya kemajuan di bidang teknologi maka pengajar dituntut untuk mengembangkan berbagai macam media pembelajaran. Salah satunya adalah perkembangan teknologi komputer dan gawai.Â
Perkembangan teknologi komputer dapat digunakan untuk membantu dalam pembuatan media pembelajaran, sedangkan gawai dapat digunakan untuk membantu dalam penerapan dari media pembelajaran tersebut.Â
Sehubungan dengan hal tersebut, guna memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada serta hampir setiap siswa memiliki gawai terutama gawai berbasis android perlu diterapkan media pembelajaran berupa aplikasi android untuk menunjang proses pembelajaran di kelas.
Secara istilah teknologi informasi dan komunikasi terdiri dari dua pengertian yang terpisah, yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi.Â
Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi.Â
Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer informasi dari satu perangkat ke perangkat yang lainnya.
Banyaknya guru yang menggunakan metode ceramah saat pembelajaran berlangsung sehingga siswa merasa jenuh belajar, kondisi siswa yang  tidak  menikmati  proses belajar akan susah dalam menyerap pengetahuan (pelajaran) yang disampaikan oleh guru.Â
Adanya teknologi informasi dan komunikasi dapat membantu memperbaiki kondisi tersebut yang  dijadikan  sebagai  alat  untuk  melakukan pemerataan dalam memberikan kesempatan belajar dan meningkatkan mutu pendidikan melalui penyediaan informasi lengkap tentang pendidikan.Â
Pemanfaatan  media  komunikasi  seperti handphone, komputer,  email  atau lain sebagainya tentunya dapat memberikan kemudahan dalam komunikasi antara peserta didik dengan tenaga pendidik. .
Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam inovasi pendidikan dapat dikatakan cukup banyak memberikan pengaruh yang baik. Diantara manfaat yang dapat dirasakan yaitu teknologi mampu menjadi suatu alat untuk memudahkan proses mengajar tenaga pendidik.Â
Dengan adanya teknologi, baik pengajar ataupun pelajar dapat memperoleh informasi yang bebas, serta tanpa batas. hal ini tentu juga akan meningkatkan pada kualitas pendidikan di Indonesia.Â
Teknologi juga berhasil menjadi media yang memungkinkan para siswa dan guru untuk melakukan proses belajar mengajar tanpa bertatap muka secara langsung. Guru dan murid bisa melakukan proses belajar mengajar lewat video conference, mengirim tugas dan materi lewat grup chatting hingga email.Â
Pada awalnya, mungkin akan butuh pembiasaan dikarenakan proses pembelajaran dengan daring memang jadi sesuatu yang baru di dunia pendidikan. Tapi, jika dilihat dari sisi lain, teknologi telah jadi penolong media pembelajaran tanpa adanya batasan kondisi.
Salah satu produk integrasi teknologi informasi ke dalam dunia pendidikan adalah e-learning atau elektronik learning. Dengan sifatnya yang tidak tergantung pada ruang dan waktu, e-learning memiliki keunggulan lain yakni memungkinkan akses ke pakar yang tak terhalang waktu dan tak tidak memerlukan biaya mahal.Â
Seorang pelajar di daerah dapat belajar langsung dari pakar di pusat melalui fasilitas internet chatting atau mengakomodir suara dan bahkan gambar realtime.Â
Tujuan umum pembelajaran jarak jauh menggunakan e-Learning di Indonesia adalah agar tersedia akses belajar dan perbaikan kesamaan kesempatan belajar pada semua pembelajar.Â
Selain itu juga untuk memperkuat dan memperdalam pengertian terhadap ilmu pengetahuan, memperluas cakrawala dan memperkaya keberagaman subjek pengetahuan, dan memperbaiki efektivitas proses belajar.
Penerapan teknologi informasi dan komunikasi di zaman yang sekarang ini memang sudah seharusnya dapat dikembangkan oleh setiap pihak baik pengajar ataupun pelajar. agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik, maka keduanya harus memiliki keterampilan yang baik dalam menggunakan teknologi.Â
Adapun upaya untuk pengembangan teknologi informasi di lembaga pendidikan, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan, antara lain yaitu: (1)merancang dan membuat aplikasi database; (2) merancang dan membuat aplikasi pembelajaran berbasis portal, web, multimedia interaktif, yang terdiri atas aplikasi tutorial dan learning tool; (3) mengoptimalkan pemanfaatan TV edukasi sebagai materi pengayaan dalam rangka menunjang peningkatan mutu pendidikan; dan (4) mengimplementasikan sistem secara bertahap.
Tekhnologi kini telah menjadi kebutuhan manusai, baik dalam pembelajaran maupun kehidupan sehari hari. Dengan adanya tekhnologi, pengajar dituntut untuk bisa mengoprasikannya yang akan digunakan sebagai media pembelajaran.Â
Metode ini akan memperbaiki metode pembelajaran yang banyak digunakan guru, yaitu metode ceramah yang membuat siswa jenuh. Manfaat tekhnologi dalam inovasi pendidikan sangat banyak, diantaranya yaitu tekhnologi dapat membantu memudahkan proses belajar mengajar, salah satunya yaitu dengan adanya e-leraning yang tidak membatasi ruang belajar.Â
Pengembangan penerapan tekhnologi informasi kini harus dikembangkan semua pihak, adapun langkah-langkah untuk mengembangkan tekhnologi informasi dalam dunia pendidikan yaitu: merancang dan membuat database, merancang dan membuat aplikasi portal pembelajaran, mengoptimalkan pemanfaatan tv edukasi sebagai materi pengayaan dalam meningkatkan pendidikan, dan mengimplementasikan sistem secara bertahap.
Â
Referensi:Â
Aka, K. A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Sebagai Wujud Inovasi Sumber Belajar Di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2a).
Amanda, G. 2020. Manfaat Penggunaan Teknologi untuk Pendidikan. Republika.co.id.
Cholik, C. A. (2017). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 2(6), 21-30.
Husaini, M. 2014. Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Bidang Pendidikan (E-education). Jurnal Mikrotik: Vol.2 (1).Â
http://directory.umm.ac.id/tik/TIInovasiBagiDuniaPendidikan.pdf#
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H