Pernahkah kalian mendengarkan METODE FISH BOWL? Cara ampuh untuk membuat murid mengerti materi secara dua arah maupun satu arah. Sebelum beranjak lebih lanjut, simak lah pengertian metode fish bowl dibawah ini :
Metode Fish Bowl. Metode Fish Bowl atau metode cawan ikan yaitu cara pmecahan masalah melalui diskusi yang pelaksanaannya warga belajar dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok dalam dan kelompok luar. Yang melaksankan diskusi yaitu kelompok dalam, sedangkan kelompok luar berperan sebagai pendengar yang satu waktu bisa pindah pada kelompok dalam untuk mengemukakan pendapat.
Dalam diskusi kelompok ini, antara siswa yang satu mengajar siswa yang lain. Hal ini dapat mendorong siswa berpikir kritis dan memberikan pengalaman
kepada siswa bagaimana berdiskusi dengan baik, bagaimana berkomunikasi
dengan baik, bagaimana menyatakan pendapat dengan baik dan jelas, bagaimana
memberikan contoh dengan tepat, dan bagaimana menanggapi masalah dengan
kritis dan evaluatif. Kerja sama ntar siswa seperti inilah yang mampu membuat seluruh rombel paham akan materi yg dibawakan. Tidak hanya mendengarkan penjelasan, namun disini rombel dituntut untuk memahami materi yang dibawakan.
Mengajar dengan teknik diskusi akan mengkondisikan kelas sebagai berikut :
a. Kelas dibagi dalam beberapa kelompok.
b. Dapat mempertinggi partisipasi siswa secara individual.
c. Dapat mempertinggi kegiatan kelas sebagai keseluruhan dan kesatuan.
d. Rasa sosial mereka dapat dikembangkan, karena bisa saling membantu dalam memecahkan soal, mendorong rasa kesatuan.
e. Memberi kemungkinan untuk saling mengemukakan pendapat.
Dari sekian banyak macam metode, FISH BOWL adalah acuan utama para tenaga pengajar di Indonesia. Banyak variasi mangkuk ikan yang diberi melalui uniknya materi yang sedang diampuh. Semoga informasi ini bermanfaat.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H