Creative Economic
(Concepts, Definition, Classifications)
Ekonomi kreatif sendiri membahas betapa pentingnya hal-hal untuk kebutuhan sosial dan budaya, termasuk pada budaya representasi dan kohesi sosial. Merefleksikan kenyataan dimana banyak orang bekerja di bidang kreatif, sesuai dengan keterangan sebelumnya, tetapi itu diluar dari industri kreatif tersebut. Ekonomi kreatif juga memiliki value karena hubungannya dengan kreatif individu yang sering kali melibatkan ekonomi kreatif itu sendiri. Terciptanya pengetahuan baru yang akan menciptakan manfaat yang lebih luas lagi.
“The Creative economy is the part of the economy that tells our stories and the creative works we leave behind as a society are likely to define how future generations understand us.”
Kreatif sendiri merupakan interplay dari Human Capital, Culture Capital, Social Capital, Structural/Instutional Capital dan Economic Capital.
Kreatif ekonomi juga sering dibuat terbalik dan beberapa orang bertanya sebenarnya itu kreatif ekonomi atau kreatif untuk ekonomi. Sedangkan konsep kreatif meliputi Basic concept ( kultur, servis, good), Derived Concept (kota, kelas, daerah, commons), Evolving Concept (Clab, ecology creative). Ada segitiga konsep yang menjelaskan jika teknologi kreatif yang saling berhubungan dengan Scientific creative, kultur dan ekonomi.
“The Creative economy concept is gaining ground in contemporary economic thinking about develop”
Konsep ekonomi berkembang dari Culture Industry 1974, Cultural Economic 1960, Industry 1994, City Industry 2000, Economy Industry 2001, Class Industry 2002.
Mencari uang dengan ide kreatif merupakan hal yang paling menguntungkan, bisa dilihat dari algoritma sosial media seperti contohnya di beberapa aplikasi sosial media banyak orang mencari cara agar mereka bisa menghasilkan uang dengan membagikan videoo atau dengan menjual barang yang mana ia mendapatkan keuntungan lebih. Riset sosial sangat diperlukan dalam ekonomi kreatif, karena untuk membuat itu semua kita memerlukan ide yang mana ide merupakan hal yang sangat sensitif apalagi di lingkup sosial banyak orang yang akan mencuri dan memplagiatnya.
“More Important than definition is to share a vision”
Aplikasi kreatif atas konsep terdiri dari Creative Cities (City Economic and Social function), Creative Cluster (Spartial Inter Linkages) group yang terdiri dari produksi musik kreatif, film, visual art, fashion dan desain. Manusia merupakan aplikasi kreatif dari konsep kelas yang individual dan fleksibel, dan konsep pengusaha dimana ada ide untuk bisnis yang bisa mencakup pasar global. Ekonomi kreatif juga lebih mengunggulkan pekerja cerdas daripada pekerja keras. Sedangkan kreatif industri lebih menuju ke klasifikasi kreatif industri di model.
Metode apa yang sesuai dengan ekonomi kreatif?
Dari sudut pandang yang terlihat setiap hal akan ada titik jenuhnya, hal itu juga sama dengan ekonomi kreatif. Titik jenuh merupakan hal yang sangat diwaspadai pada industri kreatif. Dengan begitu fungsi dari Riset dan melihat Algoritma yang ada sangat perlu, karena dengan adanya riset kita bisa memperbarui dan mencari inovasi terbaru.
“ Most People would welcome a world in which a large share of the workforce is engaged with creative work.”
Tugas Artikel Mata Kuliah Ekonomi Kreatif
Dosen Dr. Adhitya Wardhono, S.E., M.Si., M.Sc., Ph.D.
Shafira Qurrota A’yun (220110401034)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H